Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembalajaran (ATP) Sekolah Penggerak

 

Contoh Penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembalajaran (ATP) Sekolah Penggerak

Ruwaeda, S.Pd

Penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran                           :  Matematika

Fase yang diampu                     :  Fase C (kls 5)

Elemen/domain yang dipilih      :  Geometri

Capaian Pembelajaran               :

Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengklasifikasi berbagai bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya dan membandingkan berbagai bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. Peserta didik juga dapat menghubungkan bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan jaring-jaringnya

 

No.

Alur Materi

Tujuan Pembelajaran

Dimensi Pelajar Pancasila

1.

Pengklasifikasian bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya

a.   Segibanyak beraturan

b.   Segibanyak tidak beraturan

 

 

ü Siswa dapat menglasifikasikan berbagai bangun datar berdasarkan ciri-cirinya dengan melakukan permainan (Puzzle/ Tarik garis).

ü Siswa dapat menjelaskan dengan bahasa sendiri manfaat pengelompokkan berbagai bangun datar untuk kehidupan sehari-hari

Mandiri

Melakukan permainan untuk mendapat pemahaman pengelompokkan bangun datar

 

Berfikir kritis

Memproses informasi,  melalui pengolahan informasi yang  diperoleh serta mengorganisir dan  memproses informasi tersebut.

 

2.

Membandingkan berbagai bentuk bangun

a.   Limas,

b.   Kerucut

c.   Bola

 

 

ü Dengan melakukan pengamatan peserta didik dapat mengenal bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola.

ü Melalui diskusi peserta didik dapat membedakan bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola.

ü Peserta didik mampu menjelaskan dengan Bahasa sendiri perbedaan bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola.

Berfikir kritis

Mencari perbedaan limas, kerucut, dan bola

 

Bergotong royong

Berdiskusi secara berkelompok

3.

Menghubungkan bangun ruang sederhana

a.  Kubus dan balok

b.  Jaring-jaringnya

 

ü Peserta didik dapat menemukan jaring-jaring balok dan kubus melalui pengamatan dari kotak bungkusan makanan ringan

ü Peserta didik dapat menjelaskan manfaat pemilihan pembungkus berbentuk kubus dan balok dengan Bahasa sendiri

ü Peserta didik dapat merancang bangun ruang yang mempunyai nilai ekonomi

Mandiri

Menemukan sendiri jarring bangun balok dan kubus dari bungkusan bekas makanan ringan

 

 

 

Kreatif

Merancang karya yang mempunyai nilai