Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Capaian Pembelajaran CP Semua Mata Pelajaran Untuk PAUD, SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, SMK Pada KURIKULUM MERDEKA


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Download Capaian Pembelajaran CP Untuk PAUD, SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, SMK Pada KURIKULUM MERDEKA.

Penyusunan Capaian Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini  (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dapat dimaknai sebagai sebuah tanggapan  terhadap adanya kebutuhan untuk menguatkan peran PAUD  (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) sebagai fondasi jenjang pendidikan dasar.  Capaian Pembelajaran merupakan masukan kurikulum yang  digunakan oleh satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dalam  merancang pembelajaran sehingga dapat mencapai STPPA. Capaian  Pembelajaran memberikan kerangka pembelajaran yang memandu  pendidik di satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dalam  memberikan stimulasi yang dibutuhkan oleh anak usia dini.  

Stimulasi dirancang dengan cara memperkaya lingkungan yang akan  menyuburkan interaksi anak dengan lingkungan di sekitar, termasuk  pendidik dan orangtua. Kurikulum berdasarkan pendekatan  konstruktivistik yang berasal dari teori Piaget dan Vygotsky juga  percaya bahwa pembelajaran perlu melibatkan anak dalam interaksi  aktif antara diri dan lingkungannya. Diharapkan proses stimulasi akan  memberikan dampak yang optimal pada peningkatan karakter, 

keterampilan, maupun pengetahuan anak. Stimulasi tersebut  dilakukan pada semua aspek perkembangan anak, baik dari aspek  moral dan agama, fisik motorik, emosi dan sosial, bahasa, dan kognitif  melalui kegiatan bermain. Peran guru dan orang tua pada stimulasi  anak usia dini selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu  guru dan orang tua berfungsi sebagai fasilitator, mentor, dan mitra  anak dalam proses perkembangannya. Selanjutnya guru perlu bekerja  sama dengan orang tua untuk memastikan keselarasan antara  pendidikan di satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dan di rumah  dalam keseharian anak.  

Secara umum, dapat dikatakan stimulasi bertujuan agar anak  bertumbuh kembang optimal secara holistik dan siap bersekolah.  Diharapkan mereka kelak membentuk pribadi yang dicita-citakan  dalam profil pelajar Pancasila, yaitu sebagai pelajar sepanjang hayat 

yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai  Pancasila. Proses membangun pengetahuan anak terjadi ketika ia  sedang bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya secara aktif.  Proses tersebut berupa desain lingkungan belajar yang sesuai dari  satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) serta tantangan dan  dukungan yang diberikan bagi tiap anak oleh pendidik untuk  memastikan anak memperoleh kemampuan-kemampuan baru.  

Bermain bagi anak usia dini adalah belajar, yang didukung dengan  masukan dari orang lain yang lebih berpengalaman di sekitarnya  (pendidik, orang tua/wali, saudara yang lebih tua, dan sebagainya).  Anak bertindak dari perilaku bermain dan model yang dicontohkan oleh  orang dewasa atau anak-anak yang lebih tua. Mereka mengajukan  pertanyaan untuk belajar lebih banyak, dan dapat dirangsang untuk  belajar lebih banyak melalui dukungan dari orang dewasa yang terlibat,  atau anak-anak yang lebih tua yang menanggapi minat anak,  menjelaskan berbagai hal, mengajari mereka kata-kata untuk berbicara  tentang apa yang mereka lakukan, dan mendorong anak untuk  mengeksplorasi lebih cermat, atau berpikir lebih dalam. 

Bermain secara  alami dan spontan yang berasal dari ide-ide anak merupakan kegiatan  belajar yang menyenangkan yang dengan dukungan yang tepat, akan  mengarah pada pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna bagi  anak tentang diri mereka dan dunianya. Melalui bermain, anak-anak 

menampilkan hal-hal yang ia ketahui tentang dunianya yang  memberikan kesempatan yang tepat bagi pendidik atau orang tua/wali,  untuk menstimulasi anak mengambil langkah berikutnya, atau  mencoba tantangan berikutnya agar mereka belajar lebih banyak.  

Stimulasi bermain yang berkualitas, yang selaras dengan minat anak  dan menantang secara tepat akan memberikan kesempatan kepada  anak untuk menunjukkan pengenalan tentang dirinya sebagai anak  Indonesia, dan mendemonstrasikan kemampuannya dalam  mengeksplorasi, memecahkan masalah, berpikir dan  mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Anak tersebut akan  memiliki kesadaran terhadap alam dan lingkungan, serta tumbuh dan  berkembang menjadi anak yang kreatif, bugar, sehat, serta dapat  berkomunikasi dan berekspresi dengan bahasa dan seni. 


Terima kasih sudah berkunjung ke Web TREND GURUApabila artikel ini bermanfaat Download Capaian Pembelajaran CP Untuk PAUD, SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, SMK Pada KURIKULUM MERDEKA , silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.