Pertanyaan yang Paling Tepat Diajukan Untuk Membantu Murid Mengidentifikasi Situasi yang Dapat Mempengaruhi
Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Pertanyaan yang Paling Tepat Diajukan Untuk Membantu Murid Mengidentifikasi Situasi yang Dapat Mempengaruhi.
Untuk melihat bagaimana para murid menerima pembelajaran di kelas, pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid mengidentifikasi situasi yang dapat mempengaruhi pembelajaran dan pengembangan dirinya adalah “Apakah ada kesulitan dalam memahami materi pembelajaran hari ini?”
Pertanyaan tersebut adalah bagian dari latihan pemahaman dan cerita reflektif dalam pelatihan mandiri para guru.
Khusus untuk topik pembahasan merdeka belajar modul 2 tentang materi perencanaan pembelajaran.
Proses pembelajaran di kelas memang membuat guru sebagai pihak yang aktif. Sementara para murid hanya diam mendengarkan. Bentuk pembelajaran seperti ini akhirnya bisa mengakibatkan rendahnya partisipasi para murid.
Ini bisa mengakibatkan para murid memiliki minat yang rendah dalam belajar, sehingga tingkat penyerapannya juga rendah. Pada akhirnya hal ini dapat membuat hasil belajar yang dicapai juga menjadi rendah.
Dengan mengajukan pertanyaan “Apakah ada kesulitan dalam memahami materi pembelajaran hari ini?”, para murid diharapkan bisa ikut lebih aktif bertanya. Jika ada yang tidak dimengerti, para guru bisa membantu memberikan penjelasan yang lebih jelas.
Sebagai tindakan reflektif, hal ini bisa dijadikan pemikiran dan pertimbangan bagi para guru agar bisa menemukan cara pembelajaran yang menarik. Penyampaian yang lebih komunikatif bagi para murid yang belajar.
Menanyakan pertanyaan seperti demikian akan membuka komunikasi dua arah antara guru dan murid. Diharapkan agar dari komunikasi terbuka seperti ini, guru dapat memahami kesulitan para murid dan dapat mencari cara untuk mempermudah murid menerima pelajaran.
Untuk melihat bagaimana para murid menerima pembelajaran di kelas, pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid mengidentifikasi situasi yang dapat mempengaruhi pembelajaran dan pengembangan dirinya adalah “Apakah ada kesulitan dalam memahami materi pembelajaran hari ini?”
Pertanyaan tersebut adalah bagian dari latihan pemahaman dan cerita reflektif dalam pelatihan mandiri para guru.
Khusus untuk topik pembahasan merdeka belajar modul 2 tentang materi perencanaan pembelajaran.
Proses pembelajaran di kelas memang membuat guru sebagai pihak yang aktif. Sementara para murid hanya diam mendengarkan. Bentuk pembelajaran seperti ini akhirnya bisa mengakibatkan rendahnya partisipasi para murid.
Ini bisa mengakibatkan para murid memiliki minat yang rendah dalam belajar, sehingga tingkat penyerapannya juga rendah. Pada akhirnya hal ini dapat membuat hasil belajar yang dicapai juga menjadi rendah.
Dengan mengajukan pertanyaan “Apakah ada kesulitan dalam memahami materi pembelajaran hari ini?”, para murid diharapkan bisa ikut lebih aktif bertanya. Jika ada yang tidak dimengerti, para guru bisa membantu memberikan penjelasan yang lebih jelas.
Sebagai tindakan reflektif, hal ini bisa dijadikan pemikiran dan pertimbangan bagi para guru agar bisa menemukan cara pembelajaran yang menarik. Penyampaian yang lebih komunikatif bagi para murid yang belajar.
Menanyakan pertanyaan seperti demikian akan membuka komunikasi dua arah antara guru dan murid. Diharapkan agar dari komunikasi terbuka seperti ini, guru dapat memahami kesulitan para murid dan dapat mencari cara untuk mempermudah murid menerima pelajaran.
Memang ada banyak hal yang harus dikembangkan oleh para murid dalam belajar, yaitu aspek kognitif, moral, sosial, nilai agama, dan bahasa. Mempertimbangkan semua aspek tersebut dalam mengajar memang tidak mudah.
Apalagi penerimaan setiap murid tentunya juga berbeda. Jadi para guru harus dapat menemukan cara umum yang paling dapat diterima dengan mudah oleh para muridnya. Sehingga apa yang diajarkan bisa terserap dengan baik.
Pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid mengidentifikasi situasi yang dapat mempengaruhi pembelajaran dan pengembangan dirinya adalah “Apakah ada kesulitan dalam memahami materi pembelajaran hari ini?”
Tujuan akhirnya adalah para murid bisa dengan mudah membangun komunikasi terbuka dengan para guru dan memiliki minat belajar yang bagus. Sehingga hasil yang didapatkan juga jadi membaik.
Sambil para guru melakukan refleksi agar dapat membuat perbaikan dan pengembangan demi terciptanya suasana belajar yang mendukung perkembangan para murid, bukan hanya sekedar satu arah tapi memiliki komunikasi yang baik untuk mendukung tujuan mandiri belajar.
Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Pertanyaan yang Paling Tepat Diajukan Untuk Membantu Murid Mengidentifikasi Situasi yang Dapat Mempengaruhi”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.