Contoh Laporan IHT In House Training Sekolah Penggerak
A. Latar Belakang
Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Pada sekolah penggerak, kapasitas dan kompetensi tersebutakan ditingkatakan melalui pelatihan dan pendampingan. Kepala sekolah dan guru diberikan pelatihan pedagogik dan penilaian agar mampu menerapkan kurikulum dengan metode tersebut, dan selanjutnya akan didampingi oleh Pelatih Ahli untuk lebih memperkuat pemahaman dan keterampilan uang diperoleh dari pelatihan.
Baca Juga : DOWNLOAD Buku Teks Pelajaran Kurikulum Merdeka, Lengkap Semua Jenjang!
Pelatihan implementasi pembelajaran di sekolah penggerak (in house training/IHT) dilakukan oleh Komite Pembelajran, yaitu Pengawas Sekolah/Penilik, Kepala Satuan Pendidikan, dan Perwakilan guru yang telah dilatih di tingkat nasional. Mengingat pentingnya pelatihan pelaksanaan pelatihan tersebut terhadap penyamaan persepsi dan peningkatan pemahaman seluruh guru dan tenaga kependidikan di sekolah penggerak, maka diperlukan adanya pendampingan dari UPT Pelaksana di satuan pendidikan.
Sesuai Pedoman Program Sekolah Penggerak, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) bertugas untuk melaksanakan pendampingan IHT di satuan pendidikan wilayah binaannya. Sehubungan dengan hal tersebut, PPPPTK Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melaksanakan pendampingan pelaksanaan IHT PSP Angkatan 1 di 22 kabupaten/kota dan 9 Provinsi sasaran PSP.
B. Laporan ini disusun dengan tujuan:
a. Memastikan keterlaksanaan IHT PSP sesuai dengan pedoman pendidikan sekolah penggerak;
b. Mengidentifikasi permasalahan dan kendala pada saat IHT untuk perbaikan pada kegiatan selanjutnya
C. Sasaran
Sasaran pendampingan Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten/Kota Bireuen Provinsi Aceh yaitu:
Pengajar IHT (Komite Pembelajaran);
1. Hamdani M, S.Pd
2. Nilawati, S.Pd. SD
3. Rozawati, S.Pd
4. Ti. Aminah, S.Pd
5. Rahmi, S.Pd. I
Peserta IHT.
1. Nurmala, S.Pd
2. Ratna Dewi, S.Pd
3. Marbawi, S.Pd.I
4. Masykur, S.Pd
D. Gambaran hasil Pendampingan
Hasil Pendampingan dapat dilihat dari dua kegiatan antara lain melalui :
1. instrument Pendampingan, dapat digambarkan sebagai berikut;
(tulis hasil analisis dari instrument)
2. Langsung Pendampingan
(tulis sesuai apa yang diobservasi dan dilakukan )
Tabel 1. Data Kehadiran Pengajar IHT
Nama Sekolah:
No. | Nama Pengajar | Jumlah Pengajar | Jumlah | Alasan tidak hadir | |
Hadir | Tidak Hadir | ||||
1 | Hamdani M,S.Pd | 8 | 8 | ||
2 | Nilawati, S.Pd. SD | 8 | 8 | ||
3 | Rozawati, S.Pd | 8 | 8 | ||
4 | Ti. Aminah, S.Pd | 8 | 8 | ||
5 | Rahmi, S.Pd. I | 8 | 8 | ||
Jumlah | 40 | 40 |
Tabel 2. Data Kehadiran Peserta IHT
Nama Sekolah:
No. | Nama Peserta | Jumlah Peserta | Jumlah | Alasan tidak hadir | |
Hadir | Tidak Hadir | ||||
1 | Nurmala, S.Pd | 8 | 8 | ||
2 | Ratna Dewi, S.Pd | 8 | 8 | ||
3 | Marbawi, S.Pd.I | 8 | 8 | ||
4 | Masykur, S.Pd | 8 | 8 | ||
Jumlah | 32 | 32 |
a. Keterlaksanaan IHT
- Kesiapan KP melaksanakan IHT (rencana IHT🡪 jadwal, materi, media,panduan kegiatan, dokumen pre test dan post test, pembagian peran)
- Jadwal di pelaksanaan kegiatan tata muka pukul 08.00-13.45 (setara dengan 6 JP)
- Alur kegiatan
- Pembentukan Kepanitiaan Kegiatan IHT
b. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
- Materi IHT telah dipersiapkan oleh Komite Pembelajaran sesuai dengan perencanaan program pelaksanaan.
- Materi ada yang diberkan dalambentuk sofcopi dan foto copi
- Spidol, Doubel Folio, infocus, laptop, dan kertas flikpchaf
- Pelaksanaan dilakukan secara luring ( tatap muka ) dan pemberian tugas
No | Hari pelaksanaan | Permasalahan | Upaya Mengatasi Permasalahan | Pihak / unsur terkait |
Nama Sekolah: SD NEGERI 21 BIREUEN |
|
| ||
1 | Pertama | Pelaksanaan Kegiatan IHT dibuka oleh Bapak Sekdis Pdan K Kab. Bireuen
Orientasi Kegiatan | Sekolah Penggerak berkumpul pada satu tempat yaitu di SD Negeri 12 Bireuen
Dilakukan oleh kepala sekolah | - Dinas - Kepala Sekolah Penggerak - Komite Pembelajaran - Peserta IHT masing – Masing Sekolah
Kepala Sekolah |
2 | Kedua |
|
|
|
3 | Ketiga |
|
|
|
4 | Keempat |
|
|
|
5 | Kelima |
|
|
|
6 | Keenam |
|
|
|
7 | Ketujuh |
|
|
|
8 | Kedelapan |
|
|
|
a. Catatan proses pembelajaran yang sudah berjalan
b. Catatan observasi
c. Catatan refleksi
d. Catatan umpan balik
E. Permasalahan Penyelenggaraaan
No | Komponen | Permasalahan | Upaya Mengatasi Permasalahan | Pihak / unsur terkait |
A | Akademik |
|
|
|
1 |
|
|
|
|
2 | …………… |
|
|
|
B | Non akademik |
|
|
|
1 |
|
|
|
|
2 | …………………. |
|
|
|
F. Simpulan dan Saran
a. Simpulan
…….
b. Saran
…….
G. Penutup
Laporan pendampingan ini diharapkan menjadi bahan informasi untuk evaluasi pelaksanaan Program Pendidikan Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1. Informasi yang didapatkan merupakan bahan tindak lanjut bagi pemangku kebijakan, penyelenggara serta pihak-pihak lain untuk tercapainya tujuan dari program.
LAMPIRAN:
1. Dokumentasi kegiatan
Terima kasih sudah berkunjung ke Web Yok Guru TREND GURU. Apabila artikel ini bermanfaat “Contoh Laporan IHT In House Training Sekolah Penggerak”, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.