Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Matematika Fase B Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 


Mata Pelajaran                         :  Matematika

Fase yang diampu                     :  Fase B (kls 4)

 

No.

Alur Materi

Tujuan Pembelajaran

Dimensi Pelajar Pancasila

1.

Bilangan

     Membaca, menuliskan,
membandingkan, mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999.999 menggunakan sistem nilai tempat.

 

 

 

     Menentukan
hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Aljabar

     Mengidentifikasi,
menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian.

 

      Menemukan hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan

      (misalnya: 2 + 3 = 5, maka

        5 – 3 = 2), serta hubungan antara operasi perkalian dan pembagian
(misalnya: 2 x 5 = 10, maka

 10 : 2 = 5).

 

 

     Menentukan, menyajikan, memodelkan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian dalam konteks uang dan kaitan setiap satuannya serta berbagai representasi visual dan strategi perhitungan

 

 

 

 

 

     Peserta didik dapat menentukan dan menyelesaikan masalah
berkaitan dengan kelipatan, factor kelipatan persekutuan terkecil (KPK), dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

 

 

     Peserta didik dapat mengenal, menggunakan, menyajikan, dan
memodelkan bilangan pecahan antara 0 dan 1 serta pecahan
campuran positif (misalnya: 2¼) dan yang senilai dalam berbagai bentuk representasi visualnya.

 

     Peserta didik dapat menentukan posisi pecahan pada garis bilangan,
membandingkannya dengan bilangan lainnya

 

 

     Peserta didik dapat mengenal, mengidentifikasi, mengurutkan,
dan membandingkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.

1.   Dengan mengamati tampilan guru siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.999 melalui tabel nilai tempat.

2.   Dengan mengunakan tabel nilai tempat siswa dapat menuliskan bilangan cacah sampai 999.999

3.   Melalui kegiatan diskusi siswa dapat membandingkan bilangan cacah sampai 999.999

4.   Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999.999

 

 

5.   Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat dengan bimbingan guru

6.   Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi siswa dapat menentukan hasil pengaurangan bilangan dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat

7.   Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi siswa dapat menentukan hasil perkalian bilangan dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat

8.   Melalui kegiatan pengamatan contoh dan diskusi siswa dapat menentukan hasil pembagian bilangan dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat

9.   Dengan berdiskusi dan bimbingan guru, siswa dapat menggunakan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah

 

 

10.  Secara berpasangan siswa mengidentifikasi tanda membandingkan bilangan (membesar dan mengecil)

11.  Melalui diskusi dengan teman sebangku, siswa dapat mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan berbagai operasi hitung

 

 

 

 

 

12.   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menemukan hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan  (misalnya: 2 + 3 = 5, maka 5 – 3 = 2

13.   Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menemukan hubungan antara operasi perkalian dan pembagian (misalnya: 2 x 5 = 10, maka

      10 : 2 = 5)

 

14.  Siswa dapat menentukan nilai dari setiap mata uang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui tampilan guru

15.  Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan, model penjumlahan dalam konteks uang.

16.  Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan, model penguranga dalam konteks uang.

17.  Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan, model perkalian dalam konteks uang.

18.  Dengan mengamati contoh siswa dapat menyajikan, model pembagian dalam konteks uang.

 

 

 

 

 

19.  Dengan mengamati penjelsan guru siswa dapat mengidentifikasi bilangan prima antar 1 – 100

20.  Melalui pengamatan contoh siswa dapat menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan satu digit dan 2 digit

21.  Secara berkelompok siswa dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan, KPK, dan  FPB

 

 

 

22.  Dengan mengamati peragaan/ video siswa dapat  mengenal pecahan antara 0 – 1

23.  Melalui diskusi sisa dapat memodelkan dan menyajikan pecahan antara 0 – 1

24.  Siswa dapat mengenal dan memodelkan pecahan campuran positif dengan bimbingan guru

25.  Siswa dapat menentukan pecahan senilai dalam berbagai bentuk representasi visualnya dengan bantuan guru

 

 

26.  Melalui pengamatan tanpilan guru/ video siswa dapat menentukan posisi pecahan pada garis bilangan

27.  Siswa dapat membandingkan pecahan dengan bilangan lainnya dengan bimbingan guru

 

 

 

28.  Melalui bimbingan guru siswa dapat mengenal dan mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan

29.  Secara berpasangan siswa dapat mengubah berbagai bentuk pecahan

30.  Secara berkelompok siswa dapat mengurutkan dan membandingkan berbagai bentuk pecahan