Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDIT Muhammadiyah Bireuen, 8 Agustus 2023 Launching 4 Kelas Digital dan Lengkap 4 Ruang Multimedia

SDIT Muhammadiyah Bireuen, 8 Agustus 2023 Akan Launching 4 Kelas Digital dan Lengkap Dengan 4 Ruang Multimedia


Bireuen 3 Agustus 2023- SDIT Muhammadiyah Bireuen Aceh Bulan Agustus ini Menambah 4 Kelas digital. Kelas Digital ini lengkap dengan Fasilitas Full Internet. Yang sebelumnya hanya 2 kelas digital.

Launching Kelas Digital

Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Bireuen Rizki Dasilva menyampaikan "InsyaAllah Tanggal 8 bulan Agustus ini,  Kita akan Launching kembali kelas digital. Alhamdulillah ada 4 kelas digital. Semua siswa sudah siap menggunakan TAB dan siap login ke Aplikasi edumu, kemajuan yang luar biasa untuk siswa di era digital.

Sesuai dengan program yang sudah direncanakan sejak tahun 2022, SDIT Muhammadiyah Bireuen  akan menjadi sekolah pertama di aceh menerapkan pembelajaran  berbasis digital. Dengan menggunakan aplikasi Edumu (Edukasi Digital Muhammadiyah). Sesuai dengan motto SDIT Muhammadiyah Bireuen! Sekolah Tahfiz! Berbasis Digital!.


"Kita akan segera menerapkan pembelajaran digital di sekolah 4  digital Baru. Banyak manfaat yang didapatkan siswa. Sudah saatnya pendidikan kita sesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini, terimakasih kepada orangtua yang mendukung program ini ". Ungkap Kepala Sekolah Berprestasi Juara 1 Kabupaten Bireuen tahun 2020 .

Otomotis di SDIT Muhammadiyah Bireuen mulai tahun ini akan ada 6 kelas Digital Lengkap dengan Ruang Multimedia. 

Ratusan Siswa Memakai TAB Mempermudah Pembelajaran Digital

Seperti diketahui, SDIT Muhammdiyah Bireuen merupakan sekolah digital pertama di Aceh yang didukung oleh aplikasi Edumu produk langsung Majelis Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ustazah maulina S.Pd menyampaikan " Alhamdulillah guru-guru sudah siap menghadapi pembelajaran digital, Tahun ini kita ada tambahan 4 kelas digital dan ada 6 kelas yang semua siswa sudah memiliki tab masing-masing “ucap wakil kepala sekolah. kurikulum Ustazah maulina S.Pd.


Manfaat Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

DIJAMAN sekarang ini atau yang sering kita sebut juga sebagai era yang modern ini, banyak perkembangan teknologi saat ini yang tidak bisa dihindari, kehidupan anak-anak remaja jaman dahulu sangat jauh berbeda dengan kehidupan anak-anak remaja jaman sekarang. 

Pembelajaran pada jaman sekarang pun sangat berbeda dengan pembelajaran pada jaman dahulu. Kini teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan.

Gerak informasi yang kencang di era digital ini memang tidak bisa dihindari karena mengontrolnya pun tidaklah mudah. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan pun telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran. 

Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya.

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Teknologi digital juga dapat bermanfaat terhadap perubahan perilaku manusia termasuk pendidikan dan peserta didik, didalam mencari, mengumpulkan, mendokumentasikan, mengolah dan mentransfer kembali bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. 

Mencampur bahan ajar di dalam proses pembelajaran dengan teknologi digital dapat lebih menarik serta memberikan motivasi belajar, karena mencampur bahan ajar tidak monoton pada teks, tetapi dapat dicampur lebih kreatif dan menarik karena digabungan gambar, audio, video dan animasi, sehingga dapat mempengaruhi perubahan perilaku belajar berkembang dengan lebih baik.

Kemajuan media teknologi dan informasi sudah dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi positif maupun negatif dari penggunaanya. Hal ini dikarenakan pengaksesan media informasi dan teknologi ini tergolong sangat mudah atau terjangkau untuk berbagai kalangan, baik untuk para anak muda maupun orang tua dan kalangan kaya maupun kalangan menengah kebawah. 

Bahkan pada umumnya, saat ini anak-anak usia 5-12 tahun menjadi pengguna teknologi terbanyak. Oleh karena itu, tidak heran jika dampak positif dari perkembangan media informasi dan teknologi untuk anak usia 5 hingga 12 tahun dikatakan sebagai generasi multitasking.

Teknologi digital bukan merupakan hal yang baru dan dating secara tiba-tiba, tetapi sudah berproses sejak puluhan tahun 80an, sehingga sampai abad 21 sekarang ini, disebut era digital. Pada era ini penggunaan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya perkembangan informasi ini seharusnya bisa mempermudah dalam dunia pendidikan. 

Namun yang terjadi tidaklah demikian, kencangnya informasi ternyata tidak selalu berpengaruh positif. Semua hal pasti ada efek positif dan efek negatifnya termasuk dengan teknologi informasi yang maju di era digital ini. Di abad yang ke 21 ini, teknologi digital menjadi semakin penting untuk memiliki keterampilan belajar dan berinovasi.

Pada kenyataannya pun teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan jaman. Bahkan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering menjumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh pendidik yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran. 

Namun dengan demikian, teknologi itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negatif, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. (AY)