Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Kerja Merancang Pembelajaran Berbasis Data dan Aset Di Sekolah Penggerak

Lembar Kerja Merancang Pembelajaran Berbasis Data dan Aset Di Sekolah Penggerak

LEMBAR KERJA LOKAKARYA 4
AKSI NYATA
Nama Kepala Sekolah/ Pengawas : Rizki Dasilva
Sekolah : SDIT Muhammadiyah Bireuen

Latar Belakang

Apa yang mendasari Bapak Ibu membuat rancangan tindakan ini?

Merancang pembelajaran yang berbasis data dan aset

Tujuan

Apa dampak yang ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?

Pembelajaran yang berbasisi lingkungan/sosial

Tolok Ukur

Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik?

Tercapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan, yaitu melakukan refleksi.

Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)

PRAKARSA PERUBAHAN

 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

      Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

      Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

Bagaimana cara  menjalankan pembelajaran yang berbasis aset modal lingkungan  yang baik di sekolah sesuai yang sudah direncanakan?

 

 

Pembelajaran mana yang diharapkan?

 

Apa yang akan dilakukan untuk

melaksanakan pembelajaran yang berbasis modal lingkungan?

 

Melakukan pertemuan rutin untuk meminta guru mengidentifikasi pembelajaran yang berbasis lingkungan yang akan direncanakan, menyusun jadwal peLaksanaan

 

A-mbil pelajaran (Discover)

      Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

      Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

Apa yang menjadi kekuatan utama yang dimiliki oleh komunitas sekolah saya?

 

 

 

 

Apa yang sudah pernah bisa kita dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran berbasis modal lingkungan/sosial ?

 

Bagaimana mewujudkan kelas impian tersebut?

Sekolah kami mempunyai komunitas pembeajaran yaitu komite pembelajaran yang berpungsi sebagai penggerak komunitas guru

 

 

Meminta guru menceritakan pengalamannya masing-masing

 

Meminta guru menyusun perencanaan sesuai pengalamannya dan pemahamannya masing-masing

G-ali mimpi (Dream)

      Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

      Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

Siapa saja yang akan mendukung perencanaan ini  dan

Kapan perencanaan ini akan diaksanakan?

Kepala sekolah melakukan rapat rutin (rapat bulanan) dan semua guruemberikan informasi tentang perencanaanpelaksanan dan kemudian guru akan menginforasikan kepada ketua paguyuban tentang pelaksanaan perencanaan

J-abarkan rencana (Design)

      Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

      Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

1.Apa saja yang persiapan yang dilakukan untuk melakukan pembelajarn yang berbasis kekuatan lingkungan sosial sesuai tujuan pembelajaran ?

 

2.Bagaimana

Agar pembelajaran menjadi sukses dilaksanakan ?

 

3.Apa yang pertama kita lakukan untuk mewujudkan impian tersebut?

Mengidentifikasi biaya yang diperlukan, menyusun perencanaan, melaksanakan perencanaan Membuat pelaporan, mendokuentasikan dan memublikasikan

 

Membuat capaian yang realitas untuk kelas

 

 

Membuat daftar siapa-siapa saja yang bisa melakukan apa

A-tur eksekusi (Deliver)

      Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

      Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

Siapa yang menjadi penanggungjawab kegiatan ini?

 

Bagaimana bentuk pelaporan pelaksanaan kegiatan ini?

Kepala sekolah, guru, siswa, orangtua siswa,komite pembelajaran, pengawas sekolah, pengajar praktik, Pelatih Ahli,Dinas Terkait, Paguyuban kelas

 

Melakukan refleksi bersama-sama

 

Melakukan perencanaan lanjutan

 

Buat Pertanyaan

Ambil Pelajaran

Gali Mimpi

Jabarkan Rencana

Atur Eksekusi


 

 

 

 

 

G-ali mimpi (Dream)

      Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

      Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

Siapa saja yang akan mendukung perencanaan ini  dan

Kapan perencanaan ini akan diaksanakan?

Kepala sekolah melakukan rapat rutin (rapat bulanan) dan semua guruemberikan informasi tentang perencanaanpelaksanan dan kemudian guru akan menginforasikan kepada ketua paguyuban tentang pelaksanaan perencanaan

J-abarkan rencana (Design)

      Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

      Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

1.Apa saja yang persiapan yang dilakukan untuk melakukan pembelajarn yang berbasis kekuatan lingkungan sosial sesuai tujuan pembelajaran ?

 

2.Bagaimana

Agar pembelajaran menjadi sukses dilaksanakan ?

 

3.Apa yang pertama kita lakukan untuk mewujudkan impian tersebut?

Mengidentifikasi biaya yang diperlukan, menyusun perencanaan, melaksanakan perencanaan Membuat pelaporan, mendokuentasikan dan memublikasikan

 

Membuat capaian yang realitas untuk kelas

 

 

Membuat daftar siapa-siapa saja yang bisa melakukan apa

A-tur eksekusi (Deliver)

      Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

      Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

Siapa yang menjadi penanggungjawab kegiatan ini?

 

Bagaimana bentuk pelaporan pelaksanaan kegiatan ini?

Kepala sekolah, guru, siswa, orangtua siswa,komite pembelajaran, pengawas sekolah, pengajar praktik, Pelatih Ahli,Dinas Terkait, Paguyuban kelas

 

Melakukan refleksi bersama-sama

 

Melakukan perencanaan lanjutan

Dukungan yang dibutuhkan:

 

Apa saja bahan, alat atau pihak yang dibutuhkan untuk menjalankan tindakan?

Bagaimana Bapak dan Ibu akan mendapatkannya?


Bahan:

lKS

Alat; KIT atletik,  Transportasi, dana

Pihak:Guru , Pendamping


Koordinasi dengan komite sekolah, dinas, pengawas sekolah dan pemangku kepentingan