Contoh Muatan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat TREND GURU , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Contoh Muatan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak
Pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Model 6 dilaksanakan dalam dua macam bentuk kegiatan, yaitu pembelajaran regular dan blok. Pembelajaran regular adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas secara rutin sedangkan sistem blok dilaksanakan sesuai event tertentu.
Muatan kurikulum dalam satuan Pendidikan memuat beberapa komponen antara lain muatan pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler.
Intrakurikuler
Intrakurikuler adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang ditempuh peserta didik. Adapun mata pelajaran yang diselenggarakan oleh SMP Model 6 adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Informatika, Mapel Pilihan (Seni Budaya dan Prakarya) serta Mata Pelajaran muatan lokal (Bahasa Daerah).
Muatan lokal merupakan bahan kajian pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksud untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya. Muatan lokal di SMP Model 6 sesuai dengan peraturan Gubernur Bahasa daerah.
Strategi pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa sesuai dengan peraturan Gubernur Jawa Timur yaitu 2 jam pelajaran per minggu dengan berbasis pada budaya, tata nilai, dan kearifan lokal yang berkembang di lingkungan masyarakat untuk menciptakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa daerah di ajarkan dengan memperhatikan aspek pragmatik, atraktif, rekreatif, dan komunikatif.
Pembelajaran bahasa Jawa diarahkan supaya peserta didik memiliki kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulisan serta menumbuhkembangkan apresiasi terhadap hasil karya sastra dan budaya daerah.
Pembelajaran pada SMP Model 6 menekankan pada pembelajaran berbasis literasi dengan mengangkat nilai luhur budaya local dan mengacu pada tema-tema yang sudah ditentukan dalam capaian pembrelajaran. Dalam pembelajaran berbasis literasi ini peserta didik diharapkan mampu untuk mengkreasikan ide/gagasan unbtuk memperoleh sebuah karya dalam bentuk tulisan. Pada akhirnya karya ini akan didokumentasikan dalam berbagai bentuk contohnya buku, artikel, atau publikasi digital.
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis literasi ini tetap harus mengimplementasikan model dan syntak pembelajaran yang sudah ada diantaranya Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, Inquiry Based Learning, dan model pembelajaran lain yang relevan. Adapun muatan kurikulum pada kegiatan intrakurikuler ada pada tabel 3.1
|
|
|
|
KEGIATAN |
|
|
PROJECT |
|
|
TOTAL JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
ALOKASI WAKTU |
|
|
REGULER/ |
|
|
|
|
PER |
|
|
|
|
|
|
|
20% |
|
|
|
|||
|
|
|
|
MINGGU |
|
|
|
|
TAHUN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendidikan Agama
dan |
Budi |
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
Pekerti |
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
PPKn |
|
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Bahasa
Indonesia |
|
180 (5) |
|
46 (21%) |
|
216 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Matematika |
|
144 (4) |
|
36 (20%) |
|
180 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
IPA |
|
144 (4) |
|
36 (20%) |
|
180 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
IPS |
|
108 (3) |
|
36 (25%) |
|
144 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Bahasa
Inggris |
|
108 (3) |
|
36 (25%) |
|
144 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
PJOK |
|
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Informatika |
|
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Mapel
Pilihan |
|
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Mulok(Bahasa
Daerah) |
|
72 (2) |
|
36 (33%) |
|
108 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
28 (1008) |
|
360 |
|
|
|
|
||
|
|
|
(1368) |
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler ada 2 macam yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib yaitu kepramukaan dan ekstrakurikuler pilihan yang dikembangkan dan diselenggarakan sesuai bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ektrakurikuler kepramukaan wajib diikuti seluruh peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan secara blok, aktualisasi dan regular. Kegiatan ekstra wajib untuk pendidikan kepramukaan sebagai suplemen pencapaian profil pelajar Pancasila. Ekstrakuriler wajib kepramukaan ini wajib diikuti oleh semua peserta didik (kleas VII, VIII, IX) dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran tiap minggu.
