Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Kerja 1 Merancang dan Memandu Refleksi PKP 3 Sekolah Penggerak

 

Lembar Kerja 1 Merancang dan Memandu Refleksi PKP 3 Sekolah Penggerak


LEMBAR KERJA 1

PEMBELAJARAN MANDIRI TERBIMBING

MERANCANG DAN MEMANDU REFLEKSI

(silakan diunduh dan dikerjakan)

 

Nama Peserta   : Rizki Dasilva S.Pd.I MA

Instansi               : SDIT Muhammadiyah Bireuen

 

1) Ceritakan satu kegiatan di mana Bapak/Ibu berkolaborasi bersama murid, rekan sejawat, atau atasan!

a. Kegiatan apa yang sedang Bapak/Ibu lakukan pada saat itu?

b. Ceritakan situasinya.

c. Apa peran Bapak/Ibu dalam kegiatan tersebut?

d. Apa hasil yang dicapai?

a.      Kegiatan yang dirancang dalam setiap program tahunan maupun bulanan sekolah, yang melibatkan guru untuk perkembangan kemampuan dan minat bakat sebagai pembentukan karakter murid.

b.      Langkah pertama yang guru lakukan adalah membuat kesepakatan untuk menyamakan visi dan misi dalam sebuah kegiatan tertentu. Contohnya dalam pelaksanaan pameran karya. Dimana setiap murid menciptakan karyanya dalam kurun waktu 4 bulan terakhir, baik dalam bentuk karya 2 dimensi maupun 3 dimensi. Dalam kegiatan tersebut, murid turut ikut serta dalam menjual dan mengunjungi setiap stand yang tersedia.

c.       Peran para guru dalam kegiatan ini adalah memfasilitasi dan memotivasi murid dalam membuat prakarya 2 atau 3 dimensi sehingga bisa dipamerkan dalam ajang tersebut.

d.      Terciptanya berbagai karya, kolaborasi yang baik dalam tim, penggalian potensi murid yang mendalam.

 

2) Pembelajaran apa yang Bapak/Ibu peroleh dari pengalaman tersebut?

Hal baru yang didapatkan adalah :

ü  Mengetahui bahwa setiap murid memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda.

ü  Pengelolaan jangka waktu sebelum melaksanakan kegiatan pameran karya.

 

 

 

 

 

3) Ceritakan pengalaman Bapak/Ibu dalam melakukan refleksi sehingga menemukan pembelajaran yang bermakna.

Sebelum melakukan kegiatan, guru berdiskusi terlebih dahulu dengan memberikan informasi sekilas mengenai gambaran kegiatan kepada murid.

Saat pelaksanaan, guru memancing dengan beberapa pertanyaan terkait bagaimana cara mengelola stand pameran karya setiap kelas.

Siswa mampu berkomunikasi secara langsung dengan pengunjung yang mendatangi stand.

Kegiatan yang memberikan kesan baik kepada murid, sehingga memberikan pengalaman yang bermakna untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.