Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya

Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya.

Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya. Apakah bapak ibu guru semua sudah memahami cara Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya?

Nah, pada kesempatan ini admin aleepenaku akan berbagi tentang Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya. Terutam pada lembaga satuan pendidikan atau sekolah di bawah naungan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Baca Juga : Download Jurnal / Agenda Kelas 1 2 3 4 5 6 Lengkap Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka

Apa itu Survei Lingkungan Belajar?

Survei Lingkungan Belajar merupakan instrumen berupa survey yang ditujukan kepada kepala sekolah dan guru guna mengetahui secara komprehensif profil sekolah. Yakni dimulai dari input - proses - lalu output. Mengapa guru dan KS melakukan pengisian Sulingjar ini? Sebab, Kepala Sekolah dan Guru merupakan pelaksanan proses pendidikan di sekolah. Sehingga, apa yang diisikan merupakan kondisi nyata yang terjadi dan dialami oleh KS dan guru. Maka, pengisian SLB ini harus jujur untuk mengetahui profil sekolah

Apa Tujuan Survei Lingkungan Belajar?

Adapun tujuan dari Survei Lingkungan Belajar  adalah untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat sekolah atau satuan pendidikan. Dengan demikian,  hasil asesmen nasional secara komprehensif dapat memberikan profil satuan pendidikan atau sekolah  dari input-proses-output secara nyata.

Setiap respon yang diberikan oleh kepala sekolah dan ibu bapak guru diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan atau sekolah yang sesungguhnya. Sehingga Sulingjar ini merupakan atau dapat menjadi informasi reflektif. 

Baca Juga : Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Terintegrasi Dapodik untuk SD, SMP, SMA Sederajat

Pada pengisian Sulingjar ini diharapkan karakter; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar. Sebab. isian pada Sulingjar akan menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan atau sekolah tersebut.

Bagaiamana Prosedur Pengisian Survey Lingkungan Belajar

Sebagaimana yang dirilis dalam laman resmi Sulingjar: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login bahwa mekasnisme dan prosedur Survey Lingkungan Belajar adalah sebagai berikut.

  1. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis
  2. Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar
  3. Kartu login didapatkan dari proktor/ operator pada satuan pendidikan/ sekolah masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.
  4. Halaman dashboard Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/
  5. Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di setiap jenjang pendidikan.
  6. Jika KS atau Guru bertugas di lebih dari satu sekolah/ satuan pendidikan, pastikan untuk mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan
  7. Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional (AN) melalui proktor/operator satuan pendidikan/ sekolah.

Kata Kunci Penting ANBK

Juga banyak ditanyakan tentang informasi:

pos anbk 2022

pelaksanaan anbk 2022

pos anbk 2022 pdf

web anbk 2022

cara login anbk 2022

login anbk 2022

jadwal pelaksanaan anbk 2022

jadwal unbk smp 2022

password anbk 2022

pendataan anbk 2022

anbk 2022 adalah

anbk 2022 bulan apa

aplikasi anbk 2022

cara masuk ke anbk 2022

Baca Juga : 3 Komponen Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka

cara konfirmasi anbk 2022

cara verifikasi anbk 2022

cara verifikasi data anbk 2022

cara masuk anbk 2022

cara konfirmasi peserta didik anbk 2022

cara sinkron unbk 2022

cara login web anbk 2022

cara verval anbk 2022

download pos anbk 2022

download vhd anbk 2022

daftar anbk 2022

kapan utbk 2022 dilaksanakan

verifikasi data anbk 2022

username dan password anbk 2022

Baca Juga : Mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka dan Contoh Modul Ajar TK, SD, SMP dan SMA

Apakah sekolah juga sudah mempersiapkan dokumen administrasi ANBK-AKM, POS ANBK-AKM 2022, Pedoman ANBK-AKM 2022, Asesmen Diagnostik untuk AKM, Jadwal ANBK-AKM 2022 serta melakukan simulasi AKM-ANBK bagi peserta didik?. Tentu juga harus mempelajari Bentuk dan Soal AKM serta contoh Soal-soal AKM Literasi Numerasi.

Perhatikan pula dalam Peraturam Kepala Badan, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BKAP) Kemdikbudristek Nomor: 013/ H/ PG.00/ 2022 tentang POS Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022.

Asesmen Nasional

Dalam Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional, (POS AN) dijelaskan 3 instrumen:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM):
  2. Survei Karakter (SK)
  3. Survei Lingkungan Belajar (SLB) 

 

Jadwal Survey Lingkungan Belajar KS dan Guru

Perhatikan Jadwal Survey Lingkungan Belajar, berikut.

Sumber Tabel: POS ANBK

Sedangkan menurut Surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota / Kabupaten dari Kepala Badan, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BKAP) Kemdikbudristek Nomor: 3336/H.H4/SK.01.01/2022 pada tanggal 1 Agustus 2022 Hal : Pemberitahuan Pengisian Survei Lingkungan Belajar tahun 2022 maka, jadwal SLB sebagaimana tabel berikut.

Surat Kepala Badan, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BKAP) Kemdikbudristek Nomor: 3336/H.H4/SK.01.01/2022 UNDUH DI SINI.

 

Siapkan Data Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Data person yang perlu disiapkan: 

  1. NPSN
  2. Token
  3. NIK (sesuai pengisian data DAPODIK/EMIS)
  4. Tanggal Lahir, Tanggal, Bulan
  5.  

LINK Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru 

Bagi Kepala Sekolah dan Guru dapat mengisi Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru, KLIK Login di Bawah ini.

 

Sumber Gambar SS: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login

 
Baca Juga : Contoh Kurikulum Sekolah Penggerak Atau Kurikulum Merdeka Belajar

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Cara Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru beserta Prosedur dan Link Registrasinya, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.