Pengertian Profil Pelajar Pancasila dan Pendidikan yang Memerdekakan
Refleksi Terbimbing Pendidikan yang
Memerdekakan
· Pendidikan yang memerdekakan
Pendidikan yang memerdekakan adalah pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Pendidikan yang memerdekakan bersifat holistic (pendidikan yang tidak hanya meliputi akademik saja, namun juga kecerdasan emosional, spiritual dll. Pendidikan yang inovatif dan kreatif. Siswa dapat pendidikan dengan level yang tepat.
· Profil Pelajar Pancasila :
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan berakhlak
mulia
Peserta didik yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya denganTuhan Yang MahaEsa.
2. Berkebhinekaan
Global
Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhu rbangsa.
3. Mandiri
Peserta didik adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang
bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya,kunci mandiri adalah kesadaranakan
diri dan situasidiri. .
4. Gotong
royong
Peserta didik memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar.
Pancasila untuk melakukan kegiatan secara
bersama-sama dengan sukarela .
5. Bernalarkritis
Bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya, bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan
6. Kreatif
Pelajar yang kreatif adalah pelajar. Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak, kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya.