Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOWNLOAD Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

DOWNLOAD Modul Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang DOWNLOAD Modul Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.

Tujuan, alur dan target pencapaian projek Dengan mengangkat tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Merancang Transportasi masa depan” ini bertujuan untuk membentuk peserta didik yang kreatif dan peka terhadap permasalahan transportasi di Indonesia.

Projek ini terdiri dari 12 aktivitas yang disusun secara integratif yang dimulai dari tahap perkenalan hingga proses evaluasi akhir. Aktivitas dibagi menjadi tiga paket yang masing-masing terdiri dari empat aktivitas utama, proses assessment di lakukan sebanyak tiga kali pada setiap akhir paket. Di setiap proses evaluasi dilakukan dengan model assestmen yang bervariasi disesuaikan dengan projek besar di setiap akhir paket.

Tahap pertama dimulai dengan Aktivitas 1 yang berisi perkenalan pada teknologi transportasi, proses ini dilakukan dengan mengesplorasi jenis dan bentuk transportasi lintas zaman. Aktivitas selanjutnya adalah pembuatan game sederhana berupa game kartu permainan suara kendaraan dan kunjungan lapangan untuk melihat berbagai model transportasi secara nyata. Akhir paket ini peserta didik akan membuat sebuah boardgame (game papan) yang berisikan trivia transportasi secara umum.

Paket ke dua berfokus pada perkembangan afektif dan bahasa peserta didik melalui aktifitas storytelling untuk meningkatkan kosa kata. Aktivitas selanjutnya adalah menggambar dan mewarnai berbagai macam kendaraan untuk meningkatkan jiwa seni peserta didik. Aktivitas menyanyikan lagu tentang kendaraan menjadi lanjutan aktivitas pada paket kedua dan ditutup dengan proses pembuatan cerita imajinasi yang sesuai dengan keadaan daerah tempat tinggal peserta didik.

Paket terakhir adalah lanjutan dari output paket kedua dengan memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas dan keanekaragaman permasalahan transportasi di Indonesia yang bervariasi berdasarkan kondisi geografis dan demografis. Aktivitas selanjutnya adalah proses desain transportasi pada sebuah kertas sebagai rancangan dari imajinasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah transportasi di Indonesia. Aktivitas terakhir adalah kegiatan merancang hasil desain tersebut dalam bentuk prototipe nyata yang terbuat dari kardus.

Urutan ketiga paket tersebut merupakan implementasi dari proses pembentukan pengetahuan (knowledge-building) pada paket pertama, dan dilanjutkan dengan pembentukan kesadaran (awareness) pada paket kedua. Sedangkan paket ketiga adalah perwujudan dari tahap aksi dan penyelidikan kritis (critical inquiry). Melalui projek ini peserta didik diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Bergotong royong dan bernalar kritis

Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat DOWNLOAD Modul Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.