ATP Matematika Fase B Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Mata
Pelajaran : Matematika
Fase
yang diampu : Fase B (kls 4)
No. |
Alur Materi |
Tujuan Pembelajaran |
Dimensi Pelajar Pancasila |
Bilangan Membaca, menuliskan, Menentukan Aljabar Mengidentifikasi, Menemukan hubungan
antara operasi penjumlahan dan
pengurangan (misalnya: 2 + 3 = 5, maka 5 – 3 = 2), serta
hubungan antara operasi perkalian dan pembagian 10 : 2 = 5). Menentukan, menyajikan,
memodelkan penjumlahan, Peserta didik dapat
menentukan dan menyelesaikan masalah Peserta didik dapat
mengenal, menggunakan, menyajikan, dan Peserta didik dapat menentukan posisi pecahan pada garis bilangan, Peserta
didik dapat mengenal, mengidentifikasi, mengurutkan, |
1. Dengan
mengamati tampilan guru siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.999 melalui
tabel nilai tempat. 2. Dengan
mengunakan tabel nilai tempat siswa dapat menuliskan bilangan cacah sampai
999.999 3. Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat membandingkan bilangan cacah sampai 999.999 4. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengurutkan
bilangan cacah sampai dengan 999.999 5. Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan dengan
cara mengelompokkan menurut nilai tempat dengan bimbingan guru 6. Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi
siswa dapat menentukan hasil pengaurangan bilangan
dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat 7. Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi
siswa dapat menentukan hasil perkalian bilangan
dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat 8. Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi
siswa dapat menentukan hasil pembagian bilangan
dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat 9. Dengan berdiskusi dan bimbingan guru, siswa dapat menggunakan
operasi hitung dalam menyelesaikan masalah 10. Secara berpasangan siswa mengidentifikasi tanda
membandingkan bilangan (membesar dan mengecil) 11. Melalui diskusi dengan teman sebangku, siswa dapat
mengembangkan
pola gambar atau obyek sederhana dan
pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan berbagai operasi hitung 12. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat Menemukan hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan (misalnya: 2 + 3 = 5, maka 5 – 3 = 2 13. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat Menemukan hubungan antara operasi perkalian dan pembagian (misalnya: 2 x 5 =
10, maka 10 : 2 = 5) 14. Siswa dapat menentukan nilai dari setiap mata uang
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui tampilan guru 15. Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan,
model penjumlahan dalam konteks uang. 16. Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan,
model penguranga dalam konteks uang. 17. Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan,
model perkalian dalam konteks uang. 18. Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan,
model pembagian dalam konteks uang. 19. Dengan
mengamati penjelsan guru siswa dapat mengidentifikasi bilangan prima antar 1
– 100 20. Melalui
pengamatan contoh siswa dapat menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan satu
digit dan 2 digit 21. Secara
berkelompok siswa dapat menyelesaikan
masalah berkaitan dengan
kelipatan, KPK, dan FPB 22. Dengan
mengamati peragaan/ video siswa dapat
mengenal pecahan antara 0 – 1 23. Melalui
diskusi sisa dapat memodelkan dan menyajikan pecahan antara 0 – 1 24. Siswa
dapat mengenal dan memodelkan pecahan campuran positif dengan bimbingan guru 25. Siswa
dapat menentukan pecahan senilai dalam
berbagai bentuk
representasi visualnya dengan bantuan guru 26. Melalui
pengamatan tanpilan guru/ video siswa dapat menentukan posisi pecahan pada
garis bilangan 27. Siswa
dapat membandingkan pecahan dengan bilangan lainnya dengan bimbingan guru 28. Melalui
bimbingan guru siswa dapat mengenal dan mengidentifikasi berbagai bentuk
pecahan 29. Secara
berpasangan siswa dapat mengubah berbagai bentuk pecahan 30. Secara
berkelompok siswa dapat mengurutkan dan membandingkan berbagai bentuk pecahan |
|