Lembar Kerja 1 Merancang dan Memandu Refleksi PKP 3 Sekolah Penggerak
LEMBAR KERJA 1
PEMBELAJARAN MANDIRI TERBIMBING
MERANCANG DAN MEMANDU REFLEKSI
(silakan diunduh dan dikerjakan)
Nama Peserta : Rizki Dasilva
S.Pd.I MA
Instansi : SDIT
Muhammadiyah Bireuen
1) Ceritakan satu kegiatan di mana Bapak/Ibu
berkolaborasi bersama murid, rekan sejawat, atau atasan! a. Kegiatan
apa yang sedang Bapak/Ibu lakukan pada saat itu? b. Ceritakan
situasinya. c. Apa peran
Bapak/Ibu dalam kegiatan tersebut? d. Apa hasil
yang dicapai? |
a.
Kegiatan yang dirancang dalam
setiap program tahunan maupun bulanan sekolah, yang melibatkan guru untuk
perkembangan kemampuan dan minat bakat sebagai pembentukan karakter murid. b.
Langkah pertama yang guru lakukan
adalah membuat kesepakatan untuk menyamakan visi dan misi dalam sebuah
kegiatan tertentu. Contohnya dalam pelaksanaan pameran karya. Dimana setiap
murid menciptakan karyanya dalam kurun waktu 4 bulan terakhir, baik dalam
bentuk karya 2 dimensi maupun 3 dimensi. Dalam kegiatan tersebut, murid turut
ikut serta dalam menjual dan mengunjungi setiap stand yang tersedia. c.
Peran para guru dalam kegiatan ini
adalah memfasilitasi dan memotivasi murid dalam membuat prakarya 2 atau 3
dimensi sehingga bisa dipamerkan dalam ajang tersebut. d.
Terciptanya berbagai karya,
kolaborasi yang baik dalam tim, penggalian potensi murid yang mendalam. |
2) Pembelajaran apa yang Bapak/Ibu peroleh
dari pengalaman tersebut? |
Hal baru yang didapatkan adalah : ü
Mengetahui bahwa setiap murid
memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. ü
Pengelolaan jangka waktu sebelum
melaksanakan kegiatan pameran karya. |
3) Ceritakan pengalaman Bapak/Ibu dalam
melakukan refleksi sehingga menemukan pembelajaran yang bermakna. |
Sebelum melakukan kegiatan, guru
berdiskusi terlebih dahulu dengan memberikan informasi sekilas mengenai
gambaran kegiatan kepada murid. Saat pelaksanaan, guru memancing
dengan beberapa pertanyaan terkait bagaimana cara mengelola stand pameran
karya setiap kelas. Siswa mampu berkomunikasi secara
langsung dengan pengunjung yang mendatangi stand. Kegiatan yang memberikan kesan baik
kepada murid, sehingga memberikan pengalaman yang bermakna untuk bisa
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. |