Pengertian Refleksi Pembelajaran
Refleksi pembelajaran adalah tentang bagaimana siswa dapat menyadari proses berpikir mereka sendiri dan dapat terbuka untuk orang lain. Dengan refleksi, siswa dapat mengevaluasi “bagaimana” dan “mengapa” suatu proses pembelajaran dan memahami apa yang harus di lakukan setelah pembelajaran selesai.
Refleksi pembelajaran bisa dilakukan dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan yang dilakukan oleh siswa untuk guru dan guru untuk siswa, guna mengekspresikan kesan konstruktif, harapan, serta kritik terhadap proses pembelajaran.
Secara esensial refleksi adalah aktivitas yang dilaksanakan agar memberi manfaat dalam diri maupun sesuatu (sistem, metode, teknik dsb) agar menjadi lebih baik.
Melalui kegiatan refleksi pembelajaran, diperoleh lah informasi positif dan negatif mengenai kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, serta bagaimana guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Hasil refleksi pembelajaran juga bisa dijadikan sebagai bahan observasi untuk mengetahui sampai mana pencapaian kegiatan pembelajaran dan bisa memberikan kepuasan bagi siswa.
Ketika siswa dan guru secara konsisten mengadakan refleksi, mereka akan mendapatkan dampak, diantaranya adalah:
- Memahami dan mengetahui maksud dari apa yang telah dipelajari.
- Bisa mengerti apa yang dilakukan.
- Paham apa yang harus dilakukan selanjutnya.
- Mengerti budaya belajar yang ada di kelas.
- Mengetahui proses pembelajaran.
Tujuan Refleksi Pembelajaran
Mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang telah di lakukan guru dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas. Mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa agar guru dapat memperbaiki desain pembelajaran untuk pembelajaran selanjutnya.
Mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang telah di lakukan guru dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas. Mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa agar guru dapat memperbaiki desain pembelajaran untuk pembelajaran selanjutnya.
- Mengetahui minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang sebenarnya.
- Mengukur penerapan model, metode, strategi dan teknik pembelajaran pada tingkat keberhasilan yang di capai guru.
- Mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang telah di lakukan guru dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas
- Mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa agar guru dapat memperbaiki desain pembelajaran untuk pembelajaran selanjutnya.
- Memahami respon siswa dalam pembelajaran dan penyampaian materi.
- Sehingga guru dapat memahami kelemahan atau kekurangan suatu pelajaran sehingga lebih baik bagi guru dan siswa.
- Memahami ketepatan model, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang telah dilaksanakan sehingga dapat terus dievaluasi.
- Guru dapat membuat kegiatan belajar mengajar lebih efektif dalam pembelajaran di masa yang akan datang.
Manfaat Refleksi Pembelajaran
Manfaat bagi Guru:
- Aktivitas refleksi berguna sebagai peninjauan pada kelas atau sebuah kelompok.
- Berguna untuk menggambarkan situasi dan kondisi dari sebuah kelas, apa yang terjadi pada siswa dan masalah yang mereka temui.
- Bisa memaksimalkan dan lebih menonjolkan potensi setiap siswa/individu dan sebuah grup.
- Untuk meningkatkan kegiatan evaluasi terhadap kinerja guru yang berlanjut dan berjenjang.
- Wadah untuk menjalin komunikasi positif yang bersifat membangun antara siswa dan guru.
- Guru dapat memetakan siswa sesuai karakter dan daya tangkap mereka yang akan nantinya memudahkan dalam pembagian kelompok, pemberian materi, dan evaluasi belajar.
Manfaat bagi Siswa:
- Berguna menyalurkan aspirasi siswa dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung maupun telah dilakukan.
- Siswa bisa mengungkapkan proses pembelajaran yang telah dilakukan apakah berlangsung dengan baik atau tidak.
- Siswa akan mendapat kepuasan karena bisa mendapatkan sistem belajar yang mereka minati.
- Menjadi ruang ekspresi positif terhadap guru mengenai proses belajar mengajar bagi siswa.
Contoh Refleksi Pembelajaran Oleh Guru: