Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak PAUD lengkap
MODUL AJAR RINGKAS ‘KELUARGA DI INDONESIA’
- INFORMASI UMUM
Nama |
Ami
Aminah. S.Pd. |
Jenjang/Kelas |
TK/TKB |
Asal Sekolah |
Sekolah
GagasCeria |
Mata
Pelajaran |
- |
Alokasi Waktu |
1
pertemuan 210
menit |
Jumlah
Siswa |
15
anak |
Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan |
Berakhlak
mulia, bergotong royong, berkebhinekaan global. |
||
Model Pembelajaran |
Tatap
Muka |
||
Fase |
Fondasi |
||
Tujuan Kegiatan |
Anak dapat menunjukkan pengetahuan dan
kepekaan terhadap lingkungan tempat tinggalnya serta dapat berperilaku sesuai
dengan tata krama. |
||
Kata Kunci |
Rumah, lokasi, tempat tinggal, lingkungan. |
||
Deskripsi Umum Kegiatan |
Anak diajak untuk mengetahui tentang tempat tinggal dan lingkungan
sekitarnya dan berperilaku di lingkungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu: membaca buku tentang tempat tinggal,
berjalan-jalan mengobservasi rumah-rumah, memilih peran anggota keluarga yang
ada di rumah (ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek, dll), melakukan kegiatan
yang biasa dilakukan di rumah sesuai perannya, mengunjungi rumah kelompok
lain, bekerja sama membuat rumah dari balok atau loose parts, dramatisasi
mikro menggunakan karya rumah yang telah dibuat, bereksplorasi menggambar
rumah dengan berbagai media. |
||
Alat dan Bahan |
●
Gambar/miniatur rumah ●
Foto keluarga ●
Alat berkarya ●
Mainan konstruktif ●
Loose part |
||
Sarana Prasarana |
Jaringan
internet, laptop/HP |
KOMPONEN
INTI
- Peta Konsep
- Curah Ide Kegiatan
Beberapa kegiatan yang dapat dikembangkan dari peta konsep, antara
lain:
a.
Kegiatan awal
untuk memantik ide atau imajinasi anak seperti:
●
Mengamati
lingkungan sekitar rumah
●
Membaca buku
cerita yang berkaitan dengan keluarga
●
Menonton film
atau video tentang keluarga
b.
Kegiatan Main
●
Mendengarkan cerita buku tentang keluarga
●
Mengobservasi berbagai macam tempat tinggal
●
Melakukan kegiatan sehari-hari yang ada di
rumah
●
Dramatisasi tentang keluarga
●
Permainan yang dapat dilakukan bersama
keluarga
- Contoh Rencana Kegiatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
PAUD “…………………………………” TAHUN AJARAN …… / …….
Kelompok/ Usia : B/ 5-6 Tahun
Topik : Aku
Cinta Indonesia/Keluarga di Indonesia
Semester/Minggu : …../…….
Hari/Tanggal : …………………………….
Tujuan
Kegiatan:
Anak
dapat menunjukkan pengetahuan dan kepekaan terhadap keluarga dan lingkungan
tempat tinggalnya serta dapat berperilaku sesuai dengan tata krama.
Kegiatan Bergerak:
Bermain permainan petak
umpet
Alat dan Bahan:
●
Gambar/miniatur rumah
●
Kertas hvs a4
●
spidol hitam dan alat mewarnai
●
Mainan konstruktif
● Loose part
Pembukaan:
●
Mendengarkan cerita buku “Me On The Planet” https://www.youtube.com/watch?v=v_gUK8U9dE0
/buku tentang tempat tinggal/menonton film tentang lingkungan tempat tinggal/
membuka aplikasi Google Earth.
●
Tanya jawab seputar isi cerita
●
Mendiskusikan tentang rumah dan lingkungan
tempat tinggal anak.
● Menyanyikan lagu tentang keluarga.
Kegiatan inti :
- Berjalan-jalan mengobservasi rumah di lingkungan sekitar
- Anak-anak bersama guru melakukan kegiatan berjalan-jalan
mengelilingi lingkungan sekitar.
- Anak mendapatkan misi untuk mengidentifikasi berbagai perbedaan
rumah yang ia lihat.
- Anak mengobservasi warna dan ukuran berbagai ukuran rumah yang ia temui.
- Berdramatisasi menjadi anggota keluarga
- Memilih peran anggota keluarga yang ada di rumah (ayah, ibu,
kakak, adik, nenek, kakek, dll)
- Berkelompok melakukan dramatisasi makro melakukan kegiatan yang biasa dilakukan
di rumah sesuai perannya. Satu kelompok 3-5 anak.
- Setiap kelompok bisa saling mengunjungi rumah kelompok lain.
- Melakukan kegiatan sehari-hari di rumah
a.
Memandikan bayi di air hangat dan air
bersabun.
b.
Mencuci piring
c.
Mencuci baju dan menjemur di luar sampai
kering
d. Menyiram tanaman
- Membuat rumah
- Bekerjasama membuat rumah dari balok atau loose parts (dus
kemasan, botol, kertas, dll)
- Dramatisasi mikro menggunakan karya rumah yang telah dibuat.
- Menggambar rumah
- Bereksplorasi menggambar rumah dengan berbagai media, misal
menggambar di pasir, garam, menggunakan kapur.
- Menggambar diri dan rumah yang lengkap dengan ruangan-ruangan di
dalamnya.
- Membandingkan karya gambar yang telah dibuat dan menyebutkan perbedaan antara denah rumahnya dengan rumah teman (jumlah ruangan, ukuran ruangan)
Pertanyaan:
●
Bagaimana cara kamu menyayangi keluargamu?
●
Dimanakah rumahmu?
●
Bila kamu diminta untuk membuat rumah, kamu
ingin membuat rumah seperti apa?
● Bagaimana caramu bersyukur karena memiliki keluarga
Penutupan:
●
Menceritakan kegiatan yang sudah dilakukan
anak-anak
●
Melakukan refleksi mengenai apa yang ingin
dilakukan selanjutnya saat bermain di sekolah.
●
Bersyukur sudah memiliki keluarga dan rumah
sebagai tempat berlindung.
Keterlibatan Orangtua:
Guru dapat meminta orang
tua anak untuk menceritakan kebiasaan/peran apa yang biasa anak lakukan di
rumah atau kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan di rumah. Hal ini bisa
menjadi bahan diskusi di kegiatan selanjutnya.
Mengetahui, ……………….., ……………
Kepala
PAUD Guru
Kelas
( …………………… ) (……...…….…………………)