Cara Merancang Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka
Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Cara Membuat Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka
Dalam struktur Kurikulum Merdeka Modul Projek merupakan perangkat pembelajaran yang dibuat untuk memudahkan tim projek dalam melaksanakan projek di Satuan Pendidikan.
Modul projek dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila. Yang terdiri dari 6 elemen yaitu : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Mandiri, Bergotong royong, Berkebhinekaan global, Bernalar kritis, dan Kreatif.
Langkah dalam mengembangkan Modul Projek Kurikulum Merdeka, yaitu meliputi, merencanakan alokasi waktu dan dimensi profil pelajar pancasila, Membentuk tim fasilitas projek, Identifikasi kesiapan satuan pendidikan, Pemilihan tema umum, Penentuan topik spesifik, dan Merencanakan modul projek.
Yang akan dijabarkan secara rinci berikut ini :
1. Merancang alokasi waktu dan dimensi Profil Pelajar Pancasila
Jenjang SD
Alikasi projek pada tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk kelas 1 sampai kelas 5 sebanyak 252 JP dan untuk kelas 6 sebanyak 224 JP.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
Mandiri
Bergotong-royong
Berkebinekaan global
Bernalar kritis
Kreatif
Jenjang SMP
Beberapa pilihan tema umum untuk jenjang SMP terdapat 7 pilihan, lebih kompleks jika dibandingkan dengan jenjang SD, yaitu :
Gaya Hidup berkelanjutan
Kearifan Lokal
Bhinneka tunggal ika
Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI
Kewirausahaan
Bangunlah jiwa dan raganya
Suara Demokrasi
Jenjang SMA
Pada jenjang SMA dan SMK terdapat 8 jenis pilihan tema, dimana ini lebih kompleks dibandingkan pada jenjang SD dan SMP sederajat, yaitu :
Gaya Hidup berkelanjutan
Kearifan Lokal
Bhinneka tunggal ika
Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI
Kewirausahaan
Bangunlah jiwa dan raganya
Suara Demokrasi
Kebekerjaan ( tambahan khusus SMK)
2. Pembentukan Tim Projek
Berikut ini langkah- langkah membentuk tim projek di satuan pendidikan :
Pimpinan satuan pendidikan menentukan seorang Koordinator Projek
Apabila mempunyai SDM yang cukup, bisa menentukan koordinator dari masing-masing Kelas
Koordinator mengumpulkan pendidik-pendidik perwakilan dari setiap kelas, atau apabila SDM terbatas, perwakilan masing-masing fase.
Koordinator memberikan arahan untuk merencanakan dan membuat modul projek untuk setiap kelas atau fase.
3. Identifikasi Kesiapan Satuan Pendidikan
Dalam menentukan kesiapan setiap satuan pendidikan terbagi menjadi 3 kelompok yaitu tahap awal, tahap berkembang dan tahap lanjutan.
Tahap Awal
Satuan Pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
Konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik
Sekolah menjalankan projek secara internal (Tidak melibatkan pihak luar)
Tahap Berkembang
Sekolah sudah memiliki dan menjalankan pembelajaran berbasis projek
Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik
Sekolah mulai melibatkan pihak di luar sekolah untuk membantu salah satu aktivitas projek
Tahap Lanjutan
Pembelajaran projek sudah menjadi kebiasaan sekolah
Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami semua pendidik
Sekolah sudah menjalin kerjasama dengan pihak mitra luar
4. Pemilihan Tema Umum
Terdapat 5 tema umum pilihan yang bisa diterapkan dalam modul projek kurikulum merdeka untuk semua jenjang yaitu sebagai berikut :
Gaya Hidup berkelanjutan
Kearifan Lokal
Bhinneka Tunggal Ika
Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI
Kewirausahaan
5. Merencanakan Modul Projek
Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Cara Membuat Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.