Contoh Lembar Hasil Assesmen Siswa Di Sekolah Penggerak
Sahabat Sahabat Trenguru.Id berikut kami lampirkan Contoh Lembar Hasil Assesmen Siswa Di Sekolah Penggerak
Lampiran 1
HASIL ASSESMEN
Profil Siswa
1. Nama siswa : Dhea
2. Tanggal lahir : Batu 12 April 2011
3. Jenis kelamin : P
4. Usia /Fase B : 10 tahun
5. Ketunaan : Tunarungu
6. Agama : Islam
7. Sekolah : SDLB Kota Batu
8. Alamat : Bumi Aji Kota Batu
9. Nama orang tua : Dedi dan Yati
10. Informasi Sekolah
Nama Sekolah : SDLB N Kota Batu
Alamat : Bumi Aji Kota Batu
Dhea adalah anak Tuna Rungu riwayat kelahiran Dhea mendapatkan gangguan pada pengucapan dan pendengaran. Dhea juga mengalami gangguan wicara. Dhea tinggal bersama bapak, ibu,kakak dan adiknya. Dhea anak ke 2 dari 3 bersaudara, sedangkan kakak dan adiknya normal. Pada saat dilakukan assesment yaitu dia kesulitan dalam komunikasi dan membaca. Dia menggunakan bahasa isyarat ibu ( sehari- hari) dalam berinteraksi dengan orang sekitar. Masuk sekolah usia 8 tahun. Pelajaran yang cukup baik adalah matematika ( menghitung angka, tidak faham kalimat/soal cerita ). Hasil tulisannya bagus, rapi dan dapat dibaca.
Pemahaman terhadap kalimat kurang dan membutuhkan pengulangan-pengulangan dalam penjelasan materi.
DRAF
Lampiran 2
Program Pembelajaran Individu (PPI)
Format A
1. Identitas Siswa
Nama : Dhea
Tanggal Lahir/ usia : 10 tahun
Jenis Kelamin : P
Kelas : IV
Alamat : Bumi Aji Batu
2. Level komunikasi :
a. Bahasa ekspresif
• Bahasa yang digunakan adalah gesture, isyarat dan symbol Gambar
• Mengekspresikan rasa suka dan tidak suka dengan bahasa isyarat maupun gesture (tertawa, menangis, mendorong, berontak)
• Meminta dengan cara menarik tangan orang lain.
• Berjabat tangan untuk menyapa orang lain atau memberi salam ketika
datang.
b. Bahasa reseptif :
Memahami perintah guru apabila guru menyentuhnya atau menunjuk benda contohnya lingkaran pagi ambil symbol lingkaran pagi.
3. Informasi penting tentang peserta didik :
• Dhea pernah periksa pendengarannya di RS Denpasar
• Dhea sulit makan menu makannya hanya sayur kelor
4. Kondisi lain yang berhubungan dengan anak ada kelainan pada alat tekaknya
5. Layanan lain yang sebaiknya diberikan berkonsultasi ke ahli medis.
6. Tujuan Jangka Panjang ( 5 tahun 0 dan tujuan jangka pendek ( 1tahun )
a) Area Sosial dan Komunikasi
1. Tujuan jangka panjang
- Dhea mampu berkomunikasi dua arah dengan guru, teman dan orang lain di sekitarnya dengan menggunakan gambar dan isyarat.
- FR mengenal dirinya, teman dan guru di kelasnya.
2. Tujuan jangka pendek
- Dhea mampu membaca gambar sayuran dan buah-buahan sebagai symbol aktivitas
- Dhea mampu mengunngkapkan keinginannya ( meminta, menolak, memilih) dengan menggunakan symbol
b) Area Bina diri
1. Tujuan jangka pendek
- Dhea mampu melakukan kegiatan kebersihan diri dan kerumah
tanggaan secara mandiri
2. Tujuan jangka panjang
- Dhea mampu mengucapkan 10 kata buah-buahan dan sayuran
- Dhea mampu menyusun dan mengucapkan kalimat sederhana
c) Area Bekerja
1. Tujuan jangka pendek
- Dhea mampu mengucapkan dan menunjukkan kalimat perintah “
ambil mangga dua buah”
- Dhea mampu mengucapkan “ saya mengupas mangga”
- Dhea mampu mengupas mangga dengan pisau
2. Tujuan jangka panjang
- Dhea mampu mengucapkan “ Dhea mengambil mangga dua buah”
- Dhea mampu menyusun kalimat sederhana
Format B
Kelas kronoligis : Dasar 1
Tgl penyusunan : 27 Oktober 2020
Tgl evaluasi : 27 Januari 2021
Guru kelas : Anna
Area dan kelas kemampuan
Binadiri Bekerja Komunikasi & sosialisasi
Dasar 1 Dasar 1 Dasar 1
1. Area / aspek : Komunikasi Sosial
2. Kemampuan anak saat ini.
a) Bahasa ekspresif :
•Bahasa yang digunakan adalah gesture, isyarat dan symbol /
gambar
• Mengekspresikan rasa suka dan tidak suka dengan bahasa isyarat maupun gesture (tertawa, menarik tangan/ obyek, menangis, mendorong, berontak)
• Berjabat tangan untuk menyapa orang lain atau apabila ada orang yang datang.
b) Bahasa reseptif :
• Memahami permintaan lawan bicara dengan mengucapkan namanya dengan ucapan bicaranya atau menunjukkan benda .atau arah tertentu Misalnya ambilkan apel : ambil simbolnya.
3. kemampuan yang akan dikembangkan
Memahami perintah dengan isyarat atau simbol
4. Tujuan khusus
a) Tujuan khusus 1 :
Kondisi : .Memahami perintah
Perilaku : Dhea akan dapat mengambil symbol benda atau menunjuk symbol gambar yang tepat untuk suatu tugas ( Membuang sampah)
Pencapaian : 80 %
Waktu : 3 bulan.
b) Tujuan khusus 2 :
Kondisi : Memahami perintah
Perilaku : Dhea akan mengungkapkan kata ‘ia….bisa….capek dengan insyarat/ gesture sesuai keinginan dan konteksnya
Pencapaian : 80%.
Waktu : 3 bulan.