Contoh Modul Ajar Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Penggerak Tema 2
Satuan Pendidikan : SDIT Muhammadiyah Bireuen
Fase / Kelas : B /4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bab/Tema : 2. Di bawah Atap
Alokasi Waktu : 6 Minggu
Model Pembelajaran : Tatap muka
Profil Pelajar Pancasila :
- Bernalar kritis
- Gotong royong
- Mandiri
- Kreatif
Alur Konten Capaian Pembelajaran :
1. Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
2. Berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi
3. Menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman siswa terhadap tulisan dan gambar pendukung
2. Mengidentifikasi dan memahami kata-kata yang memiliki makna jamak yang sering digunakan sehari-hari. Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak
4. Menulis kata_kata yang sering ditemui menggunakan pengetahuannya tentang kombinasi semua huruf
5. Menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah dipahami pendengar
6. 1. Membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
2. Mengembangkan kategori yang lebih terperinci (misalnya membandingkan objek dan ciri- cirinya) berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks naratif dan informasional.
7. Menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan
8. Mencari informasi untuk mendukung presentasi menggunakan mesin pencari pada internet yang telah diverifikasi keamanannya.
9. Menulis atau menggambarkan sebuah topik dengan struktur deskripsi untuk beragam konteks dan tujuan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan aktif
3. Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat
5. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat
6. Melalui latihan menulis, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.
7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
8. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
9. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
10. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.
11. Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.
Deskripsi umum Tujuan Pembelajaran :
Melalui berbagai teks dan kegiatan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan, mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia, menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, serta mencari informasi dan mempresentasikannya.
Sumber dan Media pembelajaran :
- Buku Siswa
- Buku cerita anak
- Media cetak dan elektronik
- Brosur dan poster tentang hemat listrik
- Internet
- Laptop
- Infokus
- KBBI
- Kamus Kata
Motode, Model, dan Pendekatan Pembelajaran :
a. Metode : Tanya Jawab, diskusi, bercerita, Latihan
b. Pendekatan : Sainstifik
c. Model Pembelajaran : Cooperatif Learning
• Alur Konten Capaian Pembelajaran : Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
• Tujuan Pembelajaran : Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
• Indikator Kompetensi: - Menjelaskan kembali informasi dari teks yang disimak.
- Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibacakan dengan tepat.
• Profil Pelajar Pancasila : Mandiri
Urutan Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan Siap-siap belajar
1. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan memberi salam, menyapa, membaca doa, dan menanyakan kehadiran.
2. Sebagai penumbuh semangat dan konsentrasi dalam belajar, guru mengajukan beberapa pertanyaan pembuka :
- Apakah kamu suka membantu ibu atau ayah?
- Apakah kamu punya kucing atau hewan peliharaan lain?Siapa yang memberi
makan?; atau
- Apa nama hewan peliharaanmu, mengapa dinamai seperti itu?
- Apakan peserta didik suka menyiram tanaman di rumah?
- Apakah kamu suka main air? Apa alasannya?
- Guru memberi semangat agar peserta didik lebih banyak mandiri dan terlibat untuk
membantu tugas keluarga dalam kegiatan sehari-hari di rumah.
( Peserta didik bebas mengungkapkan perasaannya tentang tugas yang dilakukan di rumah).
3. Memulai topik, guru mengajak peserta didik menyimak cerita “Kepala Suku Len” dengan cermat yang ceritanya di baca oleh guru.
4. Guru dan peserta dididk melakukan tanya jawab tentang isi teks yang kurang dipahami, misalnya mengenai panggilan ibu dalam bahasa batak. Kemudian menanyakan panggilan ibu untuk daerah lain.
5. Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa tanpa melihat teks bacaan sebagai penilaian formatif. (Instrumen terlampir)
6. Setelah menjawab pertanyaan, peserta didik membaca kembali teks cerita “ Kepala Suku Len” dan membolehkan memeriksa jawaban kembali.
7. Peserta didik merefleksikan diri tentang kesulitan yang dialaminya dalam proses pembelajaran.
8. Guru membahas kesulitan peserta didik agar pembelajaran lebih bermakna dan anak termotivasi lagi untuk pembelajaran berikutnya
9. Guru memberi tugas rumah, merancang tugas yang akan dikerjakan di rumah sebagai projek mingguan yang dilaporkan misalnya membantu menyiram bunga atau membereskan sampah secara konsisten selama seminggu.
10. Peserta didik dan guru berdoa bersama-sama. Guru menutup pertemuan.
Catatan : Tugas rumah, merancang tugas yang akan dikerjakan di rumah sebagai projek mingguan yang dilaporkan misalnya membantu menyiram bunga atau membereskan sampah secara konsisten selama seminggu.
Pertemuan 1
1. Kegiatan : Menyimak (Cerita Kepala Suku Len di buku Siswa halaman 28)
Simaklah dengan baik cerita “ Kepala Suku Len” yang akan di bacakan guru! Kepala Suku Len Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air. Dengan semprotan air di tangannya, Tigor dapat membuat, hujan. Jika Tigor memutar kepala semprotan ke kanan, Tigor bisa menyemprotkan air lebih jauh. Jika Tigor memutar kepala semprotan ke kiri, air keluar seperti hujan gerimis. Kadang-kadang Tigor dapat melihat pelangi! sayangnya, Molen tidak suka. Kucing yang suka membuntuti Tigor itu takut air. Begitu Tigor menyalakan keran, Molen segera kabur dan masuk rumah.
Baiklah, Tigor bekerja sendiri saja. . . Rasanya Tigor ingin menyiram Tanaman seharian, apalagi saat cuaca panas seperti ini. Tentu saja Inang tidak membolehkannya karena halaman akan menjadi becek. Kata Inang, menyiram tanaman secara berlebihan itu membuang-buang air. Itu tidak baik.
2. Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini! Kalian tidak diperbolehkan membuka Buku Siswa untuk mencari jawabannya. Tuliskan jawaban kalian di buku tulis!
1. Mengapa Tigor suka menyiram tanaman?
2. Apakah yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?
3. Disebut apakah tanaman Kak Tiur?
4. Mengapa tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?
5. Siapakah Molen?
6. Siapakah yang tidak membolehkan Tigor menyiram tanaman secara berlebihan?
7. Apakah nama suku keluarga Tigor?
8. Apakah nama marga Tigor dan Kak Tiur?
9. Mengapa Tigor mengira Molen ada hubungannya dengan tanaman Kak Tiur?
10. Jabatan apa yang disebutkan Tigor untuk Molen?
3. Asesmen
Instrumen Memahami Isi Teks yang Dibacakan
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Peserta Didik |
|||
Mampu
Menjawab 8 -10 Pertanyaan dengan Baik Nilai
= 4 |
Mampu Menjawab 4-7 Pertanyaan dengan
Baik Nilai = 3 |
Mampu
Menjawab 2—4 Pertanyaan dengan Baik Nilai
= 2 |
Belum
Mampu Menjawab Pertanyaan dengan Baik Nilai
= 1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
4
:
Sangat Baik 3 : Baik 2 : Cukup 1 : Kurang
4. Tugas
Rumah
Rancanglah
tugas yang akan dikerjakan di rumah
sebagai projek mingguan yang dilaporkan misalnya membantu menyiram bunga atau
membereskan sampah secara konsisten selama seminggu
Nama Pekerjaan |
Hari |
Waktu Mengerjakan (Pagi hari/Siang hari/Malam hari) |
....................................... |
1 |
............................................................................. |
2 |
............................................................................... |
|
3 |
............................................................................... |
|
4 |
............................................................................... |
|
5 |
............................................................................... |
|
6 |
............................................................................... |
|
7 |
............................................................................... |
5.
Refleksi
Mengadakan
refleksi dengan memberikan beberapa Pertanyaan
terkait materi yang telah dipelajari, misalnya ; 1. Bagaimana
perasaanmu setelah mengikuti pelajaran hari ini? 2. Apakah kamu telah mengerti semua? 3. Bagian
mana yang paling kamu sukai? 4. Apa yang tidak
kamu sukai di materi ini? 5. Apakah kalian bersedia mengikuti materi berikutnya? |
PENGAYAAN (Diberikan pada siswa dengan pencapaian hasil belajar tinggi) Bentuk pengayaan untuk
siswa dengan
kecepatan belajar dan kemampuan belajar yang baik bisa diberikan buku cerita pendek |
REMEDIAL (Diberikan pada siswa yang kemampuan belajar membutuhkan pendampingan) Membaca
kembali cerita “ Kepala Suku Len” dan menjawab
pertanyaan lagi tanpa melihat teks. |
8. Glosarium
Glosarium |
|
Kata |
Arti |
Inang |
Panggilan
ibu dalam bahasa Batak |
Marga |
Nama
pertanda bagi seseorang darimana orang tersebut berasal |
sistematis |
Runtut,
berurutan |
Kepala
suku |
Sebutan
untuk seseorang yang memegang kepemimpinan tertinggi dalam sebuah suku
masyarakat. |
9.
Daftar
Pustaka
Daftar pustaka |
|
Nama buku |
Link buku |
Bahasa
Indonesia (siswa) kelas 4 |
https://drive.google.com/file/d/1O8VCJBGGzSUfacxNxDPWl4yzDC6NdFAp/view?usp=sharing |