Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Modul Ajar Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Penggerak

Contoh Modul Ajar Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Penggerak


Satuan Pendidikan : SDIT Muhammadiyah Bireuen
Fase / Kelas : B /4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bab/Tema : 1. Sudah besar
Alokasi Waktu : 6 Minggu
Model Pembelajaran : Tatap muka

Profil Pelajar Pancasila : 
- Bernalar kritis
- Gotong royong
- Mandiri
- Kreatif

Alur Konten Capaian Pembelajaran :

1. Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

2. Berbicara dengan santun, menggunakan kata maaf, tolong, permisi, dan terimakasih.

Berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara.

3. 1. Mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif di dalam cerita.

2. Menuliskan kalimat menggunakan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya dan sesuai

kaidah bahasa Indonesia.

4. Membaca dan mengucapkan kata kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih)

menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

5. Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.

6. Menuliskan kalimat dengan unsur subjek predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan.

7. Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.

8. Memahami cara mencari kata dalam kamus

9. Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.

10. Membuat proyek kamus atau membuat kotak kamus baru

11. Membuat jurnal membaca buku, majalah, koran, artikel di internet, atau sumber lain yang menceritakan hobi.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi

2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu mengungkapkan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun

3. Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik

4. Peserta didik menuliskan kebiasaannya di rumah terkait barang-barangnya yang tidak dipakai lagi.

5. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

6. Melalui kegiatan menyimak teks cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

7. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia

8. Melalui kegiatan jelajah kata, peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata baru pada teks bacaan.

9. Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik dapat mencari kata dalam kamus cetak.

10. Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.

11. Melalui kegiatan kreativitas, peserta didik dapat membuat proyek kamus atau kotak kamus baru dengan mandiri.

12. Melalui kegiatan membuat jurnal membaca, peserta didik dapat membuat jurnal dari buku yang dibacanya dengan tepat.

Deskripsi umum Tujuan Pembelajaran :

Dengan menyimak, membaca, dan mendiskusikan bacaan, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita; mengucapkan kata-kata yang panjang; mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan; serta mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat


Sumber dan Media pembelajaran :

- Buku siswa

- Buku guru

- Buku cerita

- Alat tulis

- Internet

- Kamus Bahasa Indonesia

- Laptop

- Infokus

- Majalah

- Koran


Motode, Model, dan Pendekatan Pembelajaran :

a. Metode : Tanya Jawab, diskusi, bercerita,

b. Pendekatan : Sainstifik

c. Model Pembelajaran : Cooperatif Learning

Pertemuan 1 : Kegiatan tatap muka 70 menit

Alur Konten Capaian Pembelajaran : Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

Tujuan Pembelajaran : Dengan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi

Indikator Kompetensi : 
- Menjelaskan kembali informasi dari teks yang dibacakan.
- Melakukan instruksi lisan dengan baik.
- Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibacakan dengan tepat.

Profil Pelajar Pancasila : Mandiri

Urutan Kegiatan Pembelajaran :


Kegiatan Siap-siap belajar

1. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan memberi salam, menyapa, membaca doa, dan menanyakan kehadiran.

2. Sebagai penumbuh semangat dan konsentrasi dalam belajar, guru melakukan tanya jawab dengan beberapa pertanyaan pemantik yang terkait kemandirian pribadi. Contoh : - Siapa yang menyiapkan sarapan pagimu? – Kapan kamu mempersiapkan buku dan alat tulis sekolah? Dll. (Menyoroti perubahan positif pada peserta didik terkait kemandirian pribadi)

3. Guru memberikan pertanyaan pendahuluan mengenai cerita yang pernah di baca, dan menanyakan tentang isi cerita yang dibacanya sebelum peserta didik memasuki topik pembelajaran. Pertanyaan ini untuk memancing keberanian dalam mengkomunikasikan dan kemampuan berbahasa peserta didik.

4. Memulai topik, guru mengajak siswa membaca cerita “ Tak Muat Lagi” dengan nyaring secara bergantian.

5. Guru meminta siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di hadapi tokoh cerita “ Tak Muat Lagi” dan mengaitkan dengan pengalaman pribadi ( Pertanyaan ada di buku siswa dan Instrumen terlampir).

6. Bagi peserta didik yang sudah lancar menulis, maka mereka akan menuliskan jawaban di buku tulis.

7. Peserta didik merefleksikan diri tentang kesulitan yang dialaminya dalam proses pembelajaran.

8. Guru membahas kesulitan peserta didik agar pembelajaran lebih bermakna dan anak termotivasi lagi untuk pembelajaran berikutnya

9. Guru memberi tugas rumah, memahami hubungan kakak adik sebagai materi yang akan di pelajari pada pembelajaran berikutnya.

Peserta didik dan guru berdoa bersama-sama. Guru menutup pertemuan.

Catatan : Tugas rumah, memahami hubungan kakak adik yang akan di pelajari pada pembelajaran berikutnya.

Pertemuan 1


1. Kegiatan : Membaca

Penggalan cerita “ Tak Muat Lagi” (Buku siswa Bab 1. Sudah Besar hal. 3)

Bacalah cerita berikut ini dengan nyaring secara bergantian!

