Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022, Langsung Penempatan!

Selamat! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022, Langsung Penempatan!


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Selamat! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022, Langsung Penempatan!.

Lika-liku guru honorer untuk menjadi ASN lewat PPPK 2022 kini mulai menemui titik terang.

Melalui keterangan resmi, Kementerian PANRB telah merilis jadwal pelaksaan PPPK 2022. Direncanakan pendaftaran PPPK 2022 akan dibuka pada minggu ketiga dan keempat di bulan September mendatang.

Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi ini, guru honorer juga harus tahu bagaimana skema pengangkatan menjadi ASN

Baca Juga : Download Jurnal / Agenda Kelas 1 2 3 4 5 6 Lengkap Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka

Pasalnya, ada kategori guru honorer yang tidak perlu tes untuk mengikuti seleksi PPPK 2022 bahkan langsung penempatan!

Ketentuan ini diberikan untuk kategori guru honorer yang memiliki poin plus dengan mengikuti program Kemdikbud sebelumnya.

Kategori guru honorer yang nanti menjadi pelamar dalam PPPK 2022 terbagi menjadi empat golongan yakni pelamar prioritas 1, 2, 3 dan pelamar umum atau prioritas 4.

Lantas, bagaimana skema pengangkatan guru honorer ini dan siapa saja guru honorer yang tergolong pelamar prioritas 1, 2, 3, dan 4? Berikut penjelasannya:

1. Pelamar Prioritas 1

Guru honorer atau non ASN yang masuk kategori ini adalah guru THK II, guru negeri dan guru swasta yang lulus passing grade pada 2021 namun belum mendapat formasi.

Baca Juga : SEGERA: UNDUH Kartu Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) dan Link Login PTK Sebelum Batas Waktu

Selain itu, guru lulusan PPG yang sudah lulus passing grade dan belum mendapat formasi di PPPK 2021 juga akan menjadi pelamar prioritas 1.

Ketika pendaftaran dibuka, guru prioritas 1 akan langsung ditempatkan. Kategori prioritas 1 dapat segera login ke akun SSCASN dan melakukan konfirmasi.

Penempatan guru prioritas 1 berdasarkan data dapodik. Jika masih ada formasi yang belum terpenuhi oleh prioritas 1, maka akan dilanjutkan ke prioritas 2 dan 3.

2. Pelamar Prioritas 2

Kategori guru yang masuk pelamar prioritas 2 adalah guru THK-II yang belum ikut seleksi PPPK 2021 dan guru TKH-II yang belum lulus passing grade pada 2021.

Mekanisme seleksi yang akan dilalui prioritas 2 yaitu seleksi administrasi berkas dan verifikasi. Proses seleksi dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek.

Baca Juga : Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Terintegrasi Dapodik untuk SD, SMP, SMA Sederajat

3. Pelamar Prioritas 3

Untuk kategori ini diisi oleh guru non ASN negeri yang belum ikut seleksi PPPK 2021 dan telah terdaftar di dapodik lebih dari tiga tahun.

Guru non ASN negeri yang belum lulus passing grade pada PPPK 2021 juga masuk kategori prioritas 3.

Mekanisme seleksi yang akan dilalui prioritas 3 yaitu seleksi administrasi berkas dan verifikasi. Proses seleksi dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek. Hal ini dapat dilakukan jika formasi belum terpenuhi oleh prioritas 2.

Baca Juga : Silabus atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Merdeka Lengkap Jenjang SD/ MI Tahun 2022

4. Pelamar Umum atau Prioritas 4

Jika masih ada formasi, pelamar prioritas 4 akan di seleksi melalui tes CAT UTBK. Adapun pelamar prioritas 4 adalah guru honorer sekolah negeri yang masa kerjanya di bawah tiga tahun, lulusan PPG dan guru swasta.

Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa guru honorer yang masuk dalam prioritas 1, 2, dan 3 tidak perlu tes untuk seleksi PPPK 2022. Sementara prioritas 4 akan mengikuti seleksi tes CAT UTBK.

Baca Juga : 3 Komponen Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Selamat! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022, Langsung Penempatan!, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.