Ingin Jadi Peserta Terpilih Apresiasi GTK 2022? Ketahui Metode dan Aspek Penilaian Berikut Ini
Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Ingin Jadi Peserta Terpilih Apresiasi GTK 2022? Ketahui Metode dan Aspek Penilaian Berikut Ini.
Apresiasi GTK 2022 akan ditutup pendaftarannya pada 22 Oktober 2022. Dengan ini, guru dan tenaga kependidikan yang ingin mendaftarkan diri harus memastikan tidak melewatkan waktu pendaftaran Apresiasi GTK 2022 pada pukul 23.59 WIB besok.
Apresiasi GTK 2022 dilakukan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022 yang jatuh pada 25 November 2022. Nantinya, peserta terpilih akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri acara Puncak HGN 2022.
Tidak hanya diundang ke acara Puncak HGN 2022, peserta terpilih Apresiasi GTK 2022 juga akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan laptop. Pemberian penghargaan kepada peserta terpilih diserahkan bertepatan pada Hari Guru Nasional 2022.
Tentunya, untuk menjadi salah satu peserta terpilih, guru dan tenaga kependidikan perlu mengetahui metode serta aspek penilain terhadap karya yang diunggah di Platform Merdeka Mengajar.
Untuk dapat membuka peluang lebih besar menjadi salah satu peserta terpilih, guru dan tenaga kependidikan harus dapat menyesuaikan dokumen dengan aspek penilaian sebagai berikut.
1. Tahap Praseleksi (Administrasi)
Metode untuk melakukan verifikasi dan validasi penilaian administrasi menggunakan daftar cek kelengkapan berkas. Peserta yang tidak memiliki kelengkapan administrasi dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
Komponen penilaian: kelengkapan dokumen
Aspek penilaian:
- Dokumen video dan naskah
- Surat Aktif Mengajar dan Kelakuan Baik dari pimpinan lembaga
- Ijazah terakhir
- Surat Pernyataan Keaslian Karya
2. Tahap I: Penilaian Video dan Naskah
Metode penilaian video dan naskah menggunakan instrumen terkait substansi dan literasi digital dengan 5 skala penilaian.
Komponen penilaian pada tahap ini ada dua, yaitu substansi video dan naskah dan literasi digital.
a. Substansi video dan naskah
Aspek penilaian pada komponen ini adalah:
- Guru dan Pamong Belajar: penerapan pembelajaran berdiferensiasi
- Kepala sekolah: kepemimpinan pembelajaran untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan
- Pengawas sekolah dan penilik: pendampingan dan pembimbingan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan
b. Literasi digital
Aspek penilaian pada komponen ini adalah pemanfaatan media digital atau teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas.
3. Tahap II: Presentasi dan Wawancara
Metode penilaian presentasi dan wawancara menggunakan instrumen terkait penguasaan substansi, literasi digital, dan kemampuan presentasi dengan 5 skala penilaian.
Komponen penilaian pada tahap ini ada 3, yaitu penguasaan substansi video dan naskah, literasi digital, dan kemampuan presentasi.
a. Penguasaan substansi video dan naskah
Aspek penilaian pada komponen ini adalah:
- Guru dan Pamong Belajar: penerapan pembelajaran berdiferensiasi
- Kepala sekolah: kepemimpinan pembelajaran untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan
- Pengawas sekolah dan penilik: pendampingan dan pembimbingan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan
b. Literasi digital
Aspek penilaian pada komponen ini ada 2, yaitu pemanfaatan media digital atau teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas dan penggunaan TIK dalam presentasi.
c. Kemampuan presentasi
Ada 2 aspek penilaian pada komponen ini, yaitu penguasaan materi dan komunikasi.
Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Ingin Jadi Peserta Terpilih Apresiasi GTK 2022? Ketahui Metode dan Aspek Penilaian Berikut Ini”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.