Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Merdeka

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Contoh Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Contoh Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini merupakan hasil dari praktik baik Sekolah yang menerapkan program sekolah penggerak. Orientasi kurikulum yang mengacu pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menjadikan setiap satuan pendidikan memiliki tanggung jawab besar untuk melaksanakannya.



Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Sebagaimana yang dijelaskan dalam dokumen Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No. 008/H/KR/2022 yang mengatur tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, DIKDAS, dan Jenjang Pendidikan Menengan pada Kurikulum Merdeka bahwa Pembelajaran di PAUD merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan seluruh aspek perkembangan anak dengan menekankan pada kesejahteraannya. 

Adapun tujuan dari capaian pembelajaran di PAUD yakni memberikan arah yang relevan dengan usia perkembangan anak. Yakni pada semua aspek perkembangan anak (yang meliputi: nilai agama-moral, fisik motorik, emosi-sosial, bahasa, serta kognitif). Kemudian. juga menarasikan kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai anak pada akhir PAUD agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

Rumusan Capaian Pembelajaran PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)

Elemen Capaian Pembelajaran
  1. Nilai Agama dan Budi Pekerti
  2. Jati Diri
  3. Dasar-dasar: Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Setiap Fase
  1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD/ MI/ Program Paket A)
  2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD/ MI/ Program Paket A)
  3. Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD/ MI/ Program Paket A)  
  4. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP/ MTs/ Program Paket B) 
  5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/ MA/ Program Paket C) 
  6. Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/ MA/ Paket C)
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
  1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD/ MI/ Program Paket A)
  2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD/ MI/ Program Paket A)
  3. Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD/ MI/ Program Paket A)  
  4. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP/ MTs/ Program Paket B) 
  5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/ MA/ Program Paket C) 
  6. Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/ MA/ Paket C)

Selengkapnya, mengenai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No. 008/H/KR/2022 yang mengatur tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, DIKDAS, dan Jenjang Pendidikan Menengan pada Kurikulum Merdeka dapat diunduh pada File PDF Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No. 008/H/KR/2022.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: File pdf: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, DIKDAS, dan Jenjang Pendidikan Menengan pada Kurikulum Merdeka, UNDUH JUGA DI: CAPAIAN PEMBELAJARAN SEMUA JENJANG PENDIDIKAN.

Capaian Pembelajaran (CP)  pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Sesuai dengan Keputusan KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN
KEMDIKBUDRISTEK NOMOR 008/H/KR/2022 TENTANG CP: CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD), JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA:




Contoh capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Contoh Berikut telah dipresentasikan dalam Parade Inovasi Guru Jatim pada program Parade Inovasi SLCC Jatim oleh Ibu Ellya, Kepala Sekolah Penggerak: SDN Pandian I Sumenep.

PILIHAN ALUR PEMBELAJARAN

SEKOLAH PENGGERAK SDN PANDIAN I SUMENEP                                  

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FASE/KELAS           : B/4-A

MATA PELAJARAN            : PPKn

SEMESTER               : 1

 

ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

MINGGU

KETERANGAN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

Unit 1

( Pancasila)

 

Pancasila Sebagai

Nilai Kehidupan

4.1 Peserta didik memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

2 jp

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21-7-21

4.2Peserta didik memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi negara .

2 jp

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24-7-21

4.3Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

2 jp

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28-7-21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unit 2

(UUD Negara RI Tahun 1945

 

 

Konstitusi dan Norma di Masyarakat

4.4Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya.

 

2 jp

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31-7-21

4.5Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya.

2 jp

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4-8-21

4.6Peserta didik dapat mengidentifikasi hak

      dan kewajibannya sebagai peserta didik.

2 jp

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7-8-21

4.7Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.8Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis

2 jp

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14-8-21

4.9Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

MINGGU

KETERANGAN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

 

4.10Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya.

2 jp

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18-8-21

 

ASESMEN SUMATIF 1

2jp

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21-8-21

Unit 3

Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan

4.11Peserta didik dapat mengenal dan

        mendalami keragaman budaya di

       lingkungan sekitar.

2 jp

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25-8-21

4.12Peserta didik dapat menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya.

2 jp

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28-8-21

4.13Peserta didik dapat memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1-9-21

4.15Peserta didik dapat menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4-9-21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unit 4

NKRI

 

 

 

 

 

Negaraku

Indonesia

4.1 Peserta didik dapat menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4 Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8-9-21

11-9-21

4.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15-9-21

4.3 Peserta didik dapat menganalisis arti penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18-9-21

4.4 Peserta didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku yang menjaga lingkungan sekitar dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22-9-21

4.5 Peserta didik dapat memberi contoh sikap dan perilaku yang merusak lingkungan sekitar serta membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25-9-21

4.6 Peserta didik dapat menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia.

4 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

29-9-21

2-10-21

 

 

ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

MINGGU

KETERANGAN

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

Unit 5

Pancasila

4.7 Peserta didik dapat membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6-10-21

 

4.8 Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksana an gotong  royong untuk mencapai tujuan bersama.

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9-10-21

 

4.9 Peserta didik dapat mengidentifikasi kebutuhan baik secara individual maupun kolektif.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13-10-21

 

4.10  Peserta didik dapat memberikan contoh kebutuhan baik secara individual maupun kolektif.

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16-10-21

 

4.11 Peserta didik dapat mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

2 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

23-10-21

 

4.12 Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif dalam mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

27-10-21

 

4.13 Peserta didik dapat menganalisis hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

30-10-21

 

 

3-11-21

 

SUMATIF 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

6-11-21

 

PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8/27- 11-2021

 

SAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2/30-11-2021

1/4-12-2021

 

PROSES PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5/10-12-2021

 

 Panduan Projek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila

(Fase B/Kelas 4 ) Tema Kearifan Lokal

SDN Pandian I Sumenep

 

Tahapan dalam projek “Aku Suka Makanan Khas Sumenep”

 

Tahap Pengenalan mencardata awal dan mengenalkan makanan tradisional.