Lala baru saja pulang sekolah. Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah. Segelas air dingin, itulah yang diinginkannya. “Kakak pasti haus. Ini, minum dulu.” Kiki menyodorkan segelas air. Adiknya itu memang baik. “Waaaah, terima ka ….” Lala menghentikan ucapannya begitu melihat baju yang dipakai Kiki. Itu baju biru polkadot favoritnya! “Kenapa kamu memakai bajuku?” Lala bertanya dengan kesal. “Kata Ibu, baju ini untukku. Kakak kan sudah tidak pernah lagi memakainya,” jawab Kiki bingung. 

2. Soal Evaluasi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Sampaikan kembali cerita “ Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!

2. Mengapa Lala kesal kepada Kiki?

3. Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?

4. Menurutmu, bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya

kepada Kiki?

5. Apakah kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta

adik?

6. Bayangkan diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak

Seperti Lala?

3. Asesmen

 

Instrumen Penilaian untuk Memahami Permasalahan Tokoh Cerita

No

Nama Peserta Didik

Nilai Peserta Didik

 

Mampu Menjawab Semua Pertanyaan dengan Baik

 

Nilai = 4

Mampu Menjawab 4—5 Pertanyaan dengan Baik

 

Nilai = 3

Mampu Menjawab

2—3 Pertanyaan dengan Baik

 

Nilai = 2

Belum Mampu Menjawab Pertanyaan dengan

Baik

 

Nilai = 1

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

4      : Sangat Baik            3 : Baik                    2 : Cukup            1 : Kurang  

4. Refleksi

 

Mengadakan refleksi dengan memberikan beberapa   

Pertanyaan terkait        materi        yang telah        dipelajari, misalnya   ;

1. Bagaimana perasaanmu 

    setelah mengikuti pelajaran   

    hari ini?

2. Apakah kamu telah mengerti  

    semua?

3. Bagian mana yang paling  

    kamu sukai?

4. Apa yang tidak kamu sukai di  

    materi ini?

5. Apakah kalian bersedia  

    mengikuti        materi        berikutnya?

 

 

PENGAYAAN

(Diberikan pada siswa dengan     

pencapaian hasil belajar tinggi)

 

Bentuk pengayaan untuk siswa

dengan kecepatan belajar dan

kemampuan belajar yang        baik bisa diberikan buku cerita pendek atau teks cerita lain lebih satu paragraf dan menyampaikan kembali dengan kata-kata sendiri.

REMEDIAL

(Diberikan pada siswa yang kemampuan belajar membutuhkan

pendampingan)       

 

Hanya diberikan teks cerita yang lebih sederhana untuk

dianalisis, dengan alur cerita yang mudah dan tidak rumit dan paragraf sedikit dan disampaikan kembali dalam dua kalimat saja.

 

Teks cerita untuk Pengayaan

’’Tanaman Bunga Ku’’

Mita sangat menyukai tanaman bunga. Dia menyiram tanaman bunganya setiap hari. Di taman bunganya terdapat tanaman bunga mawar, melati, lidah buaya, dan masih banyak tanaman bunga yang lain. Mita melihat ibunya merawat tanaman secara teratur. “Bu, biar Mita membantu,” seru Mita memohon.Ya, boleh. Mita pun ikut merawat tanaman bunga seperti yang dilakukan ibunya.

Minggu pagi, Mita pergi ke pasar tanaman bunga bersama ibu. Banyak l tanaman bunga yang di jual. Orang-orang membeli tanaman bunga kesukaan masing-masing. Mita melihat tanaman bunga kamboja. Dia minta pada ibu untuk membelikannya. “Bu, beli tanaman kamboja ya?” mohon Mita. “Boleh, asal Mita tetap rajin merawatnya. “Ya,bu, jawab Mita.Kemudian Mita memilih tanaman bunga yang disukainya. “Berapa harga tanaman bunga ini pak”? tanya Mita. Penjual menjawab, “ Rp 10.000,00”. “Apakah adik suka”? tanya penjual. Saya suka yang ini, tunjuk Mita pada tanaman bunga kamboja yang berwarna merah. Setelah membayar, Mita membawa tanaman bunga kamboja pulang ke rumah. Dia ingin merawat tanaman bunga yang dibelinya dengan baik seperti pesan ibunya.

Sampaikan kembali teks cerita di atas di depan kelas!

Teks cerita untuk Remedial

“Perlengkapan Eksprimen”

Pada suatu pagi, ketika Amin berangkat menuju kesekolah, di jalan dia bertemu dengan teman sekolahnya Yahya.

Hai, Yahya, apakabar kamu pagi ini? “Apa yang kamu bawa ditangan”? tanya Amin penasaran. Kabar baik, jawab Yahya. Oh ini. Ini daun seledri, gelas, pewarna dan air.

Hari ini kami di kelas ada kegiatan eksperimen. Saya membawa perlengkapan eksperimen seperti yang disampaikan bu guru.

Sampaikan kembali 2 kalimat teks di atas di depan kelas.

4. Glosarium

 

Glosarium

 

Kata

Arti

cuaca

Keadaan udara pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas

mengelak

Melepaskan diri dari tuduhan

gerah

Berasa panas badan(karena tak ada angin) / palak

mematut

Mengatur supaya baik

polkadot

Corak pola yang terdiri dari susunan lingkaran-lingkaran dalam ukuran dan jarak yang sama satu sama lain

 

5. Daftar Pustaka

 

Daftar pustaka

 

Nama buku

Link buku

Bahasa Indonesia (siswa)  kelas 4

 

https://drive.google.com/file/d/1O8VCJBGGzSUfacxNxDPWl4yzDC6NdFAp/view?usp=sharing