Lembar Kerja Lokakarya 5 Menyusun Daftar Pertanyaan Bagja Merancang Visi Misi dan Proram Sekolah Penggerak
(silakan
diunduh kemudian diisi)
Nama Peserta |
:
Rizki Dasilva S.Pd.I MA |
Sekolah/Sekolah Dampingan |
:
SDIT Muhammadiyah Bireuen |
MENYUSUN DAFTAR PERTANYAAN BAGJA MERANCANG VISI MISI DAN PROGRAM SEKOLAH YANG
YANG SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN MURID
TAHAPAN |
PERTANYAAN |
DAFTAR
TINDAKAN / RISET YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN |
B-uat Pertanyaan
(Define) ●
Membuat pertanyaan utama yang
akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang; ●
Menggalang atau membangun
koalisi tim perubahan |
· Apa
langkah-langkah dalam menyusun visi, misi dan program sekolah yang berdampak
kepada murid ? · Siapa saja yang
di libatkan untuk visi misi dan program sekolah? |
· Merumuskan
dokumen awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid · Membuat
pertemuan yang di hadiri oleh seluruh warga sekolah |
A-mbil pelajaran
(Discover) ●
Menyusun pertanyaan lanjutan
untuk menemu kenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi; ●
Menentukan bagaimana cara kita
menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei
individu, multi unsur |
· Apa rencana
aksi Kepala Sekolah dan Guru jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah? · Strategi apa
yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menemu
kenali kekuatan/potensi/ peluang |
· Menganalisa
rencana aksi Kepala Sekolah dan Guru jangka pendek untuk dilaksanakan di
sekolah yang berpihak pada murid · Membuat
berbagai pertemuan dan diskusi dengan steak holder Pendidikan untuk
memperoleh data awal tentang kekuatan dan potensi sekolah |
G-ali Mimpi
(Dream) ●
Menyusun deskripsi kolektif
bilamana inisiatif terwujud; ●
Mengalokasikan kesempatan untuk
berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja). |
· Apa harapan dan cita-cita bersama terhadap sekolah yang
berdampak pada murid? · Kapan, dimana dan siapa saja yang perlu menyampaikan
harapan rancangan visi dan misi sekolah |
· Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi adalah proses penting agar
kita semua dapat merencanakan visi, misi dan progam sekolah yang lebih
berdampak kepada murid · Membuat forum diskusi dan mencatat semua harapan dan
cita-cita seluruh warga sekolah menjadi data penting bagi sekolah sebelum
merancang visi dan misi sekolah |
J-abarkan
rencana (design) ●
Mengidentifikasi tindakan
konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana
yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan
keseluruhan pencapaian; ●
Menyusun definisi kesuksesan
pencapaian |
· Apa
langkah-langkah kecil dalam menyusun visi, misi dan program sekolah yang berdampak
kepada murid ? · Apa kunci
sukses pencapaian visi dan misi sekolah? |
· Membuat Langkah/tahapan yang dibutuhkan untuk merumuskan
visi, misi dan program yang berdampak kepada murid · Membuat
beberapa keberhasilan yang di capai oleh sekolah |
A-tur eksekusi
(Deliver) ●
Menentukan siapa yang berperan/
dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ●
Mendesain jalur komunikasi dan
pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi) |
· Siapa yang
terlibat dalam Menyusun Visi dan Misi Sekolah? · Apakah sudah
ada SOP disekolah untuk merancang Visi dan Misi Sekolah |
· Membuat Daftar
Hadir Setiap rapat dan pertemuan dengan warga sekolah dalam Menyusun visi dan
misi sekolah · Membuat SOP
atau aturan dalam merancang Visi dan misi sekolah |