Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran IPA IPS dan Informatika di Kurikulum Merdeka, Apa Yang Berbeda?

 

Pembelajaran IPA IPS dan Informatika di Kurikulum Merdeka, Apa Yang Berbeda?

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Pembelajaran IPA IPS dan Informatika di Kurikulum Merdeka, Apa Yang Berbeda?

Mengapa pelajaran IPA dan IPS dijadikan satu pada jenjang SD?

Mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan menjadi satu pada jenjang SD karena anak usia SD cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu. Selain itu, mereka masih dalam tahap berpikir konkret/sederhana, holistik, dan komprehensif, namun tidak detail. Penggabungan pelajaran IPA dan IPS ini diharapkan dapat memicu anak untuk dapat mengelola lingkungan alam dan
sosial dalam satu kesatuan.

Mengapa IPAS mulai diajarkan di kelas III?

IPAS mulai diajarkan di Fase B (kelas III) untuk menguatkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya, baik dari aspek alam maupun sosial.

Apakah pendekatan tematik masih digunakan?

Ya, pendekatan tematik tetap digunakan, namun tidak menjadi suatu kewajiban. Satuan pendidikan boleh menggunakan pendekatan lainnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

Mengapa di SD tidak ada mata pelajaran keterampilan?

Mata pelajaran keterampilan untuk peserta didik jenjang SD telah terwadahi melalui mata pelajaran Seni.

Apa yang berubah dengan Kurikulum Merdeka di SMP?

Mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib, sedangkan mata pelajaran Prakarya menjadi salah satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Teater).

Terima kasih sudah berkunjung ke Web Yok Guru TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Pembelajaran IPA IPS dan Informatika di Kurikulum Merdeka, Apa Yang Berbeda?, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.