Contoh Modul Ajar Pelajaran Olahraga SD Kelas 4 Sekolah Penggerak
MODUL AJAR
A. FORMASI UMUM
1. IDENTITAS SEKOLAH
NAMA SEKOLAH : SDN
NAMA PENYUSUN :
FASE / KELAS : B / 4
ALOKASI WAKTU : 3 JP / 105
MENIT
2. KOMPETENSI AWAL : Peserta didik dapat Memahami
konsep latihan
peningkatan kebugaran jasmani yang
terkait dengan kesehatan dan keterampilan
3. PROFIL PELAJAR PANCASILA : Berkeninekaan global, mandiri dan gotong
royong
4. SARANA DAN PRASARANA : Lapangan, peluit
5. TARGET PESERTA DIDIK : Peserta didik regular
6. MODEL PEMBELAJARAN : PTM dan inquiri
B. KOMPONEN INTI
1. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik
dapat menjelaskan konsep latihan peningkatan kebugaran jasmani
yang
terkait dengan kesehatan dengan baik
2. PEMAHAMAN BERMAKNA
Manusia diciptakan dengan keunikan
yang berbeda. Dengan satu tujuan mencapai sehat dan bugar, manusia yg baik
memahami,menghargai dan menghormati sesama untuk mewujudkan tujuan yang sama
3. PERTANYANAN PEMATIK
·
Tunjukan cara
melakukan gerakan
kelincahan
·
Tunjukkan yang termasuk komponen kebugaran jasmani
4. PERSIAPAN PEMBELAJARAN
·
Mempersiapkan
sarana dan prasarana
·
Mempersiapkan
modul ajar
5. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN |
DURASI |
KET. |
A. Pendahuluan 1.
Berdoa 2.
Presensi
/ absensi 3.
Penyampaian
tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan pembelajaran dan teknik
penilaiannya 4.
Apersepsi
dengan member pertanyaan pematik 5.
Pemanasan
dangan perenggagan dan permaiana burung dalam sangkar B. Kegiatan Inti 1.
Membagi
peserta didik ke dalam 4
kelompok 2.
Memberikan
kesempatan untuk tiap kelompok untuk mempraktekkan latihan kebugaran jasmani. 3.
Peserta
didik beristirahat , guru memberikan penguatan 4.
Asesmen
mengerjakan LKS 5.
Pengayaan
dan remedial C. Penutup 1.
Refleksi
2.
Tanya
jawab |
35 menit 55 menit 15 menit |
Seluruh peserta didik dan di pimpin oleh guru PJOK Di pisahkan berdasarkan kelompok Seluruh peserta didik dan di pimpin oleh guru PJOK |
6. ASESMEN
·
Diagnostik : pertanyaan pematik tersebut di atas
·
Formatif : penilaian proses, observasi sikap,keterampilan
dan pengetahuan selama
peserta didik mempraktekkan keterampilan
kebugaran
jasmani
·
Sumatif : mengerjakan LKS ( terdapat pada LKS
di bawah ini)
7. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
·
Pengayaan dilakukan
dengan memberi tugas latihan kelincahan yang lebih veriatif kepada siswa yang sudah
mencapai CP
·
Remedial
dilakukan dengan memberi latihan kelincahan kepada siswa yang belum mencapai CP
8. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU
C. LAMPIRAN
1. ASESMEN (formatif)
Pengetahuan (lisan)
· Bagaimana cara melakukan gerakan kelincahan ??
Keterampilan
· Pengamatan guru terhadap siswa saat mempraktekkan gerakan kelincahan
Nama siswa |
Nilai passing |
Ket |
|
|
|
|
|
|
· Kriterian nilai Senam SKJ
kriteria |
Skor |
Keterangan |
A |
91-100 |
|
B |
81-90 |
|
C |
71-80 |
|
D |
61-70 |
|
2. LKPD/ Lembar Kerja Peserta Didik ( sumatif )
· Asesmen sikap
1. profil pancasila yang di terapkan dalam latihan kelincahan, yaitu…
· Asesmen pengetahuan
2. apa yang di maksud dengan pemanasan….
3. apa yang
dimaksud dengan kegiatan inti….
4. apa yang dimaksud dengan pendinginan
· Asesmen keterampilan
4.lakukan lah gerakan kelincahan dengan benar
3. BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA
DIDIK ( sebagai remedial dan pengayaan)
a.
aktifitas pembelajaran kombinasi lari bolak balik
1) aktifitas pembelajaran 1
Cara melakukan nya:
a)
Lari bolak balik sebanyak 6-8 kali dengan jarak 4-5 meter.
b)
Gerakan dilakukan
berkelompok
2) aktifitas pembelajaran 2
Cara melakukan nya:
a) Lari zigzag melewati rintangan
b)
Gerakan dilakukan secara berkelompok
4) GLOSARIUM
Lari bolak balik |
Lari zigzag |
mengamati |
Mengamati dengan indra ( membaca, mendengar, menyimak, melihat,
menonton, dll ) dengan atau tanpa alat |
pemanasan |
Persiapan tubuh untuk melakukan gerakan yang sesungguhnya |
Demikianlah berita informasi terupdate yang mengulas tentang Sekolah Penggerak dan tentang info guru terbaru dari Kemendikbud Ristek. Termasuk kurikulum sekolah penggerak, contoh modul ajar, contoh proyek penguatan profil pelajar pancasila, capaian pembelajaran dan lain sebagainya. Apalagi kalau kita berkecimpung dalam dunia pendidikan atau baru terpilih sebagai sekolah penggerak dan guru penggerak yang dibahas secara lengkap di Media Yok Guru (Yoru Media)