Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak SD Kelas 1 Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan
A.
IDENTITAS MODUL
Nama Sekolah :
SDN 5 BIREUEN
Tahun Ajar : 2021-2022
Fase/Kelas : A/1
Materi / sub materi : Bilangan / Menguraikan dan menyusun
bilangan
Alokasi Waktu : 4 X pertemuan
B.
KOMPETENSI
AWAL
Ø Memahami makna angka
untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menggunakannya.
Ø Mencoba mencari jumlah
atau selisih dari satu angka dengan angka lain dan mengetahui hubungannya.
C.
PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Ø Bernalar
Kritis
Ø Gotong
Royong
D.
SARANA
DAN PRASARANA
Ø Buku
Siswa dan Guru
Ø Gambar
peraga, gambar permainan menjatuhkan bola, kelereng, aplikasi lampiran, dadu,
magnet, kancing
E.
TARGET
PESERTA DIDIK
Ø Reguler/Tipikal
F.
MODEL
PEMBELAJARAN
Ø Tatap
Muka (TM)
2.
KOMPONEN INTI |
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø Melalui permainan batu gunting kertas, siswa mampu memahami makna angka
untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari
serta dapat menggunakannya.
Ø Dengan mengaajak siswa untuk
melakukan permainan batu gunting kertas,
siswa dapat mengetahui urutan jumlah menang kalah dan selisih antara keduanya.
B.
PEMAHAMAN
BERMAKNA
Ø Meningkatkan
kemampuan siswa tentang penguraian dan penyusunan angka serta memahami konsep
dasar dari satu angka, kemudian dapat menghubungkannya dengan angka – angka
yang lain.
C.
PERTANYAAN
PEMANTIK
1. Bagaimana
caranya kalian menguraikan dan menyusun bilangan ?
2. Bagaimana
caranya kalian dapat memahami konsep dasar dari satu angka, kemudian dapat
menghubungkan dengan angka – angka yang lain ?
D.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
v Kegiatan Pendahuluan
1. Guru
membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas
( menyapa, berdoa, dan
mengecekkehadiran ).
2. Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
3. Siswa
diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi
tercapai cita-cita
4. Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila atau lagunasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang
pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan
membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicaraselama 15-20 menit materi non
pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita
inspirasi dan motivasi.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
-
Siswa mengamati gambar pada buku halaman 27,
kemudian memikirkannya.
-
Guru meminta siswamenceritakan mengenai gambar
tersebut.
-
Guru mengajak siswa untuk melakukan permainan
batu gunting kertas.
-
Gru meminta siswamenulis hasil permainan batu –
gunting – kertas.
·
Berapa kali melakukan batu – gunting – kertas ?
( 5 kali )
·
Berapa kali menang ? ( 1 kali )
v Pertemuan ke 2
-
Guru memberikan demonstrasi mengenai permainan
menjatuhkan bola, dengan demikian siswa akan lebih mudah membayangkan gambar
yang ada di buku teks ajar.
-
Pada permainan menjatuhkan bola siswa diminta
untuk mengamati dan mencatat uraian berdasarkan penjelasan guru.
-
Kemudian pembelajaran dilanjutkan dengan mencoba
membawa kancing dengan beragam kombinasicara membawa.
-
Guru meminta siswa untuk mencatat hasil
kancingnya, dan mengarahkan siswa untuk dapat mengurutkan angkanya dengan
penjelasan secara ringan.
-
Kelas dilanjutkan dengan permainan menebak
angka.
-
Guru menjelaskan permainan menebak angka
kemudian siswa melakukan permainan secara berpasangan.
v Pertemuan ke 3
-
dengan menggunkan perlengkapan permainan
menjatuhkan bola, siswa menguraikan angka 10 dengan beragam cara kemudian
mencatanya.
-
Membariskan balok secara horizontal, kemudian
membaginya menjadi 2 dengan memberikan jarak diantara keduanya, kemudian siswa
mencatat banyaknya balok yang ada dikanan dan kiri pada kotak yang tersedia di
buku teks ajar.
-
Siswa diminta mengamati kartu angka kemudian
menjawab angka penyusun angka 10.
v Pertemuan ke 4
-
Siswa di minta menyusun kelereng dan membuat
beragam formasi pembentuk angka.
-
Guru menjelaskan cara menyusunnya dan miminta
siswa melaporkannya dengan menyusun bola magnet di papan tulis.
-
Siswa melakukan permainan membuat kartu angka 10
-
Siswa mengamati kartu milik temannya yang dirasa
mudah dipahami, kemudian melaporkan apa hal yang diketahui dari pengamatan
tersebut.
v KEGIATAN PENUTUP
1. Menyimpulkan
pembelajaran yang telah dipelajari bahwa siswa dapat memgasosiasikan benda
dengan angka , kita telah dapat membuat siswa menyatakan banyaknya jumlah dalam
kelompok munggunakan angka sampai 10, dan dapat mengurutkan angka dengan benar.
2. Guru
Bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan membaca do’a dan salam.
1. ASESMEN
Ø Performa
( presentasi )
Ø Tertulis