Contoh Modul Ajar Kelas 1 SD Matematika Materi Penjumlahan 1
1.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS MODUL
Nama Sekolah : SDN
N SUKA MAJU
Tahun Ajar :
2021-2022
Fase/Kelas :
A/1
Materi : Penjumlahan 1
Alokasi Waktu : 6 x
Pertemuan
B. KOMPETENSI AWAL
Memahami makna penjumlahan dan
dapat menggunakan penjumlahan
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Bernalar Kritis
Gotong Royong
D. SARANA DAN PRASARANA
Buku Siswa
gambar gantung, 4 bola dan keranjang
jaring, balok (atau kancing), tempat balok (piring kertas, dll), perangkat
lunak terlampir, gambar katak, gambar kursi anak-anak, gambar ilustrasi,
potonga-potongan gambar ilustrasi, gambar kolam dan bebek, benda untuk dipasang
balok, kartu penjumlahan,
E. TARGET PESERTA DIDIK
Reguler/Tipikal
F. MODEL PEMBELAJARAN
Tatap Muka (TM)
2.
KOMPONEN INTI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjumlahkan untuk menemukan (konteks penggabungan) dengan
"jadi berapa jika digabungkan”
Siswa dapat membaca rumus, menuliskan rumus penjumlahan dengan
menggunakan simbol "+", "=".
Siswa dapat menghitung penjumlahan di bawah 10 dengan benar.
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menjumlahkan untuk menemukan (konteks penggabungan) dengan "jadi berapa jika digabungkan, dapat membaca rumus, menuliskan rumus penjumlahan dengan menggunakan simbol
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Bagaimana sesuatu bisa bertambah banyak
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai
kesepakatan kelas
( menyapa,
berdoa, dan mengecek kehadiran ).
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap
saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi.
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v Kegiatan Inti
1. Siswa mengoperasikan dan memasukkan bola ke dalam keranjang,
berhitung bersama-sama bola yang masuk
keranjang.
2. Siswa mengoperasikan balok dan menggabungkan cerita yang telah
mereka buat.
siswa membawa balok dengan tangan kiri
dan kanan, lalu memasukkan ke dalam
piring
3. Siswa membuat cerita dengan melihat gambar (gambar gantung).
4. Dengan memperhatikan gambar dibuku, siswa dapat menulis jawaban,
menulis
simbol "+" dan "=",
serta membaca rumus.
5. Siswa memperhatikan gambar penggabungan di buku ajar, Lalu membuat
cerita
(penggabungan) konteks yang menggunakan
penjumlahan.
6. Guru menempelkan gambar katak di papan tulis, kemudian siswa
mengitung
Jumlahnya, menulis jawaban dan rumus yang
sama dengan "penggabungan"
7. Siswa diminta membuat soal penjumlahan (penambahan) dari rumus.
8. Siswa Membuat kartu penjumlahan sendiri, Menulis jawaban rumus yang
dibacakan
di belakang kartu, dan memeriksa
kebenarannya dengan melihat kartu untuk guru.
9. Siswa membuat soal yang memasukkan angka 0.
10. Guru memperlihatkan buku bergambar yang dibuat oleh guru dan
mengkonfirmasi
Bahwa masing-masing soal 1~4 saling berkaitan
dengan rumus 4 + 5 = 9.
11. Siswa membuat dan mempresentasikan buku bergambar sendiri.
12. Siswa saling memperlihatkan buku bergambar antar teman sebangku.
v KEGIATAN PENUTUP
1.
Bersama dengan siswa guru
menyimpulkan pembelajaran
2. Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam
E.
ASESMEN
1.
Performa ( presentasi )
2. Tertulis
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
G.
REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU
TABEL
1.1 REFLEKSI UNTUK PESERTA DIDIK
NO |
PERTANYAAN |
JAWABAN |
1 |
Bagian mana dari materi yang kalian
rasa paling sulit? |
|
2 |
Apa yang kalian lakukan untuk dapat
lebih memahami materi ini? |
|
3 |
Apakah kalian memiliki cara
sendiriuntuk memahami materi ini? |
|
4 |
Kepada siapa kalian akan meminta
bantuan untuk memahami materi ini? |
|
5 |
Jika kalian diminta memberikan bintang
dari 1 sampai 5, berapa bintang yang akan kalian berikan pada usaha yang
kalian lakukan untuk memahami materi ini? |
|
TABEL
1.2 REFLEKSI UNTUK GURU
NO |
PERTANYAAN |
JAWABAN |
1 |
Apakah 100 % peserta didik mencapai
tujuan pembelajaran? Jika tidak, berapa persen kira-kira peserta didik yang
mencapai pembelajaran? |
|
2 |
Apa kesulitan yang dialami peserta
didik sehingga tidak mencapai tujuan pembelajaran? Apa yang akan anda lakukan
untuk membantu peserta didik? |
|
3 |
Apakah terdapat peserta didik yang
tidak fokus? Bagaimana cara guru agar mereka bisa fokus pada kegiatan
berikutnya? |
|
3.
LAMPIRAN
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
B. BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku panduan guru Metematika
kelas 1
Buku siswa Matematika kelas 1
C. Glosarium
D. Daftar Pustaka