Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembar Kerja Kepala Sekolah Penggerak Rencana Kebijakan Yang Memuliakan Hak Anak

 

Lembar Kerja Kepala Sekolah Penggerak Rencana Kebijakan Yang Memuliakan Hak Nak

LEMBAR KERJA 5. RENCANA KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH YANG MEMULIAKAN HAK ANAK 

Nama Peserta

: Rizki Dasilva S.Pd.I, MA

Instansi

: SDIT Muhammadiyah Bireuen

 

A.      REFLEKSI KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH YANG SUDAH DILAKUKAN

1.    Tuliskan salah satu kebijakan dan program sekolah yang memuliakan hak anak yang sudah berhasil dilakukan di sekolah Bapak/Ibu?

 

1.       Kegiatan Bebasis Proyek

 

 

 

 

 

 

 

2.    Bagaimana cara menerapkan kebijakan dan program sekolah tersebut?

 

 

1.       Melaksanakan Penguatan Profil pelajar Pancasila seperti (Pertunjukan Minat Bakat, Pameran Seni, Pojok Baca, Pemeran Karya dan Kegiatan lainnya

2.       Setiap Program sudah kita masukkan ke dalam Proker dan Prosem Sekolah

3.       Melibatkan semua pihak warga Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

3.    Apa indikator keberhasilan dari kebijakan dan program tersebut?

 

 

 

1.       Tumbuh Kesadaran nilai-nilai emosional

2.       Tumbuh kalaborasi antara guru dan wali siswa

3.       Percaya diri siswa semakin meningkat

4.       Terciptanya lingkungan yang menyenangkan

 

 

 

 

 

4.    Apa tantangan yang dihadapi selama proses penerapan?

 

 

 

1.       Sdm Guru

2.       Kerjasama antar warga sekolah

3.       Minimnya fasilitas

 

 

 

 

 

5.    Bagaimana strategi Bapak/Ibu dalam mengatasi tantangan tersebut?

 

 

 

1.       Melaksanakan kegiatan peningkatan SDM Guru

2.       Melakukan evaluasi Bersama wali siswa

3.       Menumbuhkan Usaha Milik Sekolah

 

 

 

 

 

 

B.      RENCANA KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH

Setelah melakukan refleksi terkait kebijakan dan program yang sudah dilakukan di sekolah, selanjutnya silakan Bapak/Ibu merancang kebijakan dan program sekolah yang memuliakan hak anak dengan mempertimbangkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) yang ingin dikembangkan. Kebijakan dan program bisa berasal dari program yang sedang berjalan maupun hal baru yang akan dikembangkan.

 

Bentuk Kebijakan dan Program

Keterangan (Sedang Berjalan / Program Baru)

Kompetensi Sosial Emosional yang Dikembangkan

Pihak yang Dilibatkan dalam Pengembangan

Langkah Pelaksanaan

Pertunjukan Minat Bakat Siswa

 

 

 

 

Program Baru

Optimis dan Visioner

Guru, siswa dan orangtua

Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan Proposal, Menentukan jadwal  dan tempat kegiatan, selanjutnya dilaksanakan

Out Door School

 

 

 

 

Sedang Berjalan

Simpatik dan tumbuh rasa saling peduli

Guru, siswa, masyarakat dan orangtua

Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan Proposal, Menentukan jadwal  dan tempat kegiatan, selanjutnya dilaksanakan dan dokumentasi

 

 

Pameran Karya Siswa

 

 

 

 

 

Sedang Berjalan

 

 

Kaloborasi,  senang berInovasi dan kreatifitas

 

 

Guru, siswa, masyarakat dan orangtua

Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan Proposal, Menentukan jadwal  dan tempat kegiatan, selanjutnya dilaksanakan dan dokumentasi