Lembar Kerja Kepala Sekolah Penggerak Rencana Kebijakan Yang Memuliakan Hak Anak
LEMBAR KERJA 5. RENCANA KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH YANG MEMULIAKAN
HAK ANAK
Nama
Peserta |
: Rizki Dasilva S.Pd.I, MA |
Instansi |
: SDIT Muhammadiyah Bireuen |
A.
REFLEKSI
KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH YANG SUDAH DILAKUKAN
1.
Tuliskan salah satu kebijakan dan program
sekolah yang memuliakan hak anak yang sudah berhasil dilakukan di sekolah
Bapak/Ibu?
1.
Kegiatan Bebasis
Proyek |
2. Bagaimana
cara menerapkan kebijakan dan program sekolah tersebut?
1. Melaksanakan Penguatan Profil pelajar
Pancasila seperti (Pertunjukan Minat Bakat, Pameran Seni, Pojok Baca, Pemeran
Karya dan Kegiatan lainnya 2. Setiap Program sudah kita masukkan ke dalam
Proker dan Prosem Sekolah 3. Melibatkan semua pihak warga Sekolah |
3. Apa
indikator keberhasilan dari kebijakan dan program tersebut?
1. Tumbuh Kesadaran nilai-nilai emosional 2. Tumbuh kalaborasi antara guru dan wali siswa 3. Percaya diri siswa semakin meningkat 4. Terciptanya lingkungan yang menyenangkan |
4. Apa
tantangan yang dihadapi selama proses penerapan?
1. Sdm Guru 2. Kerjasama antar warga sekolah 3. Minimnya fasilitas |
5. Bagaimana
strategi Bapak/Ibu dalam mengatasi tantangan tersebut?
1. Melaksanakan kegiatan peningkatan SDM Guru 2. Melakukan evaluasi Bersama wali siswa 3. Menumbuhkan Usaha Milik Sekolah |
B.
RENCANA
KEBIJAKAN DAN PROGRAM SEKOLAH
Setelah
melakukan refleksi terkait kebijakan dan program yang sudah dilakukan di
sekolah, selanjutnya silakan Bapak/Ibu merancang kebijakan dan program sekolah
yang memuliakan hak anak dengan mempertimbangkan Kompetensi Sosial Emosional
(KSE) yang ingin dikembangkan. Kebijakan dan program bisa berasal dari program
yang sedang berjalan maupun hal baru yang akan dikembangkan.
Bentuk
Kebijakan dan Program |
Keterangan (Sedang Berjalan / Program
Baru) |
Kompetensi Sosial Emosional yang
Dikembangkan |
Pihak yang Dilibatkan dalam
Pengembangan |
Langkah Pelaksanaan |
Pertunjukan Minat Bakat Siswa |
Program Baru |
Optimis dan Visioner |
Guru, siswa dan orangtua |
Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan
Proposal, Menentukan jadwal dan tempat
kegiatan, selanjutnya dilaksanakan |
Out Door School |
Sedang Berjalan |
Simpatik dan tumbuh rasa saling peduli |
Guru, siswa, masyarakat dan orangtua |
Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan
Proposal, Menentukan jadwal dan tempat
kegiatan, selanjutnya dilaksanakan dan dokumentasi |
Pameran Karya Siswa |
Sedang Berjalan |
Kaloborasi,
senang berInovasi dan kreatifitas |
Guru, siswa, masyarakat dan orangtua |
Pembentukan Panitia, Membuat TOR dan
Proposal, Menentukan jadwal dan tempat
kegiatan, selanjutnya dilaksanakan dan dokumentasi |