Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Kerja Lokakarya 5 Menyusun Daftar Pertanyaan Bagja Merancang Visi Misi dan Proram Sekolah Penggerak

 

Lembar Kerja Lokakarya 5 Menyusun Daftar Pertanyaan Bagja Merancang Visi Misi dan Proram Sekolah Penggerak

LEMBAR KERJA

(silakan diunduh kemudian diisi)

Nama Peserta

: Rizki Dasilva S.Pd.I MA

Sekolah/Sekolah Dampingan

: SDIT Muhammadiyah Bireuen


MENYUSUN DAFTAR PERTANYAAN BAGJA MERANCANG VISI MISI DAN PROGRAM SEKOLAH YANG YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN MURID

 

 

TAHAPAN

 

PERTANYAAN

DAFTAR TINDAKAN / RISET YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

B-uat Pertanyaan (Define)

 

       Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

 

       Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

 

 

 

 

·       Apa langkah-langkah dalam menyusun visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid ?

 

·       Siapa saja yang di libatkan untuk visi misi dan program sekolah?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Merumuskan dokumen awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid

 

 

·       Membuat pertemuan yang di hadiri oleh seluruh warga sekolah

A-mbil pelajaran (Discover)

 

       Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemu kenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

       Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

 

 

 

 

·       Apa rencana aksi Kepala Sekolah dan Guru jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah?

 

 

·       Strategi apa yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menemu kenali kekuatan/potensi/ peluang

 

·       Menganalisa rencana aksi Kepala Sekolah dan Guru jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah yang berpihak pada murid

 

·       Membuat berbagai pertemuan dan diskusi dengan steak holder Pendidikan untuk memperoleh data awal tentang kekuatan dan potensi sekolah

G-ali Mimpi (Dream)

 

       Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

       Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

 

 

·       Apa harapan dan cita-cita bersama terhadap sekolah yang berdampak pada murid?

·       Kapan, dimana dan siapa saja yang perlu menyampaikan harapan rancangan visi dan misi sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi adalah proses penting agar kita semua dapat merencanakan visi, misi dan progam sekolah yang lebih berdampak kepada murid

·       Membuat forum diskusi dan mencatat semua harapan dan cita-cita seluruh warga sekolah menjadi data penting bagi sekolah sebelum merancang visi dan misi sekolah

J-abarkan rencana (design)

 

       Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

       Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

 

·       Apa langkah-langkah kecil dalam menyusun visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid ?

 

·       Apa kunci sukses pencapaian visi dan misi sekolah?

 

·       Membuat Langkah/tahapan yang dibutuhkan untuk merumuskan visi, misi dan program yang berdampak kepada murid

·       Membuat beberapa keberhasilan yang di capai oleh sekolah

A-tur eksekusi (Deliver)

 

       Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

       Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

 

 

 

·       Siapa yang terlibat dalam Menyusun Visi dan Misi Sekolah?

 

·       Apakah sudah ada SOP disekolah untuk merancang Visi dan Misi Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Membuat Daftar Hadir Setiap rapat dan pertemuan dengan warga sekolah dalam Menyusun visi dan misi sekolah

·       Membuat SOP atau aturan dalam merancang Visi dan misi sekolah