Contoh Modul Ajar Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Penggerak
Satuan Pendidikan : SDIT Muhammadiyah Bireuen
Fase / Kelas : B /4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bab/Tema : 1. Sudah besar
Alokasi Waktu : 6 Minggu
Model Pembelajaran : Tatap muka
Profil Pelajar Pancasila :
- Gotong royong
- Mandiri
- Kreatif
Alur Konten Capaian Pembelajaran :
1. Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
2. Berbicara dengan santun, menggunakan kata maaf, tolong, permisi, dan terimakasih.
Berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara.
3. 1. Mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif di dalam cerita.
2. Menuliskan kalimat menggunakan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya dan sesuai
kaidah bahasa Indonesia.
4. Membaca dan mengucapkan kata kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih)
menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
5. Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
6. Menuliskan kalimat dengan unsur subjek predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan.
7. Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.
8. Memahami cara mencari kata dalam kamus
9. Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.
10. Membuat proyek kamus atau membuat kotak kamus baru
11. Membuat jurnal membaca buku, majalah, koran, artikel di internet, atau sumber lain yang menceritakan hobi.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu mengungkapkan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun
3. Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik
4. Peserta didik menuliskan kebiasaannya di rumah terkait barang-barangnya yang tidak dipakai lagi.
5. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
6. Melalui kegiatan menyimak teks cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
7. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia
8. Melalui kegiatan jelajah kata, peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata baru pada teks bacaan.
9. Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik dapat mencari kata dalam kamus cetak.
10. Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.
11. Melalui kegiatan kreativitas, peserta didik dapat membuat proyek kamus atau kotak kamus baru dengan mandiri.
12. Melalui kegiatan membuat jurnal membaca, peserta didik dapat membuat jurnal dari buku yang dibacanya dengan tepat.
Deskripsi umum Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak, membaca, dan mendiskusikan bacaan, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita; mengucapkan kata-kata yang panjang; mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan; serta mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat
Sumber dan Media pembelajaran :
- Buku siswa
- Buku guru
- Buku cerita
- Alat tulis
- Internet
- Kamus Bahasa Indonesia
- Laptop
- Infokus
- Majalah
- Koran
Motode, Model, dan Pendekatan Pembelajaran :
a. Metode : Tanya Jawab, diskusi, bercerita,
b. Pendekatan : Sainstifik
c. Model Pembelajaran : Cooperatif Learning
Pertemuan 1 : Kegiatan tatap muka 70 menit
Alur Konten Capaian Pembelajaran : Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
Tujuan Pembelajaran : Dengan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi
Indikator Kompetensi :
- Melakukan instruksi lisan dengan baik.
Profil Pelajar Pancasila : Mandiri
Urutan Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan Siap-siap belajar
1. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan memberi salam, menyapa, membaca doa, dan menanyakan kehadiran.
2. Sebagai penumbuh semangat dan konsentrasi dalam belajar, guru melakukan tanya jawab dengan beberapa pertanyaan pemantik yang terkait kemandirian pribadi. Contoh : - Siapa yang menyiapkan sarapan pagimu? – Kapan kamu mempersiapkan buku dan alat tulis sekolah? Dll. (Menyoroti perubahan positif pada peserta didik terkait kemandirian pribadi)
3. Guru memberikan pertanyaan pendahuluan mengenai cerita yang pernah di baca, dan menanyakan tentang isi cerita yang dibacanya sebelum peserta didik memasuki topik pembelajaran. Pertanyaan ini untuk memancing keberanian dalam mengkomunikasikan dan kemampuan berbahasa peserta didik.
4. Memulai topik, guru mengajak siswa membaca cerita “ Tak Muat Lagi” dengan nyaring secara bergantian.
5. Guru meminta siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di hadapi tokoh cerita “ Tak Muat Lagi” dan mengaitkan dengan pengalaman pribadi ( Pertanyaan ada di buku siswa dan Instrumen terlampir).
6. Bagi peserta didik yang sudah lancar menulis, maka mereka akan menuliskan jawaban di buku tulis.
7. Peserta didik merefleksikan diri tentang kesulitan yang dialaminya dalam proses pembelajaran.
8. Guru membahas kesulitan peserta didik agar pembelajaran lebih bermakna dan anak termotivasi lagi untuk pembelajaran berikutnya
9. Guru memberi tugas rumah, memahami hubungan kakak adik sebagai materi yang akan di pelajari pada pembelajaran berikutnya.
Peserta didik dan guru berdoa bersama-sama. Guru menutup pertemuan.
Catatan : Tugas rumah, memahami hubungan kakak adik yang akan di pelajari pada pembelajaran berikutnya.
Pertemuan 1
1. Kegiatan : Membaca
Penggalan cerita “ Tak Muat Lagi” (Buku siswa Bab 1. Sudah Besar hal. 3)
Lala baru saja pulang sekolah. Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah. Segelas air dingin, itulah yang diinginkannya. “Kakak pasti haus. Ini, minum dulu.” Kiki menyodorkan segelas air. Adiknya itu memang baik. “Waaaah, terima ka ….” Lala menghentikan ucapannya begitu melihat baju yang dipakai Kiki. Itu baju biru polkadot favoritnya! “Kenapa kamu memakai bajuku?” Lala bertanya dengan kesal. “Kata Ibu, baju ini untukku. Kakak kan sudah tidak pernah lagi memakainya,” jawab Kiki bingung.
2. Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Sampaikan kembali cerita “ Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!
2. Mengapa Lala kesal kepada Kiki?
3. Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?
4. Menurutmu, bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya
kepada Kiki?
5. Apakah kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta
adik?
6. Bayangkan diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak
Seperti Lala?
3. Asesmen
Instrumen
Penilaian untuk Memahami Permasalahan Tokoh Cerita
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Peserta Didik
|
|||
Mampu
Menjawab Semua Pertanyaan dengan Baik
Nilai
= 4 |
Mampu
Menjawab 4—5 Pertanyaan dengan Baik
Nilai
= 3 |
Mampu
Menjawab 2—3
Pertanyaan dengan Baik
Nilai
= 2 |
Belum
Mampu Menjawab Pertanyaan dengan Baik
Nilai
= 1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
4 : Sangat Baik 3 : Baik 2 : Cukup 1 : Kurang
4. Refleksi
Mengadakan
refleksi dengan memberikan beberapa Pertanyaan
terkait materi yang telah dipelajari, misalnya ; 1. Bagaimana
perasaanmu setelah mengikuti pelajaran hari ini? 2. Apakah kamu telah mengerti semua? 3. Bagian
mana yang paling kamu sukai? 4. Apa yang tidak
kamu sukai di materi ini? 5. Apakah kalian bersedia
mengikuti materi berikutnya?
|
PENGAYAAN (Diberikan pada siswa dengan pencapaian hasil belajar tinggi)
Bentuk pengayaan untuk
siswa dengan
kecepatan belajar dan kemampuan belajar yang baik bisa diberikan buku cerita pendek atau teks cerita lain lebih satu
paragraf dan menyampaikan kembali dengan kata-kata sendiri. |
REMEDIAL (Diberikan pada siswa yang kemampuan belajar membutuhkan pendampingan)
Hanya
diberikan teks cerita yang lebih sederhana untuk dianalisis,
dengan alur cerita yang mudah dan tidak rumit dan paragraf sedikit dan
disampaikan kembali dalam dua kalimat saja. |
Teks cerita untuk Pengayaan
Mita sangat menyukai tanaman bunga. Dia menyiram tanaman bunganya setiap hari. Di taman bunganya terdapat tanaman bunga mawar, melati, lidah buaya, dan masih banyak tanaman bunga yang lain. Mita melihat ibunya merawat tanaman secara teratur. “Bu, biar Mita membantu,” seru Mita memohon.Ya, boleh. Mita pun ikut merawat tanaman bunga seperti yang dilakukan ibunya.
Minggu pagi, Mita pergi ke pasar tanaman bunga bersama ibu. Banyak l tanaman bunga yang di jual. Orang-orang membeli tanaman bunga kesukaan masing-masing. Mita melihat tanaman bunga kamboja. Dia minta pada ibu untuk membelikannya. “Bu, beli tanaman kamboja ya?” mohon Mita. “Boleh, asal Mita tetap rajin merawatnya. “Ya,bu, jawab Mita.Kemudian Mita memilih tanaman bunga yang disukainya. “Berapa harga tanaman bunga ini pak”? tanya Mita. Penjual menjawab, “ Rp 10.000,00”. “Apakah adik suka”? tanya penjual. Saya suka yang ini, tunjuk Mita pada tanaman bunga kamboja yang berwarna merah. Setelah membayar, Mita membawa tanaman bunga kamboja pulang ke rumah. Dia ingin merawat tanaman bunga yang dibelinya dengan baik seperti pesan ibunya.
Sampaikan kembali teks cerita di atas di depan kelas!
Teks cerita untuk Remedial
“Perlengkapan Eksprimen”
Pada suatu pagi, ketika Amin berangkat menuju kesekolah, di jalan dia bertemu dengan teman sekolahnya Yahya.
Hai, Yahya, apakabar kamu pagi ini? “Apa yang kamu bawa ditangan”? tanya Amin penasaran. Kabar baik, jawab Yahya. Oh ini. Ini daun seledri, gelas, pewarna dan air.
Hari ini kami di kelas ada kegiatan eksperimen. Saya membawa perlengkapan eksperimen seperti yang disampaikan bu guru.
Sampaikan kembali 2 kalimat teks di atas di depan kelas.
4. Glosarium
Glosarium
|
|
Kata |
Arti |
cuaca |
Keadaan
udara pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas |
mengelak |
Melepaskan
diri dari tuduhan |
gerah |
Berasa
panas badan(karena tak ada angin) / palak |
mematut |
Mengatur
supaya baik |
polkadot |
Corak
pola yang terdiri dari susunan lingkaran-lingkaran dalam ukuran dan jarak
yang sama satu sama lain |
5. Daftar Pustaka
Daftar pustaka
|
|
Nama buku |
Link buku |
Bahasa
Indonesia (siswa) kelas 4
|
https://drive.google.com/file/d/1O8VCJBGGzSUfacxNxDPWl4yzDC6NdFAp/view?usp=sharing |