Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pelibatan Orangtua dan Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen

 


Salam dan bahagia semuanya, Sahabat Trend Guru  pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi mengenai Strategi Pelibatan Orangtua dan Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen.

LEMBAR RANCANGAN STRATEGI PELIBATAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

 

Nama Peserta

:Rizki DasilvaS.Pd.I MA

Sekolah/Sekolah Binaan

: SD IT Muhammadiyah Bireuen

Tanggal Pembuatan

:

 

Program Sekolah

Deskripsi Program

Bentuk Dukungan yang Diperlukan

Pemangku Kepentingan  yang Mungkin terlibat

Strategi Pelibatan

Pembangunan Musalla

Penggalangan Dana pembangunan Musalla SIT

 Material/ dana sumbangan.

Komite sekolah

Menjadikan sebagai pengurus musalla.

 

Market day

Membawa makanan, maupun karya yang akan dijual antar kelas.

Membantu Menyiapkan keperluan siswa baik makanan,minuman atau karya yang akan dijual.

Wali siswa

Memberikan list makanan yang akan disiapkan dirumah.

 

One day one ayat.

Siswa mampu menambah hafalan sehari satu ayat.

Pelancaran hafalan siswa sehari satu ayat.

Wali siswa

Memberikan catatan kesiswa mengenai ayat yang akan dihafalkan

 

Jemari

Jelajah masjid dalam sehari

Sumbangan alat kebersihan

Masyarakat

Memberikan surat pemberitahuan kegiatan dan menyebutkan sumbangan yang ingin di berikan.

 

Sedu

Sedekah duafa

Sumbangan sembako

Wali siswa dan masyarakat sekitar

Memberikan rincian sembako yang akan disumbangkan

 

Family Gatrhering

Membuat kegiatan dengan melibatkan orang tua, bisa berupa outbound, lomba masak, dll.

Kehadiran kedua wali siswa

Kepala sekolah, guru, wali siswa dan siswa

Membuat kegiatan yang tertuju kepada wali siswa dan siswa.

Sekolah Alam

Membawa siswa belajar langsung di alam/tempat produksi sesuai materi belajar yang telah dipilih.

Memberikan izin pelaksanaan kegiatan, dan dukungan orang tua terhadap kegiatan tersebut

Guru, siswa, wali siswa dan masyarakat(tempat pelaksanaan sekolah alam)

Pemberitahuan melalui surat/grup   wa kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRATEGI PELIBATAN ORANG TUA/WALI MURID DAN MASYARAKAT SECARA BERKESINAMBUNGAN

Bapak/Ibu silakan diipetakan strategi pelibatan yang sudah dirancang sebelumnya pada setiap tahapan strategi di bawah ini

 


CONNECT

 

 

 

 

ENGAGE

 

 

 

 

 

SUSTAIN

 

 

 

 

 

Keterangan

       Connect    : membangun koneksi positif dengan pemangku kepentingan yang sudah dipetakan dan dianalisis

       Engage      : melibatkan pemangku kepentingan secara aktif dalam program-program sekolah

       Sustain        : melakukan evaluasi dan identifikasi tantangan sebagai dasar melakukan perbaikan strategi agar kegiatan pelibatan tetap berjalan secara berkesinambungan

 

LEMBAR STRATEGI PELIBATAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT 

 

Nama Sekolah                           : SD IT Muhammadiyah Bireuen

Nama Kepala Sekolah                : Rizki Dasilva, S.Pd.I MA

Tanggal Penyusunan Dokumen   : 21 Agustus 2021

 

Program Sekolah

Deskripsi Program

Bentuk Dukungan yang Diperlukan

Stakeholder yang Mungkin terlibat

Strategi Pelibatan Stakeholder

SEDU/SENASIB/JEMARI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekolah Alam

 

 

 

 

 

Sedekah Duafa , mengumpulkan sumbangan sembako.

