Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Terbaru

Download Contoh Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Terbaru



Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Download Contoh Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Terbaru.

Bagi sekolah/satuan pendidikan yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka tentunya sudah dilengkapi dengan perangkat pembelajaran diantaranya yang utama adalah Progream Tahunan (PROTA) dan Progrma Semester (PROSEM). 

Sekedar informasi bahwa dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) yang semula kita mengenal PROMES pada Kurikulum Merdeka berubah menjadi PROSEM.

Berikut ini blogpendidikan.net akan berbagi tentang perangkat pembelajaran yaitu Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) pada Kurikulum Merdeka.


Pengertian Program Tahunan (PROTA)

Program adalah sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.

Program tahunan (PROTA) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.


Pengertian Program Semester (PROSEM)

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya.

Dalam program semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri.

Program semester (PROSEM) berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.

Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Contoh Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka, bisa Anda lihat pada tautan dibawah ini.


PROTA IKM

Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 1 >>> LIHAT DISINI
Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 2 >>> LIHAT DISINI
Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 3 >>> LIHAT DISINI
Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 4 >>> LIHAT DISINI
Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 5 >>> LIHAT DISINI
Program Tahunan (PROTA) Kurikulum Merdeka Kelas 6 >>> LIHAT DISINI

PROSEM IKM

Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 1 >>> LIHAT DISINI
Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 2 >>> LIHAT DISINI
Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 3 >>> LIHAT DISINI
Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 4 >>> LIHAT DISINI
Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 5 >>> LIHAT DISINI
Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Kelas 6 >>> LIHAT DISINI


Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Download Contoh Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROSEM) Kurikulum Merdeka Terbaru, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.