Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Program Kemdikbud untuk Jadi Guru, Gratis dan Langsung Ditugaskan Setelah Lulus! Batas Hingga...

Daftar Program Kemdikbud untuk Jadi Guru, Gratis dan Langsung Ditugaskan Setelah Lulus! Batas Hingga...


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Daftar Program Kemdikbud untuk Jadi Guru, Gratis dan Langsung Ditugaskan Setelah Lulus! Batas Hingga...

Bagi lulusan yang ingin menjadi guru, ada program gratis dari Kemdikbud yang bernama PPG Prajabatan.

Kemdikbud melalui program PPG Prajabatan atau Pendidikan Profesi Guru Prajabatan akan memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang lulus selama perkuliahan.

Saat ini, program PPG Prajabatan masih membuka pendaftaran untuk gelombang 2 yang dibuka sejak 26 Agustus hingga 26 September 2022 mendatang.

Bagi para lulusan yang ingin daftar, segera pahami syarat, program studi, biaya pendaftaran hingga tahap seleksi sebelum pendaftaran PPG Prajabatan gelombang 2 ditutup.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya pendidikan selama menjadi mahasiswa akan ditanggung pemerintah alias gratis dalam bentuk beasiswa.

Beasiswa yang akan diberikan yakni sejumlah Rp17 juta rupiah untuk dua semester. Jadi, biaya pendidikan setiap semester adalah Rp8,5 juta.

2022 lalu dan akan ditutup pada tanggal 26 September 2022, tepatnya 7 hari lagi.

Baca Juga : Imbauan Wajib dari Kemdikbud untuk Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Wajib Bersiap di Tanggal 19 September

Sedangkan untuk biaya pendaftaran dan seleksi tahap I dan II adalah sebesar Rp200 ribu dan ditanggung oleh calon mahasiswa.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran.

Berdasarkan keterangan resmi dari laman Instagram @ppgkemdikbud, lulusan PPG Prajabatan nantinya akan langsung ditugaskan sebagai guru.

Penugasan disebar ke daerah-daerah yang kekurangan guru di mana tempatnya tidak selalu di daerah 3T.

Penempatan mahasiswa yang lulus program PPG Prajabatan diprioritaskan untuk memenuhi asal daerahnya masing-masing yang kekurangan guru.

PPG Prajabatan kali ini dibuka dengan kuota sebanyak 40.000 formasi dan bisa diisi oleh fresh graduate yang ingin menjadi guru jenjang TK, SD dan SMP.

Bagi fresh graduate yang ingin mendaftar, simak syarat calon mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2 tahun 2022 berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Tidak terdaftar sebagai guru/kepala sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik);
  3. Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada PD-Dikti atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;
  4. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol);
  5. Berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran;
  6. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan saat lapor diri);
  7. Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan saat lapor diri);
  8. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan saat lapor diri);
  9. Menandatangani pakta integritas;
  10. Mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

Sementara itu, program studi yang dibuka pada gelombang 2 adalah sebanyak 18 prodi. Ada penambahan satu prodi di mana pada gelombang 1, Kemdikbud hanya membuka 17 program studi. Berikut rincian prodi di gelombang 2:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Biologi
  4. Ekonomi
  5. Fisika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Kimia
  9. Matematika
  10. PGSD
  11. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  12. Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  13. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)
  14. Sejarah
  15. Geografi
  16. Sosiologi
  17. Bimbingan Konseling
  18. Seni Budaya

Selain mencermati program studi dan syarat daftar, calon mahasiswa juga perlu tahu tahap seleksi apa saja yang akan dilewati. Adapun rangkaian seleksi PPG Prajabatan yang terdiri dari tiga tahap adalah sebagai berikut:

Tahap I

Seleksi administrasi, yaitu untuk menyeleksi berkas dan persyaratan administrasi. Proses seleksi ini dilakukan secara daring/online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Tahap II

Tes substantif meliputi Tes Penguasaan Konten dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk.

Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Baca Juga : Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya

Tahap III

Tes wawancara untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa, yang dilaksanakan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting.

Tahapan seleksi bersifat sekuensial sehingga jika dinyatakan tidak lulus pada salah satu tahap, maka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika rincian di atas sudah dipahami, segera daftar sebelum ditutup. Demikian informasi ini semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ini 9 Dimensi Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) 2022 Yang Perlu Guru Ketahui

Baca Juga : 18 Kiat Guru, Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Informasi penting lainnya, silakan dibaca juga:

UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Daftar Program Kemdikbud untuk Jadi Guru, Gratis dan Langsung Ditugaskan Setelah Lulus! Batas Hingga..., silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.