
LEMBAR KERJA LOKAKARYA 4
AKSI NYATA
Nama Kepala Sekolah/ Pengawas : Rizki Dasilva
Sekolah : SDIT Muhammadiyah Bireuen
Latar
Belakang
|
Apa yang mendasari Bapak Ibu membuat
rancangan tindakan ini?
|
Merancang pembelajaran yang berbasis data dan aset
|
Tujuan
|
Apa dampak yang ingin dilihat dari
rancangan tindakan ini?
|
Pembelajaran yang berbasisi lingkungan/sosial
|
Tolok Ukur
|
Bukti apa yang dapat dijadikan indikator
bahwa tindakan ini berjalan dengan baik?
|
Tercapai tujuan pembelajaran yang sudah
direncanakan, yaitu melakukan refleksi.
|
Linimasa
tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)
|
PRAKARSA
PERUBAHAN
|
|
TAHAPAN
|
Pertanyaan
|
Daftar
tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan
jawaban
|
B-uat
pertanyaan (Define)
●
Membuat
pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/
peluang;
●
Menggalang
atau membangun koalisi tim perubahan
|
Bagaimana cara menjalankan pembelajaran yang berbasis
aset modal lingkungan yang baik di
sekolah sesuai yang sudah direncanakan?
Pembelajaran mana yang diharapkan?
Apa yang akan dilakukan untuk
melaksanakan pembelajaran yang
berbasis modal lingkungan?
|
Melakukan pertemuan rutin untuk
meminta guru mengidentifikasi pembelajaran yang berbasis lingkungan yang
akan direncanakan, menyusun jadwal peLaksanaan
|
A-mbil
pelajaran (Discover)
●
Menyusun
pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat
investigasi;
●
Menentukan
bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok
kecil/besar, survei individu, multi unsur
|
Apa yang menjadi kekuatan utama
yang dimiliki oleh komunitas sekolah saya?
Apa yang sudah pernah bisa kita
dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran berbasis modal lingkungan/sosial ?
Bagaimana mewujudkan kelas impian
tersebut?
|
Sekolah kami mempunyai komunitas
pembeajaran yaitu komite pembelajaran yang berpungsi sebagai penggerak
komunitas guru
Meminta guru menceritakan
pengalamannya masing-masing
Meminta guru menyusun perencanaan
sesuai pengalamannya dan pemahamannya masing-masing
|
G-ali
mimpi (Dream)
●
Menyusun
deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;
●
Mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa
saja).
|
Siapa saja yang akan mendukung
perencanaan ini dan
Kapan perencanaan ini akan
diaksanakan?
|
Kepala sekolah melakukan rapat
rutin (rapat bulanan) dan semua guruemberikan informasi tentang
perencanaanpelaksanan dan kemudian guru akan menginforasikan kepada ketua paguyuban
tentang pelaksanaan perencanaan
|
J-abarkan
rencana (Design)
●
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang
akan memudahkan keseluruhan pencapaian;
●
Menyusun
definisi kesuksesan pencapaian
|
1.Apa saja yang persiapan yang
dilakukan untuk melakukan pembelajarn yang berbasis kekuatan lingkungan
sosial sesuai tujuan pembelajaran ?
2.Bagaimana
Agar pembelajaran menjadi sukses dilaksanakan
?
3.Apa yang pertama kita lakukan
untuk mewujudkan impian tersebut?
|
Mengidentifikasi biaya yang
diperlukan, menyusun perencanaan, melaksanakan perencanaan Membuat
pelaporan, mendokuentasikan dan memublikasikan
Membuat capaian yang realitas untuk
kelas
Membuat daftar siapa-siapa saja
yang bisa melakukan apa
|
A-tur
eksekusi (Deliver)
●
Menentukan
siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;
●
Mendesain
jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge
management, monev/refleksi)
|
Siapa yang menjadi penanggungjawab
kegiatan ini?
Bagaimana bentuk pelaporan
pelaksanaan kegiatan ini?
|
Kepala sekolah, guru, siswa,
orangtua siswa,komite pembelajaran, pengawas sekolah, pengajar praktik, Pelatih
Ahli,Dinas Terkait, Paguyuban kelas
Melakukan refleksi bersama-sama
Melakukan perencanaan lanjutan
|
Buat
Pertanyaan
|
Ambil
Pelajaran
|
Gali
Mimpi
|
Jabarkan
Rencana
|
Atur
Eksekusi
|
|
|
|
|
|
|
G-ali
mimpi (Dream) ●
Menyusun
deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; ●
Mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa
saja). | Siapa saja yang akan mendukung
perencanaan ini dan Kapan perencanaan ini akan
diaksanakan? | Kepala sekolah melakukan rapat
rutin (rapat bulanan) dan semua guruemberikan informasi tentang
perencanaanpelaksanan dan kemudian guru akan menginforasikan kepada ketua
paguyuban tentang pelaksanaan perencanaan | J-abarkan
rencana (Design) ●
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang
akan memudahkan keseluruhan pencapaian; ●
Menyusun
definisi kesuksesan pencapaian | 1.Apa saja yang persiapan yang
dilakukan untuk melakukan pembelajarn yang berbasis kekuatan lingkungan
sosial sesuai tujuan pembelajaran ? 2.Bagaimana Agar pembelajaran menjadi sukses
dilaksanakan ? 3.Apa yang pertama kita lakukan
untuk mewujudkan impian tersebut? | Mengidentifikasi biaya yang
diperlukan, menyusun perencanaan, melaksanakan perencanaan Membuat
pelaporan, mendokuentasikan dan memublikasikan Membuat capaian yang realitas untuk
kelas Membuat daftar siapa-siapa saja
yang bisa melakukan apa | A-tur
eksekusi (Deliver) ●
Menentukan
siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ●
Mendesain
jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge
management, monev/refleksi) | Siapa yang menjadi penanggungjawab
kegiatan ini? Bagaimana bentuk pelaporan
pelaksanaan kegiatan ini? | Kepala sekolah, guru, siswa,
orangtua siswa,komite pembelajaran, pengawas sekolah, pengajar praktik,
Pelatih Ahli,Dinas Terkait, Paguyuban kelas Melakukan refleksi bersama-sama Melakukan perencanaan lanjutan |
Dukungan
yang dibutuhkan:
|
Apa
saja bahan, alat atau pihak yang dibutuhkan untuk menjalankan tindakan?
|
Bagaimana
Bapak dan Ibu akan mendapatkannya?
|
Bahan:
lKS
Alat; KIT
atletik, Transportasi, dana
Pihak:Guru ,
Pendamping
|
Koordinasi dengan
komite sekolah, dinas, pengawas sekolah dan pemangku kepentingan
|
|