Lembar Refleksi Praktik Lokakarya 5 Merancang Visi Misi Program Sekolah Penggerak
LEMBAR REFLEKSI PRAKTIK
LOKAKARYA 5
(silakan diunduh kemudian diisi)
Nama Peserta |
: Rizki Dasilva S.Pd.I MA |
Sekolah/Sekolah Binaan |
: SDIT Muhammadiyah Bireuen |
Bapak/Ibu di bawah ini ada pertanyaan
reflektif terkait pengalaman selama ini dalam memimpin/mendampingi satuan
pendidikan. Silakan mengisi jawaban sesuai dengan kondisi Bapak/Ibu.
Pertanyaan |
Jawaban |
Menurut Bapak/Ibu mengapa penting merancang
visi misi dan program sekolah yang sesuai peta kebutuhan dan karakteristik
murid? |
Karena visi dan misi harus memenuhi potensi,
kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Dan
visi misi menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan
pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan. |
Apakah visi misi dan program sekolah yang
telah dirancang di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin/dampingi sesuai dengan peta kebutuhan dan
karakteristik murid? ●
(Jika belum, apakah kendala yang dihadapi
dan bagaimana mengatasi kendala tersebut? ) ●
(Jika sudah, apa strategi yang digunakan
untuk memfasilitasi kebutuhan dan karakteristik murid? ) |
Visi
dan misi SDIT Muhammadiyah Bireuen sudah mengarah kepada kesesuaian dengan
kebutuhan dan karakteristik peserta
didik kami juga sudah menyiapkan strategi salah satunya adalah menyediakan
ruang berdiskusi setiap 3 bulan sekali disekolah antara guru dan wali murid.
Juga meminta pendapat anak tentang pengalaman belajarnya sekala berkala. |
Sejauh mana keterlibatan warga sekolah dalam
menyusun visi misi dan program sekolah yang berorientasi pada murid pada
sekolah yang Bapak/Ibu pimpin? |
Pembuatan
visi dan misi selama ini melibatkan komite sekolah, guru dan murid dan juga
pimpinan sekolah. Dan meminta pendapat dan saran sebelum di sahkan oleh
kepala sekolah. |