Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pengajaran Sesuai Dengan Tingkat Kemampuan Siswa Perfase Di Kurikulum Merdeka



Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Materi Pengajaran Sesuai Dengan Tingkat Kemampuan Siswa Perfase Di Kurikulum Merdeka.

Pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan adalah pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka, bukan pada pada tingkatan kelas.
Apa tujuan pengajaran ini?Sebagai bentuk implementasi filosofi ajar Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada peserta didik
Peserta didik lebih kuat kemampuan numerasi dan literasinya
Pengetahuan pada tiap mata pelajaran peserta didik juga lebih kuat
Bagaimana pengelompokan peserta didik?

Peserta didik dikelompokkan berdasarkan fase perkembangan.
Apa itu fase perkembangan?

Fase atau tingkatan perkembangan adalah capaian pembelajaran yang harus dicapai peserta didik. Setiap proses pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik, potensi, serta kebutuhan peserta didiknya.

Sekolah Reguler

Fase A: SD Kelas 1-2
Fase B: SD Kelas 3-4
Fase C: SD Kelas 5-6
Fase D: SMP Kelas 7-9
Fase E: SMA Kelas 10
Fase F: SMA Kelas 11-12
Sekolah Luar Biasa

Untuk SLB, capaian pembelajaran memakai acuan usia mental yang ditetapkan melalui asesmen.
Fase A: usia mental = 7 tahun
Fase B: usia mental +/- 8 tahun
Fase C: usia mental +/- 8 tahun
Fase D: usia mental +/- 9 tahun
Fase E: usia mental +/- 10 tahun
Fase F: usia mental +/- 10 tahun

Sinkronisasi Jenjang, Usia Mental, & Usia Kronologis

Fase A Jenjang / Kelas: SD (1-2)
Usia Kronologis: kurang dari 6-8 tahun
Usia Mental: kurang dari 7 tahun

Fase B Jenjang / Kelas: SD (3-4)
Usia Kronologis: 9-10 tahun
Usia Mental: +- 8 tahun

Fase C Jenjang / Kelas: SD (5-6)
Usia Kronologis: 11-12 tahun
Usia Mental: +- 8 tahun

Fase D Jenjang / Kelas: SMP (7-9)
Usia Kronologis: 13-15 tahun
Usia Mental: +- 9 tahun

Fase E Jenjang / Kelas: SMA (10)
Usia Kronologis: 16-17 tahun
Usia Mental: +- 10 tahun

Fase F Jenjang / Kelas: SMA (11-12)
Usia Kronologis: 17-23 tahun
Usia Mental: +- 10 tahun

Bagaimana menentukan kemajuan hasil belajar di metode ini?

Kemajuan hasil belajar peserta didik Anda dilakukan melalui evaluasi pembelajaran atau asesmen. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran akan mendapatkan pendampingan dari Anda agar tercapai capaian pembelajarannya.
Bagaimana tahapan metode pengajaran ini?
Asesmen Diagnostik

Peserta didik Anda akan melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, tahap pencapaian pembelajaran, dan hal mendasar lainnya.
PerencanaanPada tahap ini, Anda akan menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik.

Selain itu, Anda akan melakukan pengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan yang sama.

PembelajaranSelama proses pembelajaran, Anda akan mengadakan asesmen formatif secara berkala.

Sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran, di akhir proses pembelajaran, Anda akan melakukan asesmen sumatif. Asesmen ini juga akan memudahkan Anda untuk merancang projek berikutnya bagi peserta didik.

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Materi Pengajaran Sesuai Dengan Tingkat Kemampuan Siswa Perfase Di Kurikulum Merdeka, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.