Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme)


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentangDownload Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme).

Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme). Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme) ini merupakan contoh rapor kurikulum merdeka kelas 1 dan 4 atau yang sudah melaksanakan di kelas 2 dan 5. Fase A dan Fase B.

Download Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme)


Nah, pada tahun ajaran baru ini, yakni tahun ajaran 2022-2023, satuan pendidikan yang menerapkan kurikulum merdeka dapat mempelajari dokumen kurikulum merdeka, panduan IKM, panduan P5, Jadwal Pelajaran, Prota dan Promes, ATP serta administrasi lainnya terkait kurikulum merdeka.

Bagaimana Mekanisme Kenaikan Kelas Siswa?

Satuan pendidikan ata sekolah memiliki keleluasaan atau kemerdekaan dalam menentukan kriteria kenaikan kelas bagi siswa dalam kurikulum merdeka. Apa yang perlu dipertimbangkan? Hal yang perlu dipertimbangkan adalah laporan kemajuan belajar siswa. Mengapa? Sebab, laporan perkembangan ini merupakan cerminan pencapaian peserta didik atau siswa pada semua mata pelajaran. Termasuk pada aktivitas ekstrakurikuler, atau juga prestasi lainnya dalam satu tahun pelajaran.

Nah, untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa atau peserta didik, maka yang menjadi dasar utama dalam penentuan kenaikan kelas adalah penilaian sumatif. Penilaian pencapaian hasil belajar siswa atau peserta didik ini harus memperhatikan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).

Baca Juga : LENGKAP: Download Silabus atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka Jenjang SMP/ Mts Tahun 2022

Pembelajaran terdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.

Penggunaan fase dalam Capaian Pembelajaran (CP) adalah salah satu alasan mengapa peserta didik dapat terus naik kelas. Sebab, jika dinilai belum sepenuhnya mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam CP: Capaian Pembelajaran di fase siswa berada, maka pada fase selanjtunya diharapkan dapat berjalan sebagaiumana mestinya dengan menuntaskan target komptensinya.


Pelaporan Hasil Belajar Siswa

Pelaporan hasil asesmen siswa atau yang biasa dikenal dengan rapor siswa merupakan kemajuan belajar siswa. Laporan hasil belajar ini memuat informasi tentang pencapaian hasil belajar siswa tau peserta didik. 

Satuan pendidikan atau sekolah seharusnya melaporkan hasil belajar dalam bentuk rapor. Rapor itu sendiri cukup sederhana, informatif sesuai dengan ketentuan dan dapat menggambarkan kompetensi yang dicapai siswa.

Baca Juga : UNDUH DOKUMEN Kurikulum Merdeka Lengkap Disini!

Sebagaimana diuraikan pada prinsip asesmen di atas, laporan hasil belajar hendaknya bersifat sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, satuan pendidikan dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran.


Struktur atau Kerangka Rapor Kurikulum Merdeka

Rapor peserta didik PAUD minimal meliputi komponen:

  1. Identitas peserta Didik
  2. Nama satuan pendidikan
  3. Kelompok usia
  4. Semester
  5. perkembangan dan pertumbuhan anak
  6. Deskripsi perkembangan capaian pembelajaran
  7. Refleksi orang tua.

Komponen rapor peserta didik SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK minimal memuat informasi penting mengenai:

  1. Identitas peserta didik
  2. Nama satuan pendidikan
  3. Kelas
  4. Semester
  5. Mata pelajaran
  6. Nilai
  7. Deskripsi
  8. Catatan guru
  9. Presensi
  10. Kegiatan ekstrakurikuler.

Baca Juga : Jangan Bingung, Berikut Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri

Contoh Format Rapor Peserta Didik Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA

Adapun Contoh Format Rapor Peserta Didik Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA dapat diunduh dengan menekan tombol download di bawah ini. 👇


Berikut ini: Kumpulan Link Dokumen Administrasi Guru dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka 2022

Caranya? Tinggal Klik Tulisan Berwarna Biru di bawah ini.

Unduh File Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 

UNDUH KOSP SD >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMP >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMA/ SMK >>> UNDUH KE SINI


ATP Kurikulum Merdeka Jenjang SD/ MI >>>> UNDUH File

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Download Rapor Penilaian Hasil Belajar Siswa SD, SMP. SMA Kurikulum Merdeka (Struktur dan Mekanisme), silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.