Contoh Penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembalajaran (ATP) Sekolah Penggerak
Ruwaeda,
S.Pd
Penyusunan
Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Fase yang diampu : Fase C (kls 5)
Elemen/domain
yang dipilih : Geometri
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengklasifikasi
berbagai bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya dan membandingkan berbagai
bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. Peserta didik juga dapat
menghubungkan bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan jaring-jaringnya
No. |
Alur Materi |
Tujuan Pembelajaran |
Dimensi Pelajar Pancasila |
Pengklasifikasian
bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya a.
Segibanyak
beraturan b.
Segibanyak
tidak beraturan |
ü Siswa dapat
menglasifikasikan berbagai bangun datar berdasarkan ciri-cirinya dengan melakukan
permainan (Puzzle/ Tarik garis). ü Siswa dapat
menjelaskan dengan bahasa sendiri manfaat pengelompokkan berbagai bangun datar
untuk kehidupan sehari-hari |
Mandiri Melakukan permainan untuk mendapat pemahaman pengelompokkan bangun
datar Berfikir kritis Memproses informasi, melalui pengolahan informasi yang diperoleh serta mengorganisir dan memproses informasi tersebut. |
|
2. |
Membandingkan berbagai bentuk bangun a.
Limas, b.
Kerucut c.
Bola |
ü
Dengan melakukan pengamatan peserta didik dapat mengenal
bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. ü
Melalui diskusi peserta didik dapat membedakan
bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. ü
Peserta
didik mampu menjelaskan
dengan Bahasa sendiri perbedaan
bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. |
Berfikir kritis Mencari perbedaan limas, kerucut, dan bola Bergotong
royong Berdiskusi secara berkelompok |
3. |
Menghubungkan bangun ruang sederhana a. Kubus
dan balok b. Jaring-jaringnya |
ü Peserta didik dapat menemukan jaring-jaring balok dan kubus melalui
pengamatan dari kotak bungkusan makanan ringan ü Peserta didik dapat menjelaskan manfaat pemilihan pembungkus berbentuk
kubus dan balok dengan Bahasa sendiri ü Peserta didik dapat merancang bangun ruang yang mempunyai nilai ekonomi |
Mandiri Menemukan sendiri jarring
bangun balok dan kubus dari bungkusan bekas makanan ringan Kreatif Merancang karya yang mempunyai nilai |