Rancangan Asesmen Diagnostik Sekolah Penggerak
Rancangan
Asesmen Diagnostik
Jenjang/ Kelas |
SD / 5 |
Capaian Pembelajaran |
Menguasai tentang keragaman budaya dan kearifan lokal
yang ada di Indonesia serta upaya melestarikannya. |
Tujuan Pembelajaran |
Dengan mengamati gambar peta Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi
hubungan antara banyaknya suku bangsa dengan kondisi wilayah di Indonesia
dengan benar. |
A.
Asesmen Non-Kognitif
Informasi apa saja yang
ingin digali? |
Pertanyaan kunci yang ingin
ditanyakan |
Mengetahui tentang keberagaman di Indonesia. |
Apa yang dimaksud dengan keragaman? |
Perbedaan keragaman setiap daerah yang berbeda. |
Sebutkan keragaman yang kamu ketahui? |
Hubungan keragaman Indonesia dengan interaksi sosial. |
Adakah hubungan keragaman dengan makhluk sosial, jelaskan! |
Manfaat adanya perbedaan kebergaman. |
Apa manfaat dari adanya keragaman yang berbeda-beda? |
Langkah-langkah apa saja
yang akan dilakukan? |
Alat bantu apa yang
dibutuhkan? |
Mengajak siswa berdiskusi tentang keberagaman yang ada di Indonesia. Memberi rangsangan berupa memperlihatkan tontonan tentang keberagaman
di Indonesia. Berdiskusi dengan teman yang berbeda daerah. |
Buku ajar, modul, majalah, internet, media audio/visual. |
B.
Asesmen Kognitif
Waktu Asesmen |
4JP |
Durasi Asesmen |
120 Menit |
Identifikasi materi yang
akan diujikan |
Pertanyaan |
Kemung-kinan Jawaban |
Skor (Kategori) |
Rencana Tindak Lanjut |
Pengertian Keragaman Indonesia |
Apa yang kamu ketahui tentang keragaman yang ada di Indonesia? |
Keragaman adalah suatu kondisi yang memiliki banyak
perbedaan/macam-macam perbedaan dalam berbagai bidang. |
30 |
Memberikan definisi dengan bahasa yang mudah di pahami oleh siswa. |
Macam-macam keragaman Indonesia |
Sebutkan macam-macam keragaman yang ada adi Indonesia? |
Suku, Adat Istiadat, Rumah Adat, Bahasa, Lagu Daerah, Tarian Daerah,
Alat Musik Daerah, Pakaian Adat. |
30 |
Memberikan gambaran berupa media visual, untuk memperlihatkan
macam-macam keragaman di Indonesia. |
Manfaat keberagaman |
Berikan minimal 3 manfaat adanya keragaman! |
1. Sebagai indentitas suatu daerah 2. Menciptakan nilai toleransi dalam hubungan sosial. 3. Sebagai alat pemersatu bangsa. |
40 |
Saling berdiskusi bersama mencari tahu lebih banyak tentang manfaat
keragaman. |
Langkah-langkah apa saja
yang akan dilakukan? |
Alat bantu apa yang
dibutuhkan? |
Memberikan pengenalan dan pengertian tentang keragaman. Menjelaskan tentang macam-macam keragaman yang ada di Indonesia. Mengkomunikasikan kepada siswa tentang manfaat keberagaman. |
Buku ajar, modul, majalah, internet, media audio/visual. |