Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Belajar Orang Dewasa Di Sekolah Penggerak

Karakteristik Belajar Orang Dewasa Di Sekolah Penggerak



Karakteristik Belajar Orang Dewasa

Konsep Diri
Orang dewasa memiliki konsep diri untuk bertanggung jawab terhadap keputusan keputusan atas hidupnya sendiri. Karena itu, ketika seorang individu bertumbuh dewasa dan matang, konsep diri mereka akan bergerak dari individu dengan pribadi yang tergantung kepada orang lain menjadi individ yang mandiri sehingga dapat mengarahkan dirinya sendiri.

Pengalaman
Orang dewasa memiliki pengalaman yang lebih banyak dan beragam daripada anak-anak. Melalui pengalaman-pengalamannyamtersebut, orang dewasa memperoleh identitas diri. Karena itu, pengalaman yang diperoleh dapat menjadi sumber belajar yang berharga bagi orang dewasa.

Kesiapan Belajar

Pada saat manusia dewasa, kesiapannya untuk belajar semakin meningkat, berorientasi pada tugas-tugas yang berkembang dari peran sosialnya di masyarakat. Dengan demikian, orang dewasa sudah memiliki kesiapan untuk mempelajari hal-hal yang perlu diketahui dan hal-hal yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi segala situasi di kehidupan nyata secara efektif.

Orientasi Belajar 

Sebagai individu yang dewasa dan matang, perspektif waktu orang dewasa berubah dari penerapan pengetahuan yang tidak seketika menjadi penerapan segera. Kerena itu, orientasi belajar dari orang dewasa pun bergeser dari yang mulanya berpusat pada mata pelajaran (subject-centeredness) menjadi berpusat pada masalah (problem-centeredness).

Motivasi Belajar


Semakin dewasa dan matang seseorang, maka dorongan belajarnya lebih berasal dari dalam diri (motivasi internal). Keinginan untuk dapat meningkatkan kepuasan kerja, harga diri, kualitas hidup, dan sebagainya menjadi motivator yang paling ampuh