Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Semua Mata Pelajaran Di Kurikulum Merdeka
Kegiatan proyek penguatan merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran kegitan ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan menghayati materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler didalam kelas. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individual maupun kelompok. Ada beberapa bentuk kegiatan penguatan di SMP Model 6.
Pelaksanaan kegiatan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Model 6 dilaksanakan pada akhir semester. Peseta didik harus menyelesaikan 3 tema di tiap semester dengan alokasi waktu 4 minggu. Tema yang diambil mengacu pada Profil Pelajar Pancasila dan penentuan pemilihan tema.
ditentukan oleh guru pengampu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam penilaian. Pelaksanaan proyek tersebut adalah kolaborasi antara beberapa mata pelajaran namun dengan penilaian yang dan jenis proyek yang berbeda tiap mata pelajaran.
Alur /tahapan pelaksanaan proyek yang tiapa mata pelajaran adalah sebagai berikut: 1) Penentuan tema proyek Profil Pelajar Pancasila tiap mata pelajaran dilaksankan pada saat pembelajaran di kelas; 2) Tiap kelas menentukan tema yang akan dipilih dengan didampingi guru mata pelajaran masing-maisng kelas; 3) Guru mata pelajaran saling berkoordinasi untuk menetukan kolaborator yang sesuai; 4) Kelompok mata pelajaran kemudian mendesain proyek yang sesuai dengan tema yang dipilih; 5) Guru mata pelajaran kemudian merancang kisi-kisi, materi dan penilaian proyek beserta Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD).
Kegiatan proyek profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan mengacu pada model pembelajaran berbasis proyek (PJBL). Langkah Kegiatan pembelajaran berbasis proyek ini antara lain: 1) Mengambil topik yang sesuai denga realitas dengan mentukan pertanyaan mendasar untuk memulai proyek;
2) Mendesain pelaksaan proyek ;3) Menyusun jadwal proyek;4) memonitor peserta didik dan kemjuan proyek ;5) Menguji Hasil; 6) Mengevaluasi pengalaman yang sudah diperoleh oleh peserta didik.
Pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh guru mata pelajaran, pembina dan wali kelas dengan tetap melibatkan orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung. Pihak sekolah mengadakan pemantauan terkait kegiatan proyek tersebut.
Berikut adalah contoh Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dirancang SMP Model 6
|
No |
|
|
Tema |
|
|
Bentuk |
|
|
Sasaran |
|
|
Mapel |
|
|
Waktu |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan |
|
Nilai PPP |
|
|
Terintegrasi |
|
|
|
|
|||
1 |
|
|
Bangunlah |
|
Pameran |
|
|
Gotong |
|
PPKn, |
PJOK, |
|
Des M2,
M3 smt 1 |
||||||
|
|
|
|
jiwa
dan |
|
Karya |
|
|
|
Royong, |
|
Matematika, |
|
|
|
||||
|
|
|
|
raganya |
|
|
|
|
|
kreatif, |
|
Prakarya |
|
|
|
||||
2 |
|
|
Perubahan |
|
Penanaman |
|
|
Mandiri, |
|
IPS, |
IPA, |
|
Jun
M3, M4 |
||||||
|
|
|
|
Iklim
Global |
|
pohon, |
|
|
|
ktreatif, |
|
Pendidikan |
|
smt 1 |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Pengolahan |
|
|
gotong- |
|
Agama |
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
sampah, |
|
|
royong, |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
kebersihan |
|
|
beriman |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
drainase |
|
|
dan |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bertaqwa |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
Bhinneka |
|
Memfasilitasi |
|
Berkebhi |
|
PPKn, |
|
|
|
Mar M5 Smt 2 |
||||||
|
|
|
|
Tunggal Ika |
|
perayaan |
hari |
|
nekaan |
|
Pendidikan |
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
besar |
|
|
|
global |
|
Agama, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keagamaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
semua |
agama, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bakti sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
Cerlang Budaya |
|
wisata |
Edukasi |
|
Mandiri, |
|
Seni Budaya, |
|
Apr M5 Smt 2 |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
ke |
tempat- |
|
kreatif, |
|
Bahasa Inggris, |
|
Mei m4 Smr 2 |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
tempat |
yang |
|
kritis, |
|
Bahasa Jawa, |
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
menjadi |
|
|
kreatif |
|
Bahasa |
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
kekhsasan |
|
|
|
|
|
Indonesia. |
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
daerah, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kunjungan |
ke |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
home |
industry, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
menciptakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Terima kasih sudah berkunjung ke Web Yok Guru TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Contoh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Semua Mata Pelajaran Di Kurikulum Merdeka”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.