1.

Camilan

kesukaanku.

2.

Eksplorasi isu

3.

Membandingkan

Camilan kesukaan dengan camilan  tradisional.

 

 

Tahap Kontekstualisasi : mengkonteksualisasi masalah di sekitar lingkungan.

4.

5.

6.

7.

8.

Refleksi awal

Cerita          tentang

Membuat

Mengembangkan

Wawancara

 

Makanan camilan

perencanaan.

keterampilan

narasumber

 

tradisional.

 

dasar

 

Tahap Aksi : berkolaborasi untuk menciptakan aksi nyata terkait permasalahan yang terjadi.

9.

10.

11.

12.

13.

Membuat        draft

Finalisasi poster

Membuat  camilan

Membuat      draft

Pertemuan

poster

 

tradisional

presentasi

mencoba rasa

14.

15.

 

 

 

Simulasi      festival

Festival    makanan camilan

 

 

 

Makanan camilan

Camilan tradisional.

 

 

 

tradisional.

 

 

 

 

Tahap Refleksdan Tindak Lanjut : melakukan refleksi dan memikirkan tindak lanjut atas projek

yang sudah dilakukan.

16.

 

 

 

 

Refleksi dan tindak

lanjut

 

 

 

 

 

 

Dimensi, Elemen dan SubelemeProfil Pelajar Pancasila

 

Dimensi Profil

Elemen

Subelemen Profil

Target Pencapaian di akhir

Fase A

Aktivitas

Pelajar

Profil

Pelajar Pancasila

terkait

Pancasila

Pelajar

 

 

 

Pancasila

 

 

Kemandirian

Pemahaman

Mengenal

kualitas

Mengidentifikasi

dan

11, 12

diri        dan

da minat

diri  serta

menggambarkan

kemampuan,

situasi

tantangan

yang

prestasi,    dan

ketertarikannya

 

dihadapi.

 

secara subjektif.

 

 

Mengembangkan

Melakukan      refleksi      untuk

4, 16

 

refleksi diri.

mengidentifikasi  kekuata dan

kelemahan serta prestasi dirinya.

Regulasi

Percaya diri, resilien

Berani   mencoba   dan   adaptif

7, 14,15

diri

(memiliki          daya

menghadapi  situasi  bar serta

 

tahan)   dan   adaptif

mengerjaka tugas-tuga yang

 

(dapat menyesuaikan

disepakati hingga tuntas.

 

diri                 dengan

 

 

lingkungan).

 


 

Dimensi Profil

Pelajar

Pancasila

Elemen

Profil Pelajar Pancasila

Subelemen Profil

Pelajar Pancasila

Target Pencapaian di akhir

Fase A

Aktivitas

terkait

Gotong Royong

Kolaborasi

Kerjasama

Menerima   dan   melaksanakan

1,9,10,

tugas serta peran yang diberikan

kelompok       dalam       sebuah

kegiatan bersama.

Kepedulian

Tanggap      terhadap

Peka dan mengapresiasi orang-

2,3,5,6,8

situasi sosial

orang   di   lingkungan   sekitar,

 

kemudia melakuka tindakan

sederhana untuk melakukannya.

Berbagi

Berbagi

Memberi   dan   menerima   hal

13, 15

yang   dianggap   berharga   dan

penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

Berkebinekaan

Mengenal

Mendalami    budaya

Mengidentifikasi                  dan

3,8,11,15

Global

dan

dan identitas budaya

mendeskripsikan ide-ide tentang

 

menghargai

 

diriny da beberapa  macam

 

budaya

 

kelompok di lingkungan sekitar.

 

Berkeadilan

Berpartisipasi  dalam

Mengidentifikasi pilihan-pilihan

6,9,10

 

sosial

proses     pegambilan

berdasarka kebutuhan  dirinya

 

 

keputusan bersama.

dan orang lain ketika membuat

keputusan.

 

(Referensi) Perkembangan Sub-elemen antar fase 

Kemandirian

 

Sub-elemen

Belum

berkembang

Mulai

berkembang

Berkembang

sesuai harapan

Sangat

berkembang

Mengenali

Mengidentifikasi

Mengidentifikasi

Mengidentifikasi

Mengidentifikasi

kualitas dan minat

kemampuan      dan

kemampuan      dan

dan

kemampuan,

diri                serta

minat diri.

minat    diri    serta

menggambarkan

prestasi, dan

tantangan      yang

 

menerima keunikan

kemampuan,

ketertarikannya

dihadapi.

 

diri.

prestasi,            dan

serta tantangan

 

 

 

ketertarikannya

yang dihadapi

 

 

 

secara subjektif.

berdasarkan

 

 

 

 

kejadian-kejadian

 

 

 

 

yang dialaminya

 

 

 

 

dalam kehidupan

 

 

 

 

sehari-hari.

Mengembangkan

Memerlukan

Mengetahui

Melakukan refleksi

Melakukarefleksi

refleksi diri

bantuan          orang

kelebihan         atau

untuk

untuk

 

dewasa          dalam

kelemahan diri.

mengidentifikasi

mengidentifikasi

 

mengidentifikasi