Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESMI! Pengumuman Kemendikbud Untuk Guru SMP Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi

 

RESMI! Pengumuman Kemendikbud Untuk Guru SMP Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang RESMI! Pengumuman Kemendikbud Untuk Guru SMP Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi.

Terdapat pengumuman penting dari kemendikbud untuk guru sertifikasi maupun non sertifikasi di jenjang pendidikan SMP.

Kabar penting untuk guru sertifikasi maupun non ini disampaikan langsung oleh Kemendikbud Ristek melalui akun Instagram resmi @ditjen.gtk.kemdikbud, pada Minggu, 04 Desember 2022.

Melalui unggahannya Kemdikbud menyampaikan ke guru yang termasuk ke dalam peserta program Bimtek atau Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru Informatika SMP secara Daring.

Lebih lanjut Kemdikbud juga menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 6259 guru yang terdaftar pada program Bimtek.

Dari jumlah tersebut, Kemdikbud telah merilis nama-nama guru SMP yang lolos pada tahap seleksi.

Di mana terdapat sebanyak 880 peserta yang telah dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti program Bimtek.

Diketahui untuk program Bimtek ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 16 Desember 2022 mendatang.

Kemdikbud juga telah merilis surat edaran dengan nomor 3862/B5/GT.01.00/2022 yang diterbitkan pada tanggal 2 Desember 2022, mengenai pengumuman hasil seleksi calon peserta kegiatan Bimtek Informatika SMP secara daring.

Di dalam isi surat edaran tersebut, Kemdikbud meminta agar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten mengizinkan dan menugaskan daftar nama-nama guru yang disebutkan ini untuk mengikuti program Bimtek secara daring.

Bagi guru yang ingin melihat daftar namanya dapat mengecek melalui tautan berikut Di sini.

Sebagai informasi bahwasanya untuk program Bimtek ini hanya diperuntukan bagi guru SMP kelas 7, 8, dan 9 yang mengampu mata pelajaran Informatika.

Selain itu, guru tersebut juga harus mengajar di sekolah yang telah ataupun akan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Untuk penerapannya sendiri berlaku bagi sekolah yang mengikuti baik dari jalur mandiri maupun sekolah penggerak.

Nantinya untuk program Bimtek akan diikuti oleh guru dari berbagai daerah, baik dari Makassar, Palopo, Bitung, Bima, Sikka, Jayapura, dan lain sebagainya.

Pastikan bagi guru yang telah mendaftar dan mengikuti seleksi program Bimtek, apakah Anda dinyatakan lulus atau tidak.

Dalam hal ini merupakan peluang baik untuk guru SMP Informatika guna mengembangkan keterampilannya dan pengetahuannya.

Sehingga bagi guru yang bersangkutan bisa menerapkan ilmu yang diterima ke pembelajaran pada peserta didik.

Keuntungan Mengikuti Program Kemendikbud

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat mengikuti Program Kemendikbud :

Mendapat sertifikat pola 32 JP secara gratis

Sudah bukan rahasia lagi, sertifikat merupakan barang penting bagi seorang guru khususnya PNS. Apalagi sertifikat diklat di atas 30 JP yang diakui untuk kenaikan tingkat.

Nah, jika di luar sana bimtek/diklat pola 32 JP banyak yang berbayar, di program ini anda akan mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis.

Ilmu baru, wawasan baru

Bukan cuma soal sertifikat, tujuan utama kita mengikuti bimtek/diklat/seminar tentu saja untuk mendapat ilmu dan skill dari materi yang disajikan. Menurut kami, materi pada Program Guru Belajar ini benar-benar baru, sehingga akan membuat kita lebih tertarik dan terntang untuk belajar karena isi materinya mengulang konten yang dulu pernah ada.

Waktu belajar lebih fleksibel

Berbeda dengan bimtek tatap muka atau bimtek online dengan tatap muka virtual, di program ini guru diberi keleluasaan untuk mengatur sendiri waktu belajarnya. Tenggat waktu yang disediakan tiap angkatan selama 4-5 hari. Selama waktu itu, guru bisa menentukan sendiri kapan waktu belajarnya asalkan bisa tuntas sebelum deadline.

Bukan hanya itu, guru yang gagal tuntas karena waktu tidak mencukupi atau skor masih kurang, masih punya kesempatan mendaftar lagi pada angkatan berikutnya.

Teman baru, relasi baru

Sewaktu mendaftar, guru diberikan link grup telegram yang langsung dikelola Ditjen GTK. Grup tersebut saat ini sudah mencapai 100 ribu lebih anggota. Dengan adanya grup tersebut, masing-masing guru bisa sharing, tukar menukar informasi, dan saling membantu rekan guru lain yang mengalami kesulitan khusunya dalam teknis pengerjaan.

Ada pengimbasan

Pada program guru belajar seri Bimtek AKM, bagi yang sudah tuntas mengikuti bimtek dapat melanjutkan dengan pengimbasan dengan cara membimbing rekan guru lain yang sedang mengikuti bimtek tersebut dan memvideokannya. Disediakan pula piagam penghargaan bagi guru yang berhasil mengikutinya.

Istilah “pengimbasan’ saat ini masih sangat baru, tapi sepertinya istilah ini akan sering kita dengar dan gunakan. Jadi, ada baiknya kita membiasakannya. Pengimbasan merupakan salah satu cara Kemdikbud untuk mempercepat program-programnya bisa sampai ke semua guru di Indonesia, seperti halnya pengimbasan guru penggerak dan sekolah penggerak.

Demikian artikel mengenai Pengumuman Kemendikbud Untuk Guru SMP Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat RESMI! Pengumuman Kemendikbud Untuk Guru SMP Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.