Strategi Pelibatan Orangtua dan Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen
Salam dan bahagia semuanya, Sahabat Trend Guru pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi mengenai Strategi Pelibatan Orangtua dan Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen.
LEMBAR RANCANGAN STRATEGI PELIBATAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM
PENGEMBANGAN SEKOLAH
Nama Peserta |
:Rizki DasilvaS.Pd.I
MA |
Sekolah/Sekolah
Binaan |
: SD IT Muhammadiyah
Bireuen |
Tanggal Pembuatan |
: |
Program
Sekolah |
Deskripsi
Program |
Bentuk
Dukungan yang Diperlukan |
Pemangku
Kepentingan yang Mungkin terlibat |
Strategi
Pelibatan |
Pembangunan
Musalla |
Penggalangan
Dana pembangunan Musalla SIT |
Material/ dana sumbangan. |
Komite
sekolah |
Menjadikan
sebagai pengurus musalla. |
Market
day |
Membawa
makanan, maupun karya yang akan dijual antar kelas. |
Membantu
Menyiapkan keperluan siswa baik makanan,minuman atau karya yang akan dijual. |
Wali
siswa |
Memberikan
list makanan yang akan disiapkan dirumah. |
One
day one ayat. |
Siswa
mampu menambah hafalan sehari satu ayat. |
Pelancaran
hafalan siswa sehari satu ayat. |
Wali
siswa |
Memberikan
catatan kesiswa mengenai ayat yang akan dihafalkan |
Jemari
|
Jelajah
masjid dalam sehari |
Sumbangan
alat kebersihan |
Masyarakat
|
Memberikan
surat pemberitahuan kegiatan dan menyebutkan sumbangan yang ingin di berikan. |
Sedu |
Sedekah
duafa |
Sumbangan
sembako |
Wali
siswa dan masyarakat sekitar |
Memberikan
rincian sembako yang akan disumbangkan |
Family
Gatrhering |
Membuat
kegiatan dengan melibatkan orang tua, bisa berupa outbound, lomba masak, dll. |
Kehadiran
kedua wali siswa |
Kepala
sekolah, guru, wali siswa dan siswa |
Membuat
kegiatan yang tertuju kepada wali siswa dan siswa. |
Sekolah
Alam |
Membawa
siswa belajar langsung di alam/tempat produksi sesuai materi belajar yang
telah dipilih. |
Memberikan
izin pelaksanaan kegiatan, dan dukungan orang tua terhadap kegiatan tersebut |
Guru,
siswa, wali siswa dan masyarakat(tempat pelaksanaan sekolah alam) |
Pemberitahuan
melalui surat/grup wa kelas. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
STRATEGI
PELIBATAN ORANG TUA/WALI MURID DAN MASYARAKAT SECARA BERKESINAMBUNGAN
Bapak/Ibu
silakan diipetakan strategi pelibatan yang sudah dirancang sebelumnya pada
setiap tahapan strategi di bawah ini

CONNECT |
ENGAGE |
SUSTAIN |
Keterangan
●
Connect : membangun koneksi positif dengan pemangku kepentingan yang sudah
dipetakan dan dianalisis
●
Engage :
melibatkan pemangku kepentingan secara aktif dalam program-program sekolah
●
Sustain : melakukan evaluasi dan identifikasi
tantangan sebagai dasar melakukan perbaikan strategi agar kegiatan pelibatan
tetap berjalan secara berkesinambungan
LEMBAR STRATEGI
PELIBATAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT
Nama
Sekolah :
SD IT Muhammadiyah Bireuen
Nama
Kepala Sekolah :
Rizki Dasilva, S.Pd.I MA
Tanggal
Penyusunan Dokumen : 21 Agustus 2021
Program
Sekolah |
Deskripsi
Program |
Bentuk
Dukungan yang Diperlukan |
Stakeholder
yang Mungkin terlibat |
Strategi
Pelibatan Stakeholder |
SEDU/SENASIB/JEMARI Sekolah Alam |
Sedekah Duafa ,
mengumpulkan sumbangan sembako. Senasib sedekah nasi bungkus Jemari jelajah masjid dalam
sehari Membawa siswa langsung belajar
di alam |
1.
Peningkatan
kepedulian siswa terhadap masyarakat sekitar. 2.
Dukungan
orang tua untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat duafa. 3.
Sosialisasi
pentingnya sikap tolong menolong. 1.Pemberian izin oleh orang tua 2.Menjalin kerja sama dengan
masyarakat untuk tempat pelaksanaan kegiatan sekolah alam |
Guru |
1.
Pembiasaan
tolong menolong( wali siswa,siswa dengan masyarakat sekitar) 2.
Menyampaikan
informasi mengenai kegiatan Sedu,Senasib dan Jemari. |
Orang tua Guru |
1.
Mendokumentasikan
kegiatan siswa dalam menyumbangkan sembako untuk kegiatan Sedu, 2.
Meminta
siswa langsung membungkus sembako /nasi bungkus/pelaratan kebersihan dan
membagikan ke masyarakat. 3. Meminta siswa
menceritakan pengalamannya saat membagikan Sedu/ senasib/Jemari. |
|||
Wali siswa |
Meminta surat izin dari wali siswa
, meminta wali siswa melengkapi keperluan siswa saat sekolah alam |
|||
Masyarakat sekitar |
Meminta masyarakat(pemilik
tempat untuk berbagi ilmu misalnya cara pembuatan tempe dll) |
|||
Menggali potensi siswa (FPTI) Pameran Karya One day one ayat Pesamba Family Gathering Mabit |
Membuat pameran karya siswa Setoran hafalan siswa perhari Pentas minat dan bakat siswa(
penggalian minat bakat seluruh siswa) Pembinaan minat dan bakat Temu ramah dengan wali siswa baik
dengan kegiatan outbound,maupun perlombaan antar wali Siswa menginap di sekolah untuk
kegiatan Malam bina iman dengan fokus menghafal al quran, pembiasaan shalat
malam, muhasabah Diri |
1. kerjasama dengan FPTI 2. Membawa langsung siswa ke Gor FPTI 3.Dapat
langsung menemukan potensi siswa(bidang olahraga) 1.Dukungan wali siswa dalam
penyiapan keperluan praktek pembuatan karya Pelancaran hafalan siswa Dukungan wali siswa terhadap bakat
yang dimiliki siswa Partisipasi wali siswa, Kekompakan wali siswa Dukungan wali siswa terhadap
kegiatan Pemberian izin menginap di
sekolah. |
Pengurus FPTI Guru Pengurus FPTI Wali siswa Guru dan wali siswa Guru ,wali siswa Masyarakat sekitar Kepala sekolah/Guru, Wali siswa
,siswa, masyarakat setempat Kepala sekolah, waka tahfidz,
guru wali siswa, dan siswa |
Menjalin Kerjasama dengan
pengurus FPTI Penyampaian informasi sebelum
kegiatan berlangsung Kerjasama antara guru dengan
wali siswa. Meminta masyarakat sekitar
menjadi juri dalam kegiatan Pesamba, Pembimbingan minat dari rumah. Menjadikan wali siswa sebagai
sasaran kegiatan Meminta surat izin dari wali siswa
, meminta wali siswa melengkapi keperluan siswa saat Mabit |