Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Refleksi Praktik Lokakarya 5 Merancang Visi Misi Program Sekolah Penggerak

 

Lembar Refleksi Praktik Lokakarya 5 Merancang Visi Misi  Program Sekolah Penggerak

LEMBAR REFLEKSI PRAKTIK LOKAKARYA 5

(silakan diunduh kemudian diisi)

 

Nama Peserta

: Rizki Dasilva S.Pd.I MA

Sekolah/Sekolah Binaan

: SDIT Muhammadiyah Bireuen

 

Bapak/Ibu di bawah ini ada pertanyaan reflektif terkait pengalaman selama ini dalam memimpin/mendampingi satuan pendidikan. Silakan mengisi jawaban sesuai dengan kondisi Bapak/Ibu.

Pertanyaan

Jawaban

Menurut Bapak/Ibu mengapa penting merancang visi misi dan program sekolah yang sesuai peta kebutuhan dan karakteristik murid?

Karena visi dan misi harus memenuhi potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Dan visi misi menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah visi misi dan program sekolah yang telah dirancang di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin/dampingi  sesuai dengan peta kebutuhan dan karakteristik murid?

 

     (Jika belum, apakah kendala yang dihadapi dan bagaimana mengatasi kendala tersebut? )

     (Jika sudah, apa strategi yang digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan dan karakteristik murid? )

Visi dan misi SDIT Muhammadiyah Bireuen sudah mengarah kepada kesesuaian dengan kebutuhan  dan karakteristik peserta didik kami juga sudah menyiapkan strategi salah satunya adalah menyediakan ruang berdiskusi setiap 3 bulan sekali disekolah antara guru dan wali murid. Juga meminta pendapat anak tentang pengalaman belajarnya sekala berkala.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejauh mana keterlibatan warga sekolah dalam menyusun visi misi dan program sekolah yang berorientasi pada murid pada sekolah yang Bapak/Ibu pimpin?

Pembuatan visi dan misi selama ini melibatkan komite sekolah, guru dan murid dan juga pimpinan sekolah. Dan meminta pendapat dan saran sebelum di sahkan oleh kepala sekolah.