Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Modul Ajar PPKN Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 

Contoh Modul Ajar PPKN Kelas 4 Kurikulum Merdeka


Satuan Pendidikan            :  SDIT Muhammadiyah Bireuen

Fase / Kelas                      :  B/4

Mata Pelajaran                  :  PPKN

Bab/Tema                         :  1.Pancasila sebagai nilai kehidupan

Alokasi Waktu                   :  

Model Pembelajaran          :  Tatap muka

Profil Pelajar Pancasila      : -Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlak       
                                                 mulia

                     - Berkebhinnekaan global

                      - Gotong royong

                      - Mandiri                       

                      - bernalar kritis

                      - kreatif

 

-                                                                                           --

Alur Konten Capaian Pembelajaran :

1.  Menjelaskan makna sila-sila serta dapat memberikan contoh sikap dan prilaku yang sesuai dengan sila-sila pancasila.   

2. Mempraktikan nilai-nilai pancasila secara individual di kelas sesuai dengan perkembangan peserta didik dan konteks sekolah  (beberapa contoh ,meminta maaf,berterima Kasih, meminta tolong, cuci tangan ,mengantri,merapikan tempat duduk dan sebagainya

3.   Memahami harapan kelompok terhadap dirinya untuk mencapai tujuan kelompok

4. Mensimulasikan bagaimana kebutuhan dirinya membutuhkan orang lain untuk memenuhinya .

5.   mengidentikasi hal yang dianggap berharga dan penting bagi teman ,keluarga dan lain yang dikenali peserta didik .

     

Tujuan Pembelajaran :

Melalui Tanya jawab peserta didik dapat memahami aklhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa. 

1.       Peserta didik memahami makna dan nilai-nilai pancasila, serta proses perumusannya. Sebagai dasar Negara,pandangan hidup bangsa dan idiologi negara melalui kajian secara kritis terhadap nilai dan kearifan luhur bangsa Indonesia sebagai pedoman, dan perspektif dalam berinteraksi dengan masyarakat global,serta memperhatikan. Nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari,baik di sekolah ,rumah ,masyarakat Sekitar ,dan dalam konteks yang lebih luas.

 

Media pembelajaran :

-          Buku siswa

-          Buku guru

-          Alat tulis

-          Gambar burung garuda

-          Foto-foto para pahlawan bangsa

-          Gambar-gambar yang terkait dengan sikap dan prilaku

-          Yang sesuai dengan sila-sila pancasila

-          Cerita-cerita legenda di linggungan masyarakat yang mencerminkan

-          Pelaksanaan norma-norma kehidupan

Pertemuan 1 :  Kegiatan tatap muka  70 menit

·         Alur Konten Capaian Pembelajaran :  Menjelaskan makna sila-sila pancasila serta

      Dapat memberikan contoh dan prilaku yang sesuai dengan sila-sila pancasila.  

·         Tujuan Pembelajaran  :  Melalui belajar kelompok dan Tanya jawab peserta didik Dapat memiliki akhlak mulia dengan di dasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa.

 

Urutan Kegiatan Pembelajaran : 

Kegiatan Siap-siap belajar

1.       Sebelum peserta didk memasuki kelas,guru mengkondisikan peserta didik

2.       Guru memberikan salam dan secara acak memberikan kesempatan kepada seorang peserta didik laennya untuk memimpin doa sesuai agama dan kepercayaannya sebelum memulai kegiatan belajar.

3.       Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu Indonesia raya untuk membangkitkan Semangat nasionalisme.

4.       Guru mengecek kehadiran pesrta didik.

5.       Guru menyampaikan materi pembelajaran sebagai awalan dalam kegiatan secara klaSikal .kemudian dilanjutkan dengan tujuan pembelajaran saat ini dengan mengajukan Pertanyaan-pertanyaan singkat yang berkaitan dengan sikap dan prilaku yang sesuai Dengan sila-sila pancasila untuk mengecek pengetahuan peserta didik

6.       Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan serta mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan di dalam pembelajaran.

7.       Peserta didik dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 3-5 orang.

8.       Guru menempelkan gambar yang berkaitan dengan sikap mencintai sesaama manusia Dan lingkungannya ,serta menghargai kebhinnekaan.

9.       selanjutnya guru mempersilakan setiap peserta didik untuk memperhatikan /mengamati gambar gambar tersebut peserta didik mengamati gambar ,guru menyampaikan pertanyaan untuk Merangsang perserta didik untuk menyatakan pendapatnya.

10.   Guru kemudian mengklarifikasi masalah dengan cara memberikan tanggapan atas Pendapat setiap kelompok serta mengarahkannya ke konsep ke materi pembelajaran

11.   Guru memberikan lembar aktivitas peserta didik yang harus di kerjakan secara berkolompok.

12.   Guru mempersilakan setiap kelompok untuk mempresentasikan lembar aktivitasYang dikerjakan secara berkelompok.

13.   Peserta didik dan guru berdoa bersama-sama. Guru menutup pertemuan.

 

Catatan  : Tugas rumah :membaca bacaan gagasan perumusan dasar Negara yang ada kaitannya degan materi selanjutnya.

