Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi! Pencairan Tunjangan Insensif Guru Non ASN, Non Sertifikasi Dirapel Setahun. Ini Penjelasan Kemenag...

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Resmi! Pencairan Tunjangan Insensif Guru Non ASN, Non Sertifikasi Dirapel Setahun. Ini Penjelasan Kemenag...

Resmi! Pencairan Tunjangan Insensif Guru Non ASN, Non Sertifikasi Dirapel Setahun. Ini Penjelasan Kemenag...


Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan adanya tunjangan insentif untuk guru Non ASN dan non sertifikasi.

M Zain, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI mengatakan akan memberikan tunjangan insentif untuk guru non ASN dan non sertifikasi yang akan dirapel satu tahun.

Diketahui bahwa pada dasarnya untuk guru sertifikasi di bawah naungan Kemenag juga akan memperoleh tunjangan, yakni tunjangan sertifikasi guru.

Akan tetapi, pada tunjangan sertifikasi guru di bawah naungan Kemenag, tentunya banyak yang mengetahui undang-undang dan ketentuannya.

Baca Juga : Hore! Mulai September, 4 Kriteria Honorer Ini Langsung Penempatan dan Diangkat ASN PPPK Guru, Anda Termasuk?

Hal itu sebagaimana dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7321 Tahun 2021.

Isi dari keputusan tersebut tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Bagi Guru Madrasah, Kepala Madrasah, dan Pengawas Sekolah pada Madrasah Tahun 2022.

Berikut ini penjelasan mengenai tunjangan untuk guru non ASN dan non sertifikasi, sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari dari Instagram @kemenag_ri.

"Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS (GBPNS) dan Non Sertifikasi sedang Proses Pencairan Kami akan rapel satu tahun dan diupayakan bisa cair paling lambat November 2022," ujar M Zain.

Baca Juga : Selamat! Kemdikbud Beri Kepastian Tunjangan Bagi 1,6 Juta Guru Non Sertifikasi Tanpa Perlu Antre PPG

M Zain menyampaikan pula, Kemenag akan bersyukur jika pemberian tunjangan insentif tersebut akan lebih cepat.

"Kami bersyukur kalau bisa lebih cepat dari itu. Itu yang sedang kami terus upayakan," katanya.

Pasalnya, Kementerian Agama terus memproses pencairan tunjangan insentif bagi guru madrasah bukan PNS.

"Kemenag telah mengalokasikan anggaran tunjangan insentif untuk guru madrasah yang masih berstatus non sertifikasi," ucap M Zain.

Tujuan pemberian tunjangan insentif untuk guru non ASN dan non sertifikasi adalah bentuk rekognisi negara bagi yang sudah mengabdi.

Baca Juga : Terbaru! Jika RUU SISDIKNAS Berlaku Otomatis PPG Tidak Berlaku Lagi! dan Tunjangan Guru Non Serdik Disetujui Kemenkeu 

"Insentif ini, merupakan bentuk rekognisi negara kepada para guru yang telah berdedikasi dan mengabdikan hiduprnya dalam mencerdaskan anak bangsa," tuturnya.

Pasalnya, bantuan insentif diberikan kepada guru madrasah bukan PNS yang memenuhi kriteria dan sesuai dengan ketersediaan kuota masing-masing provinsi.

"Semoga tunjangan ini bisa memotivasi untuk lebih berkinerja dalam meningkatkan mutu dan layanan pendidikan ya Sahabat Religi," kata M Zain.

Terkait dengan tunjangan sertifikasi guru, terlebih dahulu harus mengikuti program PPG Dalam Jabatan sesuai UU yang masih berlaku saat ini.

Pada PPG Dalam Jabatan, bagi yang ingin mengikuti PPG Kementerian Agama, terbuka kesempatan bagi guru yang sudah mengabdi dan datanya telah terdaftar di Database naungan Kemenag.

Informasi penting lainnya, silakan dibaca juga:

Cara Daftar PPPK 2022 Melalui SSCASN BKN, Siapkan Berkas dan Ikuti Tips Ini Agar Bisa lolos

Petunjuk Teknis untuk Tunjangan Sertifikasi Guru Naungan Kemdikbud dan Kemenag

Dokumen Yang harus Disiapkan Non ASN Sebelum 30 September, untuk Pendataan Tenaga Honorer

Resmi dari Kemdikbud, Ini Syarat untuk Daftar PPG Prajabatan Gelombang 2

Syarat dan Cara Daftar PPPK Guru Tahun 2022

UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat “Resmi! Pencairan Tunjangan Insensif Guru Non ASN, Non Sertifikasi Dirapel Setahun. Ini Penjelasan Kemenag..., silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.