Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Merdeka
Pengembangan Kurikulum, tim pengembang kurikulum mengunakan prinsip -perinsip sebagai pedoman agar kurikulum yang dihasilkan memenuhi harapan. beberapa prinsip yang digunakan dalam pengembangan kurikulum yaitu, berorientasi pada tujuan, kontinunitas, fleksibilitas dan integritas
Prinsip Umum Pengembangan Kurikulum
1. Prinsip Berorientasi pada Tujuan/Kompetensi dalam Pengembangan Kurikulum
perinsip ini menegaskan tujuan/kompetensi adalah arah dalam pengembangan komponen kurikulum lainnya. maka dari itu tujuan kurikulum / kompetensi yang ingin dicapai harus jeals dan dapat dijabarkan menjadi tujuan-tujan yang spesifik dan operasional. tujuan kurikulum juga harus komprehensif yang meliputi berbagai aspek domain tujuan, kognitif, afektif dan psikomotorik. hal ini harus diperhatikan agar autput yang dihasilkan memiliki tiga aspek domain tersebet secara utuh. Demikian juga dengan kompetensi dipilah melalui Standar Kompetensi Lulusan (SKL). standar Kompetensi setiap mata pelajara (SK), kompetensi dasar (KD) serta indikator.
2. Prinsip Kontinuitas dalam Pengembangan Kurikulum
Prinsip Kontinuitas adalah perlunya ada kesinambungan khusunya pada bahan/materi kurikulum antara jenis dan jengjang program pendidikan. dalam pengembangan materi kurikulum harus diperhatikan dua aspek kesinambungan yaitu
- Materi kurikulum yang diperlukan pada sekolah/tingkat di atasnya harus sudah di berikan pada sekolah/tingkat sebelumnya.
- materi yang sudah diajarkan pada sekolah/tingkat yang ada di bawahnya tidak perlu lagi diberikan pada sekolah/tingkat yang ada di atasnya
3. Prinsip Fleksibilitas dalam Pengembangan Kurikulum
4. Prinsip Integritas dalam Pengembangan Kurikulum
- Keterampilan mengenal diri sendiri (self awareness) / ketrampilan personal (personal Skill)
- Ketrampilan Berpikir Rasional (thinking skill)
- Keterampilan sosial (sosial skill)
- Ketrampilan akademik (acadmic skill)
- ketrampilan vokasional (vocational skill)
Prinsip-Prinsip Penyusunan KTSP
- Pengembangan KTSP Berpusat pada Potensi, Perkembangn, Kebutuhan, dan Kepentingan Peserta didik dan Lingkunganya
- Kurikulum dikembangkan dengan melihat keberagaman karakteristik siswa, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan
- Kurikulum Dikembangan atas dasar kesadaran bahwa Ilmu pengetahuan teknologi dan seni berkembang secara dinamis
- Kurikulum dikembangkan dengan melibatkan pemangku kepentingan untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan
- subtansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi
- Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan pembudayaan serta pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanajang hayat
- Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional
Perinsip Khusu Pengembangan Kurikulum
- Prinsip yang berkenaan dengan tujuan pendidikan
- Prinsip yang berkenaan dengan Pemilihan Isi Pendidikan
- Prinsip Berkenaan dengan Pemilihan proses belajar mengajar
- Prinsip berkenaan dengan pemilihan Media dan alat pengajaran
- Prinsip yang berkenaan dengan penilain