 

 

Pertemuan 2 :  Kegiatan tatap muka  70 menit

·         Alur Konten Capaian Pembelajaran :  Mempraktekkan nilai-nilai pancasila secara Individual di kelas sesuai dengan perkembangan peserta dalam konteks sekolah (beberapa contoh ;meminta maaf,berterima kasih,meminta tolong,cuci tangan, Mengantri,merapikan tempat duduk dan sebagainya

·         Tujuan Pembelajaran : Memahami makna nilai-nilai pancasila serta perumusannya Sebai dasar Negara,pandangan hidup bangsa dan idiologi Negara.

 

Urutan Kegiatan Pembelajaran : 

Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan memberi salam, menyapa, membaca doa, dan menanyakan kehadiran.

1.   Sebagai penumbuh semangat dan konsentrasi dalam belajar, guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “ Garuda pancasila’dan untuk membangkitkan semangat nasionalisme guru meminta kesediaan salah seorang peserta didik untuk membacakan

      Teks pancasila diucap ulang oleh yang laennya.

2.   Penjelasan singkat tentang materi disampaikan oleh guru sebagai awalan dalam kegiatan belajar secara klasikal.

3.  Guru menyiapkan gambar makna dan nilai –nilai pancasila serta proses perumusannya dengan menempelkannya dipapan tulis.

4.    Guru mengarahkan setiap peserta didik untuk mengamati gambar tersebut.

5.   Guru menyampaikan pertanyaan terkait untuk merangsang pererta didik menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut berdasarkan pertanyaan –Pertanyaan diatas

6.  Guru mengklarifikasi masaalah dan penjelasan kepada peserta didik serta mengarahkan ke konsep atau materi pembelajaran..

7. Guru memberikan lembar aktivitas peserta didik yang harus dikerjakan secara berkelompok.

8. Guru mempersilakan perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan lembar Aktivitas yang telah dikerjakan .

9. Guru mengapresikan dan member klarifikasi terhadap seluruh tugas yang sudah di Kerjakan oleh peserta didik .

10. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran mengenai materi pembelajaran pada pertemuan ini.

11. Guru memberi tugas rumah, tentang materi yang akan di pelajari pada pembelajaran berikutnya.

12.  Peserta didik dan guru berdoa bersama-sama. Guru menutup pertemuan.

 

Catatan  : Tugas rumah, menuliskan nama-nama pahlawan yang terlibat dalam proses perumusan pancasila.

 

 

Pertemuan 3 :  Kegiatan tatap muka  70 menit

·     Alur Konten Capaian Pembelajaran :  Mengidentifikasi hal yang diangkap berharga Dan penting bagi teman,keluarga dan orang laen yang dikenali pesrta didik.

·    Tujuan Pembelajaran :  Pesrta didik dapat mmemberikan contoh sikap dan Prilaku yang sesuai dengan sila-sila pancasila.

Urutan Kegiatan Pembelajaran : 

1.   Guru member salam dan secara acak memberikan kesempatan kepada seorang Peserta didik lainnya untuk memimpin doa sesuai dengan agama dan kepercayaan sebelum memulai kegitan belajar.

2.    Guru mengecek  kehadiran peserta didik.

3.   Untuk membangkitkan semangat nasionalisme ,guru mengajak untuk menyanyi bersama salah satu lagu wajib nasioanal dan meminta salah satu murid untuk mennjadi dirjen.

4.   Guru menyampaikan materi pelajaran dalam kegiatan belajar secara klasikal Kemudian dilanjutkan dengan tujuan pembelajaran saat ini ,dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat untuk mengecek pengetahuan awal peserta didik.

5.  Guru menjelaskan urutan pelangsanaan kegiatan belajar serta mempersiapkan Media yang akan digunakan dalam pembelajaran.

6.    Guru memberikan bahan bacaan kepada peserta didik.

7.   Guru mempersilakan kepada setiap peserta didik untuk membaca bahan bacaan Tersebut 

8.  Guru mendorong perseta didik untuk mengajuka pertanyaan berkaitan dengan Bahan bacaan yang dibacanya.

9.  Guru mengajak yang lainnya untuk menjawab atau menangkapi pertanyaan Tersebut, tanpa mengomentari pendapat peserta didik lainnya dan tidak meminta alasan mengenai pendapatnya.

10. Guru kemudian mengklarifikasi atau menjelaskan masaalah dari penndapat   setiap Peserta didik dan mengarahkan nya sesuai materi pembelajaran.

11. Guru memberikan lembar aktivitas peserta didik yang harus dikerjakan secara Individual.

12. Guru mempersilakan beberapa perwakilan peserta didik untuk mempresentasi Lembar aktivitas yang dikerjakan.

13. Guru mengapresias dan memberikan klarifikasi terhadap seluruh tugas yang  sudah dikerjakan  oleh peserta didik.

14. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran mengenai m ateri Pembelajaran pada pertemuan ini.

15. Guru menutup pelajaran dan secara bergantian memberikan kesempatan kepada       Peserta didik lain untuk memimpin doa bersama setelah selesai pembelajaran.

 

Catatan  :  Tugas rumah, menuliskan contoh sikap yang sesuai dengan sila 2 dari pancasila.