Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Imbauan Wajib dari Kemdikbud untuk Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Wajib Bersiap di Tanggal 19 September

Imbauan Wajib dari Kemdikbud untuk Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Wajib Bersiap di Tanggal 19 September


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Imbauan Wajib dari Kemdikbud untuk Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Wajib Bersiap di Tanggal 19 September.

Imbauan serta informasi penting yang di sampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi guru semua jenjang mulai dari SD, SMP, SMK, dan SMA harus bersiap di Tanggal 19 September.

Informasi penteing ini sesuai dengn Surat Edaran Kemdikbud Ristek nomor 1451/H4/SK.02.02/2022, yang diterbitkan pada tanggal 6 September 2022.

Surat edaran untuk guru SD, SMP, SMK & SMA ini membahas mengenai perpanjangan jadwal pengisian survei lingkungan belajar.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlewat! Kemdikbud Meminta Kepada Seluruh Guru Jenjang SD, SMP dan SMA Untuk Besiap Sebelum 19 September 2022

Dalam tersebut disampaikan bahwa dalam surat edaran sebelumnya berkeitan tentang pengisisan survey lingkungan belajar bagi pendidik dan kepala satuan Pendidikan paling terlambat adalah pada tanggal 31 Agustus 2022.

Namun ternyata, salama waktu tersebut Kemdikbud menilai bahwa pengisian survey lingkungan belajar ini oleh seluruh satuan Pendidikan belum dilaksanakan secara maksimal.

Padahal, apabila kita tahu bahwa pengisian survey lingkungan belajar ini sangat pentung terutama untuk pelapoaran dari kegiatan Asesmen Nasional (AN).

Baca Juga : Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya

Oleh sebab itu, Kemdikbud memberikan kesempatan kepada guru dari semua jenjang pendidikan baik itu SD/MI/, SMP, SMA, maupun SMK.

Guru dan Kepala Sekolah perlu tahu bahwa tujuan diadakannya survey ini yaitu untuk memotrek kualitas Pendidikan di Indonesia,apakah sudah seusai dengan yang diharapkan atau belum.

Baca Juga : Layanan Terbaru Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk Semua Info Digital Pendidik

Atas dasar ini Kemdikbud perlu bekerja sama dengan seluruh guru dan kepala sekolah setiap satuan Pendidikan di semua jenjang pendidiakn untuk dapat mengisi surey tersebut dengan baik dan sesuai dengan realitas.

Selain itu, bagi guru dari jenjang pendidikan tersebut yang belum mengisi instrument untuk melakukan pengisian mulai tanggal 19 September hingga tanggal 28 September 2022.

Kemdikbud berharap waktu yang diberikan kepada guru-guru bisa digunakan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga : SEGERA: UNDUH Kartu Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) dan Link Login PTK Sebelum Batas Waktu

Selanjutnya, Kemdikbud meminta kepada guru dari seluruh jenjang pendidikan untuk melakukan hal berikut:

  1. Tenaga pendidik dan kepala sekolah dimohon untuk melakukan pengecekan satuan pendidikan yang membuat survei lingkungan belajar melalui lamandashboardslb.kemdikbud.go.id.
  2. Tenaga pendidik dan kepala sekolah dimohon untuk memastikan Kepala Satuan Pendidikan dan guru telah mengisi survei lingkungan belajar.
  3. Tenaga pendidik dan kepala sekolah dimohon untuk menyampaikan kepada satuan pendidikan yang belum mengisi atau belum lengkap agar segera melakukan pengisian survei lingkungan belajar bagi kepala satuan pendidikan dan guru.
  4. Tenaga pendidik dan kepala sekolah dimohon untuk menginformasikan kepada operator satuan pendidikan untuk melakukan konfirmasi data bagi kepala sekolah dan guru yang tidak mengerjakan di laman dashboardslb.kemdikbud.go.id.

Empat arahan tersebut penting sekali untuk dilakukan oleh tenaga pendidik dan kepala sekolah di semua jenjang SD, SMP, SMK dan SMA untuk dapat melakukan survei lingkungan belajar.

Baca Juga : Ini 9 Dimensi Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) 2022 Yang Perlu Guru Ketahui

Baca Juga : 18 Kiat Guru, Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Informasi penting lainnya, silakan dibaca juga:

UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Baca Juga : Contoh Kurikulum Sekolah Penggerak Atau Kurikulum Merdeka Belajar

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat “Imbauan Wajib dari Kemdikbud untuk Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Wajib Bersiap di Tanggal 19 September, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.