Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyusun Cerita Praktik Baik terkait dengan Pembelajaran Paradigma Baru Sekolah Penggerak

 

Menyusun Cerita Praktik Baik terkait dengan Pembelajaran Paradigma Baru Sekolah Penggerak

LEMBAR KERJA 2

 

Nama Peserta               : Rizki Dasilva

Instansi                           : SD IT Muhammadiyah Bireuen

 

1.      Apa yang anda pahami dengan praktik Baik? Bagaimana kriterianya?

Praktik baik itu merupakan suatu keberhasilan yang didapatkan oleh seseorang dalam menjalankan proyek-proyeknya. Dikatakan berhasil, karena seseorang itu mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan yang dihadapinya ketika melakukan aksinya baik didalam ruang lingkup profesinya.

Menurut saya, kriteria dalam praktik baik itu dapat ditempuh dengan cara :

ü  Mengetahui informasi terkini jika tidak ingin tertinggal dama proses paradigma pembelajaran terbaru.

ü  Mengembangkan cara baru/motivasi, dalam masalah Pendidikan.

ü  Menjadi inspirasi.

ü  Mengatasi persoalan.

ü  Mampu memberikan sebuah perubahan.

 

 

2.      Mengapa praktik baik perlu dibagikan?

Bisa menjadi inspirator terbaik dalam perjalanan dunia Pendidikan / sebagai motivasi menuju keberhasilan.

 

 

3.      Ruang Lingkup Praktik baik

Berikan tanda yang tepat untuk ruang lingkup contoh praktik baik di bawah ini :

Berikan huruf a = Pengawas sekolah , b : Kepala sekolah dan c : guru 

 

       Peningkatan sikap toleransi dan keberagaman melalui pembelajaran biodiversity = Guru

       Pengembangan literasi sains dengan menanam tanaman = Guru

       Peningkatan peran serta orang tua peserta didik dalam pengelolaan lingkungan sekolah dengan pendekatan arisan bersama = Kepala Sekolah

       Pengembangan kemampuan belajar mengajar guru dengan membentuk peer coaching = Kepala Sekolah

       Supervisi manajerial penyusunan Rencana Kerja sekolah dengan menggunakan diagram fishbone di sekolah = Pengawas Sekolah

       Menciptakan label sekolah unggul melalui kegiatan literasi = Guru

       Gerakan kantin kelas berbasis karakter = Guru

       Pemanfaatan cloud computing untuk meningkatkan ketersediaan dokumen supervisi pada sekolah = Pengawas Sekolah

       Upaya peningkatan disiplin positif guru melalui komunikasi efektif oleh kepala sekolah = Kepala Sekolah

 

 

  1. Bagaimana kita bisa membagikan praktik baik agar dapat dijadikan pembelajaran oleh orang lain?

Mengshare praktik baik tersebut agar bisa berkelanjutan.

 

  1. Mengapa penting bagi kita untuk membuat kerangka cerita yang terstruktur dan jelas?

Prosesnya dapat mudah dipahami.

 

  1. Bagaimana Langkah-langkah dalam membuat tahapan kerangka cerita terstruktur dengan metode STAR?

Langkah-langkah dalam membuat kerangka cerita dengan metode STAR yaitu :

ü  Menemukan latar belakang masalah, bagaimana kondisi atau situasi yang dihadapi saat menjalani profesi tersebut agar tercapai tujuan yang diharapkan

ü  Ceritakan kesulitan-kesulitan yang menjadi tantangan

ü  Bagaimana cara kita dalam menyelesaikan masalah tersebut, dengan memperhatikan siapa yang terlibat, bagaimana prosesnya, dan Langkah-langkah bagaimana yang harus dilakukan

ü  Kembali menceritakan bagaimana aksi, pengalaman, hingga hasil yang diperoleh.

 

  1. Mengapa penting untuk mengumpulkan dokumen sumber belajar dalam satu tempat penyimpanan?

Sebagai salah satu aset terbaik dalam sumber belajar guna melancarkan proses yang berkenaan baik dalam proses pembelajaran maupun kelengkapan administrasi sekolah.

 

  1. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun pengumpulan dokumentasi sumber belajar?

Keselarasan, kesesuaian dalam pemanfaatan digitalisasi