Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap-Siap! Naskah Soal PPPK 2022 Sudah Rampung, Tahapan Seleksi Sebentar Lagi Dimulai? Simak Informasi Berikut


Siap-Siap! Naskah Soal PPPK 2022 Sudah Rampung, Tahapan Seleksi Sebentar Lagi Dimulai? Simak Informasi Berikut

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Siap-Siap! Naskah Soal PPPK 2022 Sudah Rampung, Tahapan Seleksi Sebentar Lagi Dimulai? Simak Informasi Berikut.

Langkah untuk pengadaan PPPK 2022 telah menemui titik terangnya.

Panselnas Pengadaan ASN 2022 diketahui telah menerima naskah soal seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara untuk ASN PPPK 2022.

Selain itu, di waktu yang bersamaan juga dilakukan penyerahan naskah soal seleksi kompetensi teknis jabatan dosen.

Baca Juga : Info Terbaru : Resmi dari Kemdikbud, Ini Syarat untuk Daftar PPG Prajabatan Gelombang 2

Serah terima naskah soal seleksi PPPK 2022 ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti kepada Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni.

Proses serah terima dilakukan secara simbolis acara yang berlangsung di Jakarta pada 29 Agustus 2022.

Alex sebagai perwakilan Panselnas menyatakan keterbukaan Panselnas terhadap masukan untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan dalam proses transformasi SDM aparatur negara.

Baca Juga : Kabar Gembira! Resmi dari Kemdikbud untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Mulai Tanggal 1 September 2022, Cek Disini!

“Panselnas terbuka terhadap berbagai masukan agar transformasi (SDM aparatur) ini tidak dicederai oleh kejadian yang tidak diharapkan,” ujar Alex, dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman PANRB.

Dengan ini, Panselnas menyatakan berkomtemplasi demi kepentingan perbaikan pengadaan ASN, termasuk PPPK 2022, dan transformasi SDM aparatur secara menyeluruh.

Naskah soal yang telah diserahkan tersebut akan digunakan dalam seleksi PPPK 2022 yang tampaknya akan segera dilaksanakan.

Dalam tahap seleksi tersebut, Panselnas akan menilai kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan calon pelamar. 

Baca Juga : Cek Jadwal Seleksi PPPK 2022 oleh PANRB, Kapan Pendaftaran Dibuka untuk CASN? Di Bulan Ini

Adapun kesesuaian kompetensi yang akan dinilai adalah Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural.

Untuk menjaga keamanan data dan menghindari kebocoran data, naskah soal diserahkan dalam bentuk naskah digital yang terenkripsi.

Hal tersebut juga dilakukan untuk transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam setiap tahapan seleksi yang dijalankan.

Dengan diserahkannya naskah soal seleksi, Panselnas diharapkan dapat menjaga keamanan dan kerahasiaan soal sejak ditransfer dari server Kemendikbudristek ke server BKN.

Baca Juga : Kata BKN, Tenaga Honorer Dihapus Untuk Membenahi Sistem Kepegawaian 

Hingga saatnya nanti digunakan dalam proses seleksi PPPK 2022, kerahasiaan dan keamanan dokumen tersebut diharapkan tetap dijaga dengan penuh tanggung jawab.

“Mari kita kawal, kelola serta manfaatkan dengan baik dan bertanggung jawab agar seluruh proses seleksi bisa berjalan dengan lancar,” kata Alex.

Naskah soal seleksi PPPK 2022 disusun berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh terhadap seleksi tahun sebelumnya. Evaluasi mencakup tingkat kesulitan hingga distribusi aneka dimensi.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan bahwa soal yang disusun dikonstruksi secara lebih baik untuk penjaminan mutu.

Baca : Kemenag Terbitkan SE untuk Seluruh PNS dan PPPK, Wajib Baca!

Berbicara mengenai mutu, Suharti menekankan bahwa Kemendikbudristek ingin memastikan pendidikan formal dan nonformal di Indonesia dilakukan secara berkualitas dan penuh tanggung jawab.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memastikan tenaga pendidik yang direkrut merupakan SDM unggul yang dapat bertanggung jawab secara profesional dan moril.

Tentunya, kompetensi yang mumpuni pun sangat diperlukan dalam hal ini.

“Semoga apa yang sudah disiapkan ini bisa membantu berkontribusi lebih baik lagi dalam penyiapan SDM di Indonesia. Kita semua berharap ASN di Indonesia tidak hanya menjadi pegawai negara, tetapi juga mampu menjadi agen pembaharu dan corong dari pemerintah,” ucap Suharti.

Baca Juga : 2 Kabar Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3, Ada Sinkronisasi Data Sebelum 31 Agustus 2022. Cek di Sini...

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Siap-Siap! Naskah Soal PPPK 2022 Sudah Rampung, Tahapan Seleksi Sebentar Lagi Dimulai? Simak Informasi Berikut, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.