Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting Untuk Guru Honorer! Cara Daftar PPPK 2022 Melalui SSCASN BKN, Siapkan Berkas dan Ikuti Tips Ini Agar Bisa lolos

Penting Untuk Guru Honorer! Cara Daftar PPPK 2022 Melalui SSCASN BKN, Siapkan Berkas dan Ikuti Tips Ini Agar Bisa lolos

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Penting Untuk Guru Honorer! Cara Daftar PPPK 2022 Melalui SSCASN BKN, Siapkan Berkas dan Ikuti Tips Ini Agar Bisa lolos

Seleksi PPPK 2022 akan segera dibuka dan untuk mendaftar PPPK para tenaga honorer hanya dapat mendaftar lewat akun SSCASN BKN. Sebelum memulai pendaftaran alangkah baikya calon pendaftar menyiapkan berkas atau dokumen pendukung agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Untuk soal seleksi PPPK 2022 sudah diserahkan oleh Sekjen Kemendikbud Ristek kepada Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN RB. Pihak yang akan tergabung dalam tim Panitia Seleksi Nasional ini terdiri dari Kementerian PANRB, BSSN, BPKP, BRIN, dan BKN.

Baca Juga : Guru Akan Dapatkan Bantuan Pemerintah Karena Kenaikan BBM, Cek Besaran Nominalnya serta Bulan Cairnya Disini!

Semua pihak tersebut akan ikut serta dan terlibat langsung dalam pengawasan dan pengamanan kegiatan penyusunan dan transfer naskah soal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022.

Hal tersebut menjadi kabar baik bagi tenaga honorer yang sudah menjadi prioritas dalam seleksi PPPK tahun 2022 ini seperti tenaga honorer baik guru maupun non guru dan juga honorer yang sudah memenuhi nilai ambang batas dalam proses seleksi PPPK tahun 2021.

Baca Juga : Resmi! Dokumen ini harus Disiapkan Non ASN Sebelum 30 September, untuk Pendataan Tenaga Honorer

Sebelum mendaftar PPPK 2022 maka calon peserta pendaftar harus mengetahui cara daftar serta dokumen yang perlu disiapkan. Berikut merupakan cara daftar PPPK 2022 melalui SSCASN BKN dan dokumen yang perlu untuk disiapkan yakni diantaranya:

Berikut merupakan cara daftar akun SSCASN BKN yakni:

1. Registrasi akun untuk melakukan pendaftaran.

Pertama, hal yang harus dilakukan untuk mendaftar PPPK 2022 yakni registrasi akun untuk melakukan pendaftaran. Registrasi akun tersebut dapat dilakukan secara online di website resmi pendaftaran PPPK terlebih dahulu melalui SCASN.BKN.go.id, sedangkan untuk PPPK akan diarahkan ke ssp3k.bkn.go.id

2. Login dari akun yang telah dibuat.

Baca Juga : Tahun 2022 Banyak Guru yang Pensiun, Kemdikbud Butuh Banyak Tendik Baru, Segini Angkanya!

Kedua, hal yang harus dilakukan untuk mendaftar PPPK 2022 yakni login menggunakan akun yang telah dibuat dengan cara mengakses formulir pendaftaran PPPK online pada situs resminya yakni ssp3k.bkn.go.id, Selanjutnya isi semua data pendaftaran dengan informasi sesungguhnya hingga selesai. Selain itu, unggah beberapa dokumen syarat PPPK 2022 dan apabila sudah selesai maka calon peserta dapat mencetak kartu pendaftaran PPPK 2022.

3. Hasil pengisian informasi yang sudah selesai, akan terkirim ke panitia.

Ketiga, hal yang harus dilakukan untuk mendaftar PPPK 2022 yakni setelah mencetak kartu pendaftaran PPPK 2022 maka calon peserta hanya menunggu hasil verifikasi saja, hingga pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut keluar dan hanya peserta PPPK 2022 yang lulus yang dapat mengikuti tes seleksi PPPK 2022.

Baca Juga : Kabar Baik! Kemdikbud untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Mulai Tanggal 1 September 2022

Berikut merupakan berkas ang harus disiapkan untuk melakukan pendaftaran PPPK 2022 diantaranya:

1. Hasil scan Pas Foto latar belakang merah maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg.

2. Hasil scan Swafoto maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg. Selain itu foto harus jelas, tidak blur dan tidak miring.