Sedangkan ekstrakurikuler pilihan diikuti oleh peserta didik kelas VII, dan VIII, alokasi waktunya setara dengan 2 jam pelajaran dan dilaksanakan pada siang/sore hari. Kegiatan ekstrakurikuler bersifat dinamis sesuai dengan input dan bakat minat peserta didik, sehingga mampu menggali potensi peserta didik.
|
No |
|
|
Kegiatan |
|
|
Tujuan dan Indikator |
|
|
Sasaran |
|
|
Pihak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Keberhasilan |
|
|
|
|
Terkait |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
A. |
|
Krida |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Mempersiapkan peserta |
|
Kelas VII, |
|
Kwarcab, |
|||
1 |
|
|
Pramuka |
|
didik
agar memiliki sikap |
|
|
Pelatih, |
||||||
|
|
|
|
VIII, IX |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
kepemimpinan, |
|
|
Masyarakat |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
kebhinekaan global, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kemandirian,
kreatif, |
|
Kelas VII, |
|
Dinas |
|||
2 |
|
|
PMR |
|
disiplin, tanggungjawab |
|
|
Kesehatan, |
||||||
|
|
|
|
VIII |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
dan semangat nasionalisme |
|
|
PMI, Pelatih |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
dan kegotong- royongan |
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
|
Karya Ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
1 |
|
|
Matematika |
|
Menyiapkan
peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
untuk mampu berfikir kritis |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
Biologi |
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
dalam
menghadapi |
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
olimpiade
dan kompetisi |
|
Kelas VII, |
|
Universitas, |
|||
3 |
|
|
Fisika |
|
|
|
||||||||
|
|
|
dalam rangka menjadi yang |
|
VIII |
|
Pembina |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
4 |
|
|
IPS
Terpadu |
|
terbaik
di tiap tingkatan |
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
dengan karakter berfikir |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
KIR |
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
kritis
dan mandiri |
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
C. |
|
Latihan Olah Bakat dan Olah Minat |
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bola Voli |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
2 |
Bola Basket |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Tenis Meja |
Menyiapkan peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
4 |
Karate |
untuk mengembangkan |
|
|
|
|
|
kemampuan dalam bidang |
|
Dinas |
|
5 |
Pencak Silat |
|
|||
olah raga dan memperoleh |
Kelas VII, |
Pariwisata |
|||
|
|
||||
6 |
Renang |
juara dalam kejuaraan olah |
VIII |
dan Olah |
|
raga dengan mengacu pada |
|
Raga,Pelatih |
|||
|
|
|
|||
7 |
Bulu Tangkis |
|
|||
karakter mandiri maupun |
|
|
|||
|
|
gotong royong |
|
|
|
8 |
Sepak Bola |
|
|
||
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
9 |
Taekwondo |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Atletik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Cipta/ Baca Puisi, |
Menyiapkan peserta didik |
|
|
|
Cerpen |
untukmengembangkan |
|
|
||
|
|
|
|||
12 |
Jurnalistik/ Majalah |
kemampuan dalam literasi |
|
|
|
Sekolah |
dan memperoleh kejuaraan |
|
|
||
|
|
|
|||
|
|
dalam lomba dengan |
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
English Club |
mengacu pada karakter |
|
|
|
|
|
kreatif |
|
|
|
14 |
Paduan Suara/ Vocal |
Menyiapkan dan melatih |
|
Dinas |
|
Group |
Kelas VII, |
||||
|
peserta didik agar dapat |
||||
|
|
Pendidikan, |
|||
|
Band, Menyanyi Solo, |
||||
15 |
mengembangkan |
VIII |
|||
Cipta Lagu |
Pelatih |
||||
|
potensinya dalam bidang |
|
|||
|
|
|
|
||
16 |
Seni Tari |
seni secara maksimal dan |
|
|
|
|
|
dapat mengapreasikan, |
|
|
|
|
Seni Lukis, Desain |
|
|
||
17 |
sehingga dapat meraih |
|
|
||
Grafis, Pahat |
|
|
|||
|
kejuaraan dalam |
|
|
||
|
|
|
|
||
18 |
Drum Band |
olimpiade/kejuaraan seni |
|
|
|
|
|
dengan karakter jreatif, |
|
|
|
19 |
Karawitan |
|
|
||
mandiri dan gotong-royong |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
D. |
Keagamaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyiapkan dan melatih |
|
|
|
1 |
MTQ |
peserta didik dalam |
|
|
|
|
|
mengembangkan bakat |
|
|
|
|
|
minatnya dalam bidang |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
keagamaan dan |
Kelas VII, |
Depag, |
|
|
|
memperoleh juara pada |
VIII |
Pelatih |
|
2 |
Samproh/ Hadroh |
lomba dengan berkarakter |
|
|
|
|
|
beriman, bertqwa kepada |
|
|
|
|
|
Tuhan YME dan berakhkak |
|
|
|
|
|
mulia |
|
|
Terima kasih sudah berkunjung ke Web Yok Guru TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Contoh Muatan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.