 

 Senasib sedekah nasi bungkus

 

Jemari jelajah masjid dalam sehari

 

 

 

 

 

 

 

 

Membawa siswa langsung belajar di alam

1.      Peningkatan kepedulian siswa terhadap masyarakat sekitar.

 

2.      Dukungan orang tua untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat duafa.

 

3.      Sosialisasi pentingnya sikap tolong menolong. 

 

 

 

 

 

 

1.Pemberian izin oleh orang tua

 

2.Menjalin kerja sama dengan masyarakat untuk tempat pelaksanaan kegiatan sekolah alam

 

Guru

 

1.      Pembiasaan tolong menolong( wali siswa,siswa dengan masyarakat sekitar)

2.      Menyampaikan informasi mengenai kegiatan Sedu,Senasib dan Jemari.

Orang tua

 

 

 

 

 

Guru

 

 

 

 

 

1.      Mendokumentasikan kegiatan siswa dalam menyumbangkan sembako untuk kegiatan Sedu,

2.      Meminta siswa langsung membungkus sembako /nasi bungkus/pelaratan kebersihan dan membagikan ke masyarakat.

3.     Meminta siswa menceritakan pengalamannya saat membagikan Sedu/ senasib/Jemari.

Wali siswa

Meminta surat izin dari wali siswa , meminta wali siswa melengkapi keperluan siswa saat sekolah alam

Masyarakat sekitar

Meminta masyarakat(pemilik tempat untuk berbagi ilmu misalnya cara pembuatan tempe dll)

Menggali potensi siswa

(FPTI)

 

 

 

 

Pameran Karya

 

 

 

 

One day one ayat

 

 

Pesamba

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Family Gathering

 

 

 

Mabit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membuat pameran karya siswa

 

 

 

 

Setoran hafalan siswa perhari

 

 

Pentas minat dan bakat siswa( penggalian minat bakat seluruh siswa)

 

Pembinaan minat dan bakat

 

 

 

Temu ramah dengan wali siswa baik dengan kegiatan outbound,maupun perlombaan antar wali

 

Siswa menginap di sekolah untuk kegiatan Malam bina iman dengan fokus menghafal al quran, pembiasaan shalat malam, muhasabah Diri

 

1.     kerjasama  dengan FPTI

2.     Membawa langsung siswa ke Gor FPTI

3.Dapat langsung menemukan potensi siswa(bidang olahraga)

 

 

1.Dukungan wali siswa dalam penyiapan keperluan praktek pembuatan karya

 

 

 

Pelancaran hafalan siswa

 

 

 

Dukungan wali siswa terhadap bakat yang dimiliki siswa

 

 

 

 

 

 

 

Partisipasi wali siswa,

Kekompakan wali siswa

 

 

 

 

Dukungan wali siswa terhadap kegiatan

 

Pemberian izin menginap di sekolah.

 

 

Pengurus FPTI

 

Guru

 

Pengurus FPTI

 

 

 

Wali siswa

 

 

 

 

 

 

Guru dan wali siswa

 

 

 

 

Guru ,wali siswa

Masyarakat sekitar

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala sekolah/Guru, Wali siswa ,siswa, masyarakat setempat

 

 

 

 

Kepala sekolah, waka tahfidz, guru wali siswa, dan siswa

Menjalin Kerjasama dengan pengurus FPTI

 

 

 

 

 

 

 

Penyampaian informasi sebelum kegiatan berlangsung

 

 

 

 

 

 

Kerjasama antara guru dengan wali siswa.

 

 

 

 

Meminta masyarakat sekitar menjadi juri dalam kegiatan Pesamba,

 

Pembimbingan minat dari rumah.

 

 

 

 

 

 

Menjadikan wali siswa sebagai sasaran kegiatan

 

 

 

 

 

 

Meminta surat izin dari wali siswa , meminta wali siswa melengkapi keperluan siswa saat Mabit

 Terima kasih sudah berkunjung ke Web  Trend GuruApabila artikel ini bermanfaat Strategi Pelibatan Orangtua dan Masyarakat Dalam Pengembangan Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen , silahkan Klik LIKE dan BAGIKAN kepada teman-teman yang lain.