3. Hasil scan KTP maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg.

4. Hasil scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb dengan format pdf.

5. Hasil scan Ijazah dan Serdik/STR maksimal 800 Kb dengan format pdf

6. Hasil scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb dengan format pdf.

7. Hasil scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb dengan format pdf

Baca Juga : Resmi! Guru Jenjang PAUD, TK, SD, SMP, & SMA Wajib Tahu! 4 Ubahan Penting di RUU Sisdiknas

Di sisi lain, selain menyiapkan berbagai dokumen maka agar lolos seleksi PPPK ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Berikut merupakan tips agar dapat lolos seleksi PPPK 2022 yakni diantaranya:

1. Persiapkan diri sedini mungkin

Tips pertama agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 maka hal yang harus dilakukan yakni persiapkan diri sedini mungkin sebelum mengikuti seleksi PPPK.

2. Mengetahui tahapan seleksi

Tips kedua agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 maka hal yang harus dilakukan yakni agar proses belajar lebih efektif maka sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu terkait tahapan-tahapan seleksi

Baca Juga : Selamat! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022, Langsung Penempatan!

3. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Tips ketiga agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 maka hal yang harus dilakukan yakni menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar. Hal tersebut sangat penting karena apabila calon pendaftar tidak menyiapkan dokumen secara lengkap maka hal tersebut dapat membuat calon pendaftar didiskualifikasi.

Kelengkapan dokumen merupakan hal yang wajib dipenuhi dalam seleksi awal administrasi. Sehingga hal yang harus dilakukan yakni dengan mengecek dan melengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan dan pastikan bahwa dokumen tersebut sudah memenuhi persyaratan.

4. Pilihlah formasi yang sepi peminat.

Tips keempat agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 maka hal yang harus dilakukan yakni pilih formasi yang sepi peminat akan tetapi juga harus sesuai dengan kualifikasi pendidikan.

Formasi yang sepi peminat tersebut biasanya berada pada daerah jauh dari tempat keramaian. Usahakan hindari memilih tempat yang ramai seperti perkotaan, dekat perkantoran atau kecamatan. Sehingga apabila dalam formasi yang diikuti hanya ada 1 orang maka dapat dipastikan nilai cukup saja sudah dapat lolos di SKD dan dapat mengejar nilai di SKB.

Baca Juga : Kabar Baik! Kemdikbud untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Mulai Tanggal 1 September 2022

5. Teliti saat isi formulir

Tips kelima agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni anda selaku pelamar dapat mencetak langsung hasil pendaftaran setelah mengisi formulir secara online. Akan tetapi jangan terlalu tergesa-gesa untuk mencetaknya sehingga sebelum dicetak, periksa kembali dan pastikan bahwa formulir sudah diisi secara lengkap dan data yang dimasukkan sudah benar.

6. Mengenali materi dan tipe ujian

Tips keenam agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni dengan mengenali materi dan tipe ujian karena sebagian besar orang yang gagal mengikuti tes PPPK adalah karena mereka tidak memiliki cukup persiapan. Sebaiknya kenali materi dan tipe ujian secara garis besar.

7. Ikut bimbel

Tips ketujuh agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni belajar secara mandiri dan mengikuti bimbingan belajar khusus seleksi PPPK untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, anda juga akan dibimbing oleh orang-orang berpengalaman dalam menghadapi soal PPPK. Dengan mengikuti bimbel, anda dapat melihat tolak ukur peserta dan kemampuan anda sendiri.

Baca Juga : Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya

8. Belajar soal-soal CPNS

Tips kedelapan agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni belajar soal-soal PPPK karena dengan latihan maka anda akan terbiasa mengerjakan soal-soal pada saat tes PPPK. Hal tersebut akan membantu anda untuk dapat memahami soal dengan cepat untuk kelancaran mengerjakan tes.

9. Jaga kesehatan

Tips kesembilan agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni dengan menjaga kesehatan. Karena apabila anda sehat akan dapat melakukan aktivitas dengan baik dan optimal.

10. Berdoa dan Optimis

Tips kesepuluh agar honorer dapat lolos mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni dengan berdoa dan optimis. Berpikirlah dengan jernih dan optimis bahwa apa yang anda dambakan selama ini dapat terwujud, termasuk lulus PPPK. Selain itu anda juga harus berdoa kepada Tuhan untuk diberikan jalan

Baca Juga : Kata BKN, Tenaga Honorer Dihapus Untuk Membenahi Sistem Kepegawaian 

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Penting Untuk Guru Honorer! Cara Daftar PPPK 2022 Melalui SSCASN BKN, Siapkan Berkas dan Ikuti Tips Ini Agar Bisa lolos, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.