Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak PAUD lengkap

 

Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak PAUD lengkap

MODUL AJAR RINGKAS ‘KELUARGA DI INDONESIA’

 

  1. INFORMASI UMUM

 

Nama

Ami Aminah. S.Pd.

Jenjang/Kelas

TK/TKB

Asal Sekolah

Sekolah GagasCeria

Mata Pelajaran

-

Alokasi Waktu

1 pertemuan

210 menit

Jumlah Siswa

15 anak

Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan

Berakhlak mulia, bergotong royong, berkebhinekaan global.

Model Pembelajaran

Tatap Muka

Fase

Fondasi

Tujuan Kegiatan

 Anak dapat menunjukkan pengetahuan dan kepekaan terhadap lingkungan tempat tinggalnya serta dapat berperilaku sesuai dengan tata krama.

Kata Kunci

Rumah, lokasi, tempat tinggal, lingkungan.

Deskripsi Umum Kegiatan

Anak diajak untuk mengetahui tentang tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya dan berperilaku di lingkungan.

 

Kegiatan yang dilakukan yaitu: membaca buku tentang tempat tinggal, berjalan-jalan mengobservasi rumah-rumah, memilih peran anggota keluarga yang ada di rumah (ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek, dll), melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di rumah sesuai perannya, mengunjungi rumah kelompok lain, bekerja sama membuat rumah dari balok atau loose parts, dramatisasi mikro menggunakan karya rumah yang telah dibuat, bereksplorasi menggambar rumah dengan berbagai media.

Alat dan Bahan

        Gambar/miniatur rumah

        Foto keluarga

        Alat berkarya

        Mainan konstruktif

        Loose part

Sarana Prasarana

Jaringan internet, laptop/HP

 

KOMPONEN INTI


  1. Peta Konsep
  1. Curah Ide Kegiatan

Beberapa kegiatan yang dapat dikembangkan dari peta konsep, antara lain:

a.      Kegiatan awal untuk memantik ide atau imajinasi anak seperti:

       Mengamati lingkungan sekitar rumah

       Membaca buku cerita yang berkaitan dengan keluarga

       Menonton film atau video tentang keluarga

 

b.      Kegiatan Main

        Mendengarkan cerita buku tentang keluarga

        Bernyanyi tentang keluarga

        Piknik bersama keluarga

        Mengobservasi berbagai macam tempat tinggal

        Melakukan kegiatan sehari-hari yang ada di rumah

        Memasak hidangan keluarga

        Family Day

        Dramatisasi tentang keluarga

        Permainan yang dapat dilakukan bersama keluarga

        Berolahraga bersama


  1. Contoh Rencana Kegiatan

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

PAUD “…………………………………” TAHUN AJARAN …… / …….

 

Kelompok/ Usia                      : B/ 5-6 Tahun

Topik                                        : Aku Cinta Indonesia/Keluarga di Indonesia

Semester/Minggu                  : …../…….

Hari/Tanggal                           : …………………………….


Tujuan Kegiatan:

 Anak dapat menunjukkan pengetahuan dan kepekaan terhadap keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya serta dapat berperilaku sesuai dengan tata krama.


Kegiatan Bergerak:

Bermain permainan petak umpet


Alat dan Bahan:

        Gambar/miniatur rumah

        Kertas hvs a4

        spidol hitam dan alat mewarnai

        Mainan konstruktif

        Loose part

Pembukaan:

        Mendengarkan cerita buku “Me On The Planet” https://www.youtube.com/watch?v=v_gUK8U9dE0 /buku tentang tempat tinggal/menonton film tentang lingkungan tempat tinggal/ membuka aplikasi  Google Earth.

        Tanya jawab seputar isi cerita

        Mendiskusikan tentang rumah dan lingkungan tempat tinggal anak.

        Menyanyikan lagu tentang keluarga.

Kegiatan inti :

  1. Berjalan-jalan mengobservasi rumah di lingkungan sekitar
    1. Anak-anak bersama guru melakukan kegiatan berjalan-jalan mengelilingi lingkungan sekitar.
    2. Anak mendapatkan misi untuk mengidentifikasi berbagai perbedaan rumah yang ia lihat.
    3. Anak mengobservasi warna dan ukuran berbagai ukuran rumah yang ia temui.
  1. Berdramatisasi menjadi anggota keluarga
    1. Memilih peran anggota keluarga yang ada di rumah (ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek, dll)
    2. Berkelompok melakukan dramatisasi makro  melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di rumah sesuai perannya. Satu kelompok 3-5 anak.
    3. Setiap kelompok bisa saling mengunjungi rumah kelompok lain. 
  1. Melakukan kegiatan sehari-hari di rumah

a.       Memandikan bayi di air hangat dan air bersabun.

b.       Mencuci piring

c.       Mencuci baju dan menjemur di luar sampai kering

d.       Menyiram tanaman 

  1. Membuat rumah
    1. Bekerjasama membuat rumah dari balok atau loose parts (dus kemasan, botol, kertas, dll)
    2. Dramatisasi mikro menggunakan karya rumah yang telah dibuat. 
  1. Menggambar rumah
    1. Bereksplorasi menggambar rumah dengan berbagai media, misal menggambar di pasir, garam, menggunakan kapur.
    2. Menggambar diri dan rumah yang lengkap dengan ruangan-ruangan di dalamnya.
    3. Membandingkan karya gambar yang telah dibuat dan menyebutkan perbedaan antara denah rumahnya dengan rumah teman (jumlah ruangan, ukuran ruangan)

Pertanyaan:

        Bagaimana cara kamu menyayangi keluargamu?

        Dimanakah rumahmu?

        Bila kamu diminta untuk membuat rumah, kamu ingin membuat rumah seperti apa?

        Bagaimana caramu bersyukur karena memiliki keluarga

Penutupan:

        Menceritakan kegiatan yang sudah dilakukan anak-anak

        Melakukan refleksi mengenai apa yang ingin dilakukan selanjutnya saat bermain di sekolah.

        Bersyukur sudah memiliki keluarga dan rumah sebagai tempat berlindung.


Keterlibatan Orangtua:

Guru dapat meminta orang tua anak untuk menceritakan kebiasaan/peran apa yang biasa anak lakukan di rumah atau kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan di rumah. Hal ini bisa menjadi bahan diskusi di kegiatan selanjutnya.

 


Mengetahui,                                                                                   ……………….., ……………

  Kepala PAUD                                                                                          Guru Kelas

 

 

( …………………… )                                                                               (……...…….…………………)