Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Perangkat Ajar Sekolah Penggerak

Sahabat Sahabat Trendguru.Id akan menjawab beberapa pertanyaan menyangkut tentang Modul Perangkat Ajar Sekolah Penggerak



N

o

Pertanyaan

Jawaban

 

1

 

Apakah guru  perlu menyusun ATP yang berbeda karena adanya prinsip Teaching on the right level?

 

Cukup satu ATP, namun dalam pengembangan modul ajar perlu disiapkan berbagai lembar kerja yang berbeda

untuk mengakomodir siswa dengan capaian kompetensi yang berbeda.

 

Dalam contoh modul ajar yang disediakan pemerintah, ada saran kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa, yaitu:

1.      Saran kegiatan Untuk siswa yang berminat belajar dan mengeksplorasi topik ini lebih jauh;

2.     Saran kegiatan untuk siswa yang kesulitan belajar topik yang sedang dipelajari.

 

2

Untuk  ATP   apakah  tingkat  satuan  pendidikan  bisa mengembangkan  sendiri ?

Ya, ATP yang disediakan berlaku sebagai contoh.

 

3

 

Apakah modul ajar sama dengan RPP?

 

Tidak, karena modul ajar berisi RPP dan informasi lainnya, seperti perkiraan biaya kegiatan, contoh hasil asesmen, penilaian asesmen (rubrik), dan informasi lainnya.

4

Bolehkah  membuat  modul  ajar  yang  komponennya tidak selengkap dengan modul ajar yang dicontohkan?

 

Apabila untuk digunakan oleh guru itu sendiri atau lingkungan sekitar, modul ajar boleh dibuat lebih sederhana selama modul ajar tersebut  dapat dipahami oleh guru dan guru pengganti jika guru tersebut tidak dapat hadir.

 

Modul ajar yang komponennya dibuat selengkap yang dicontohkan adalah modul ajar yang akan dimasukan ke dalam platform dan menjadi contoh untuk guru-guru se- Indonesia.

 

5

 

Apakah  dalam  kurikulum  ini  silabus  dan  RPP  tetap dibuat?

 

Jawaban Babon FAQ Kurikulum:

Silabus dan RPP perlu tetap dibuat. Silabus dapat mengadaptasi dari contoh ATP, sedangkan RPP dapat mengadaptasi dari contoh modul ajar yang telah disediakan. Format dan frekuensi pembuatan RPP (harian/mingguan) tidak ditetapkan oleh Pemerintah




 

 

 

Pusat dan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru

6

Apakah ATP dan modul ajar untuk jenjang SD,SMP, dan SMA untuk semua mata pelajaran sudah ada contohnya dari pemerintah pusat?

Untuk tahun pertama ini, perhatian diberikan untuk melengkapi ATP dan modul ajar kelas 1,4, 7 dan 10. Secara bertahap dan dengan semangat gotong royong, diharapkan contoh-contoh ATP dan modul ajar akan lebih lengkap.

7

Apakah buku teks lama masih dapat digunakan dalam kurikulum ini?

Jawaban Babon FAQ Kurikulum:

Buku teks adalah salah satu alat bantu yang digunakan

guru dan peserta didik untuk mencapai Capaian Pembelajaran. Buku teks lama dapat didigunakan secara modular dalam proses pembelajaran, namun harus sesuai dengan materi atau konten yang dibutuhkan

8

Bagaimana penggunaan beberapa referensi modul ajar yang dibuat pemerintah dalam pembelajaran di kelas?

Jawaban Babon FAQ Kurikulum:

Guru yang membutuhkan bantuan mengajar sebuah

materi, dapat mengakses modul ajar yang sesuai dan melihat kebutuhan konteks pengajaran. Utamanya Guru harus berefleksi dengan kebutuhan dan pengaplikasian di kelas